The Angry Birds Movie 2

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
The Angry Birds Movie 2
AngryBirdsMovie2Teaser.jpeg
Poster rilis teatrikal
Sutradara
Produser
PenulisPeter Ackerman
Didasarkan
dari
Angry Birds
Rovio Entertainment
Pemeran
Penata musikHeitor Pereira[1]
Perusahaan
produksi
DistributorSony Pictures Releasing
Tanggal rilis
  • 2 Agustus 2019 (2019-08-02) (Inggris)
  • 13 Agustus 2019 (2019-08-13) (Amerika Serikat)
  • 16 Agustus 2019 (2019-08-16) (Indonesia)
Durasi97 Menit
Negara
Bahasa
Anggaran$65 Juta
Pendapatan
kotor
$152 Juta

The Angry Birds Movie 2 (juga dikenal sebagai Angry Birds 2) adalah film aksi komedi animasi komputer mendatang berdasarkan seri video game Rovio Entertainment Angry Birds, diproduksi oleh Columbia Pictures, Rovio Animation, dan Sony Pictures Animation, [N 1] dan didistribusikan oleh Sony Pictures Releasing . Sekuel The Angry Birds Movie (2016), film ini disutradarai oleh Thurop Van Orman dan John Rice dari sebuah skenario oleh Peter Ackerman, dan dibintangi suara-suara Jason Sudeikis, Josh Gad, Danny McBride, Bill Hader dan Peter Dinklage mengulangi peran dari film pertama. Dengan pengisi suara tambahan Leslie Jones, Awkwafina, Haley Tju, Brookyln Prince, Rachel Bloom, Eugenio Derbez, Sterling K. Brown, Zach Woods, Lil Rel Howery, Dove Cameron, Beck Bennett, dan Nicki Minaj.

Produksi sekuel The Angry Birds Movie dimulai pada Agustus 2020, dengan tujuan agar sekuel tersebut meningkat pada film pertama. Ide-ide baru untuk film ini disusun, dengan cerita bahwa para burung dan babi bekerja sama untuk menyelamatkan diri, yang biasanya tidak terjadi di sebagian besar permainan Angry Birds.

Film ini dirilis secara teatrikal pada 2 Agustus 2019 di Britania Raya dan Irlandia. Di Amerika Serikat pada 13 Agustus, dan Indonesia pada 16 Agustus. Film ini mendapat lebih dari $154 juta di seluruh dunia dan menerima ulasan rata-rata,[2] dengan banyak yang menganggapnya sebagai peningkatan dibanding pendahulunya. Ini juga merupakan film permainan video berperingkat tertinggi sepanjang masa di Rotten Tomatoes.[3]

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Tiga tahun setelah Red menjadi pahlawan Bird Island, ia sekarang menjalankan bisnis melindunginya dengan lancar dengan dua sahabatnya Chuck dan Bomb. Mereka dan burung-burung dan babi-babi lainnya terus-menerus berperang melawan satu sama lain setelah Pulau Piggy, yang dihancurkan dalam pertempuran sebelumnya dengan burung-burung, dibangun kembali. Akhirnya, bola es raksasa dari pulau terdekat bernama Eagle Island menghantam laut di dekat Piggy Island, memaksa babi untuk mencari gencatan senjata darurat dengan burung-burung. Zeta, pemimpin Pulau Elang, muak dengan lingkungannya yang beku dan ingin menduduki kedua pulau itu dengan menembakkan bola-bola es dari senjata super canggih untuk memaksa penghuninya mengungsi.

Sementara itu, tiga anak burung, salah satunya adalah putri Terence dan Matilda, Zoe, berencana untuk menghidupkan kembali pertempuran antara burung dan babi menggunakan tiga saudara kandung telur Zoe di pantai, tetapi telur-telur itu hanyut ke laut secara tidak sengaja. Mereka berlayar untuk mengambilnya, tetapi begitu mereka mengejar mereka, seekor paus meniupnya ke dalam awan. Mereka berhasil turun setelah menggembungkan Zoe ke udara yang hanya membuat mereka salah tempat lagi.

Dua teman terbaik Red, Chuck dan Bomb memaksa Red untuk bergabung dengan mereka dalam kegiatan kencan kilat, tempat Red bertemu saudara perempuan Chuck, Silver, seorang mahasiswa teknik cerdas yang menganggapnya tidak cocok. Leonard, Raja Piggy Island, bertemu Red di rumahnya dan meyakinkannya untuk membangun aliansi dengan babi. Mereka merekrut Bomb, Chuck, Elang Perkasa dan Perak. Sebuah pertemuan tim di gua Mighty Eagle terganggu ketika bola es mengenai Eagle Mountain, menghancurkan sebagian gunung selama proses.

Ketika tim bersiap untuk melakukan perjalanan ke Pulau Elang dengan kapal selam, Red meyakinkan warga sipil bahwa mereka tidak perlu mengungsi. Sesampai di sana, Mighty Eagle mengakui bahwa Zeta adalah mantan tunangannya yang ditinggalkannya karena pengecut, dan dia mundur ke Bird Island. Red bersikeras bertarung sendirian tapi Silver memutuskan untuk mengikutinya sebagai gantinya. Mereka mengganggu pangkalan dari mulut senjata hanya untuk ditangkap oleh penjaga. Anggota tim yang lain menyamar sebagai Trojan Eagle dan mengambil kartu kunci untuk masuk ke pangkalan. Penyamaran mereka mencabik-cabik, tetapi tidak sebelum mereka mendorong penjaga elang ke pertempuran breakdance, yang memungkinkan mereka untuk melarikan diri.

Di tempat lain, ketiga anak burung akhirnya menemukan telur di sebuah pulau kecil, dijaga oleh seekor ular. Mereka mengalahkannya dan berencana untuk kembali ke Pulau Burung, tetapi tiba di Pulau Piggy karena kesalahan dan disambut oleh tiga anak babi yang mereka bepergian dengan balon udara panas.

Saat Red dan Silver terkurung dengan ekstremitasnya membeku di kursi karet, Zeta memberi tahu mereka rencananya untuk menembakkan bola es yang diisi dengan lava di kedua pulau. Red, yang menyesal tidak menyuruh penduduk pulau untuk mengungsi, mengakui keinginannya yang egois untuk disukai semua orang oleh Silver, yang menghiburnya dan membebaskan mereka berdua menggunakan kepang panjang lamanya, bersatu kembali dengan tim. Red menyerahkan kepemimpinan pada Silver, yang menyusun rencana untuk menghancurkan senjata itu. Silver dan Red menempatkan diri dalam bola es dan berguling di atas rel menuju senjata super Zeta, tetapi rencana itu gagal dan seluruh tim dihadang oleh Zeta dan para pengawalnya, memberinya kesempatan untuk menembakkan senjata itu.

Tiba-tiba, Mighty Eagle datang untuk meminta maaf kepada Zeta, tetapi dia bertengkar dengannya, mengungkapkan namanya sebagai Ethan dan bahwa dia membesarkan seorang anak perempuan, pelayannya Debbie, sendirian. Sementara Zeta terganggu, Silver memberitahu Chuck untuk mengikat senjata menggunakan tali supernya, yang menangkap dan memperlambat bola lava setelah Zeta menembakkannya. Saat talinya putus, anak-anak burung dan anak-anak babi yang melewati Pulau Elang membantu menggenggamnya. Bola lava meluncur kembali ke senjata, menghancurkan seluruh pangkalan.

Semua orang melarikan diri, dan Mighty Eagle melindungi Debbie dari dihancurkan oleh pelat logam, menebus dirinya untuknya dan Zeta. Mighty Eagle dan Zeta menikah di Pulau Burung, dengan Red sebagai saksi utama. Semua orang memuji Red karena menyelamatkan pulau-pulau itu, tetapi ia memuji Silver dan timnya karena telah melakukannya, mengungkap monumen gaya Gunung Rushmore kepada mereka, dan yang mengejutkannya, menjadi lebih dicintai karena kejujuran dan ketidakegoisannya. Burung-burung dan babi memiliki pesta besar untuk merayakan sementara Red dan Silver memulai hubungan romantis dan Chuck masuk untuk mengganggu keduanya.

Dalam adegan pra-kredit, tukik menempatkan telur kembali ke rumah, tetapi tiga ular menetas sebagai gantinya. Ular induk yang terluka datang dan menukarkan bayi-bayi itu dengan mereka, hanya agar ketiga tukik baru melayang ke laut lagi, melambaikan tangan ke Zoe, membuatnya kecewa.

Pemeran suara[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Sekuel dari The Angry Birds Movie diumumkan pada Agustus 2016.[12] Film ini akan disutradarai oleh The Marvelous Misadventures dari pencipta Flapjack, Thurop Van Orman, disutradarai oleh John Rice, dan ditulis oleh Peter Ackerman. John Cohen akan kembali dari The Angry Birds Movie untuk menjadi sebagai produser, dengan animasi kembali ditangani oleh Sony Pictures Imageworks.[13] Sony Pictures Animation akan merilis film ini di bawah spanduk mereka, tetapi telah keluar dari proyek sebelumnya dan belum ikut memproduksi film pertama.[14]

Pada musim panas 2017, desainer produksi Pete Oswald menyatakan bahwa sekuelnya akan lebih berupa film petualangan yang memperkenalkan karakter dan lokasi baru ke dunia yang didirikan di The Angry Birds Movie. Sementara ia tidak dalam posisi untuk menawarkan rincian lebih lanjut tentang alur dan karakternya, yang tetap sangat tidak diketahui sampai beberapa bulan sebelum perilisan filmnya, ia menyatakan harapan bahwa itu akan menjadi film yang lebih baik daripada angsuran pertama.[15]

Pengisian suara[sunting | sunting sumber]

Pada April 2018, mayoritas pengisi suara diumumkan. Sudeikis, Josh Gad, McBride, Bill Hader, dan Peter Dinklage akan mengulangi peran mereka dari film pertama. Leslie Jones akan menyuarakan penjahat wanita baru, [16] [17] Diungkap menjadi Zeta di trailernya. [18] Pada Desember 2018, Nicki Minaj bergabung dengan para pemeran film. [19] Setelah dirilis, trailernya secara singkat mengungkapkan bahwa Hal, burung bumerang hijau dari film pertama, akan kembali dalam sekuel, [20] meskipun Anthony Padilla tidak akan mengulangi perannya sebagai karakter. Keesokan harinya, produser John Cohen mengumumkan dalam sebuah tweet bahwa Awkwafina akan menyuarakan Courtney, [5] babi betina bernama pertama dalam waralaba Angry Birds yang sebentar muncul di penggoda.

Ketika trailer penuh film pertama dirilis pada 27 Maret 2019, rincian lebih lanjut tentang karakter sekuel dan peran suara mereka terungkap. Di antara beberapa karakter baru yang dikonfirmasikan untuk muncul dalam film adalah Silver, seekor burung yang pertama kali diperkenalkan dalam game Angry Birds 2.[4]

Musik[sunting | sunting sumber]

Heitor Pereira, yang sebelumnya menggubah film pertama, kembali menyusun musik The Angry Birds Movie 2. Pada 25 Juli 2019, Kesha merilis lagunya "Best Day (Angry Birds 2 Remix)" untuk filmnya sebagai single.[21] Beberapa hari kemudian, Luke Combs merilis sebuah lagu, "Let's Just Be Friends" untuk filmnya sebagai single juga.[22] Kedua single tersebut dimainkan di kredit akhir film.

Juga termasuk dalam film ini aria “Un bel di vedremo” karya Giacomo Puccini dari opera-nya Madama Butterfly.[23] Namun ini dikreditkan sebagai “Opera”, oleh Heitor Pereira di soundtrack.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Teatrikal[sunting | sunting sumber]

The Angry Birds Movie 2 secara teatrikal dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 13 Agustus 2019, bertepatan dengan peringatan 10 tahun debut permainan Angry Birds asli.[24] Film ini awalnya dijadwalkan dirilis pada 20 September,[25] 6 September,[26] 16 Agustus,[27] dan 14 Agustus.[28] Ini dirilis dua minggu sebelumnya pada 2 Agustus di Inggris dan Irlandia.[29]

Perilisan teater film Amerika Utara didahului oleh Hair Love (2019), sebuah kampanye Kickstarter singkat dibuat oleh Matthew A. Cherry dan Bruce W. Smith.[30]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Seperti halnya film pertama, Sony juga berusaha menghubungkan film ini dengan tujuan sosial tertentu saat memasarkannya, memanfaatkan premis ancaman dunia yang dibekukan untuk meminta perhatian pada tindakan segera terhadap perubahan iklim dan menggunakan Silver, yang digambarkan sebagai ahli teknis, sebagai model untuk menginspirasi lebih banyak wanita muda untuk mengejar disiplin STEM.

Selama perilisan dua film blockbuster musim panas sebelumnya, Men in Black: International (2019) dan Spider-Man: Far From Home (2019), Sony lebih jauh mempromosikan The Angry Birds Movie 2 dengan merilis poster parodi bertema Angry Birds.[31][32]

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Permainan video tie-in yang kooperatif, The Angry Birds Movie 2 VR: Under Pressure, dirilis secara eksklusif untuk sistem PlayStation VR, PlayStation 4 pada 6 Agustus 2019. Permainan ini mengambil cerita di atas kapal selam Piggy yang tidak dikenal yang digunakan karakter utama untuk sampai ke Eagle island untuk konfrontasi iklim film.

Media rumah[sunting | sunting sumber]

The Angry Birds Movie 2 dirilis pada digital dan Movies Anywhere oleh Sony Pictures Home Entertainment pada 29 Oktober 2019, dengan Blu-ray, Ultra HD Blu-ray, dan DVD pada 12 November. Semua perilisan termasuk film pendek animasi berjudul Siaran langsung. Versi Ultra HD Blu-ray adalah rilis pertama dari jenisnya yang ditingkatkan dari IMAX.[33]

Penghasilan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

The Angry Birds Movie 2 telah mendapat $41,7 juta di Amerika Serikat dan Kanada, dan $112,9 juta di wilayah lain, dengan total dunia $ 154,6 juta[34]

Di Amerika Serikat dan Kanada, film ini diproyeksikan menghasilkan $16–18 juta dari 3.800 bioskop selama enam hari pertama perilisannya. Ini menghasilkan $2,6 juta pada hari pertama, peringkat kelima dan $5,7 juta pada hari kedua. Ini akhirnya menghasilkan $16,2 juta selama rentang enam hari (termasuk akhir pekan pembukaan $10,6 juta), berakhir di urutan kelima. Itu kurang dari sepertiga dari debut film pertama $38.1 Juta, dan disalahkan pada pemasaran membuat sekuel terlihat sama dengan yang pertama, serta pasar yang ramai.

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Pada situs agregator ulasan Rotten Tomatoes, film ini memiliki peringkat persetujuan 73% berdasarkan 110 ulasan, dengan peringkat rata-rata 5.7/10. Konsensus kritis situs itu berbunyi: "Seperti karakter judul non-aerodinamisnya, The Angry Birds Movie 2 mengambil penerbangan yang mustahil namun menyenangkan, mendarat dengan lucu di sepanjang jalan." [35] Ini adalah adaptasi film yang ditinjau terbaik dari sebuah permainan video di situs web ,[36] Di Metacritic, film ini memiliki skor rata-rata tertimbang 60 dari 100, berdasarkan 23 kritik, yang menunjukkan "tinjauan campuran atau rata-rata".[2] Penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberi nilai rata-rata film "B+" pada skala A + ke F, skor yang sama yang diperoleh pendahulunya, serta rata-rata 4 dari 5 bintang dan 72% "rekomendasi yang pasti" dari orang tua dan anak-anak di bawah 12 pada PostTrak.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sony Pictures Animation was not involved with the first Angry Birds Movie.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://filmmusicreporter.com/2018/08/21/heitor-pereira-to-return-for-the-angry-birds-movie-2/
  2. ^ a b The Angry Birds Movie 2, diakses tanggal 2019-08-16 
  3. ^ "42 Video Game Movies Ranked Worst to Best" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-10. 
  4. ^ a b c d e f Romano, Nick (March 27, 2019). "Exclusive: The Angry Birds Movie 2 trailer unites pigs and birds against a new enemy". EntertainmentWeekly. Diakses tanggal March 29, 2019.  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "new_characters" didefinisikan berulang dengan isi berbeda
  5. ^ a b Cohen, John (February 22, 2019). "Introducing Courtney – voiced by @Awkwafina! #AngryBirdsMovie2pic.twitter.com/SUZRwIE8EM".  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "courtney" didefinisikan berulang dengan isi berbeda
  6. ^ Cohen, John (May 22, 2019). "Nicki Minaj's character is named PINKY! #AngryBirdsMovie2 @NICKIMINAJhttps://twitter.com/geeklyamanda/status/1131013045147201537 …".  Hapus pranala luar di parameter |title= (bantuan)
  7. ^ "Brooklynn Joins "The Angry Birds Movie 2"". April 20, 2018. 
  8. ^ a b c d "The Kids of Nicole Kidman, Gal Gadot and Viola Davis Voice Hatchlings in Angry Birds 2". PEOPLE.com. 
  9. ^ "See Tiffany Haddish Make Her Debut as the Adorable Debbie in The Angry Birds Movie 2". PEOPLE.com. 
  10. ^ a b Kaufman, Gil. "Kesha Promises the 'Best Day' of Your Life on Sunshiny Angry Birds 2 Track: Listen", Billboard, July 26, 2019
  11. ^ "Animated Short 'Hair Love' Gets Theatrical Run with 'The Angry Birds Movie 2'". Animation World Network. 
  12. ^ McNary, Dave (August 25, 2016). "'Angry Birds Movie' Sequel in the Works at Rovio". Variety. Diakses tanggal March 2, 2018. 
  13. ^ McNary, Dave (May 22, 2017). "Sony Sets 'Angry Birds 2' Movie for Landing in September, 2019". Variety. Diakses tanggal March 2, 2018. 
  14. ^ "Annecy: Kristine Belson on Sony Pictures Animation's upcoming slate". Variety Magazine. June 15, 2017. Diakses tanggal May 27, 2018. 
  15. ^ IANS (24 June 2017). "Angry Birds Movie sequel turning out to be awesome: Pete Oswald". The Indian Express. Diakses tanggal 27 January 2019. 
  16. ^ McNary, Dave (April 20, 2018). "Jason Sudeikis, Josh Gad to Return for 'Angry Birds Movie 2' Voice Cast". Variety. Diakses tanggal April 20, 2018. 
  17. ^ Siegel, Tatiana (April 20, 2018). "Leslie Jones, Rachel Bloom, Sterling K. Brown Join Voice Cast of 'Angry Birds 2'". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal April 20, 2018. 
  18. ^ Aguilar, Carlos (21 February 2019). "The Angry Birds Movie 2' Teaser Introduces A New Character On A Frozen Island". CartoonBrew. Diakses tanggal 22 February 2019. 
  19. ^ McNary, Dave (December 24, 2018). "Nicki Minaj Joins 'Angry Birds Movie 2' Voice Cast (EXCLUSIVE)". Variety. Diakses tanggal December 24, 2018. 
  20. ^ "The Angry Birds Movie 2 Official Teaser Trailer". YouTube. Sony Pictures Entertainment. 21 February 2019. Diakses tanggal 22 February 2019. 
  21. ^ Kesha (July 26, 2019). "'Best Day' (Angry Birds 2 Remix) by Kesha on Apple Music". music.apple.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 1, 2020. Diakses tanggal July 27, 2019. 
  22. ^ Freeman, Jon (August 2, 2019). "Hear Luke Combs' New 'Let's Just Be Friends' From 'Angry Birds Movie 2'". Rolling Stone. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 3, 2019. Diakses tanggal August 28, 2019. 
  23. ^ Alci Rengifo. "'The Angry Birds Movie 2' Flies Into New Territory With Bigger Laughs". Diarsipkan dari versi asli tanggal August 13, 2020. Diakses tanggal March 25, 2020. 
  24. ^ "'The Angry Birds 2' release date preponed". Asian News International. August 9, 2019. Diakses tanggal April 4, 2021. 
  25. ^ Lesnick, Silas (April 26, 2017). "Masters of the Universe Movie Sets December 2019 Release". ComingSoon.net. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 27, 2017. Diakses tanggal April 27, 2017. 
  26. ^ Bock, Jeff [@ERCboxoffice] (June 27, 2018). "Sony's ANGRY BIRDS 2 nests in theaters 2 weeks earlier—now set for September. 6, 2019 instead of Sept. 20" (Tweet). Diarsipkan dari versi asli tanggal August 26, 2018. Diakses tanggal June 27, 2018 – via Twitter. 
  27. ^ D'Alessandro, Anthony (October 16, 2018). "'Angry Birds 2' To Fly In Late Summer 2019". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 31, 2019. Diakses tanggal March 19, 2020. 
  28. ^ Romano, Nick (April 26, 2019). "Like 'Q from James Bond' but a pig! Meet Sterling K. Brown's Garry in Angry Birds Movie 2". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 2, 2019. Diakses tanggal May 4, 2019. 
  29. ^ "THE ANGRY BIRDS MOVIE 2 - across the UK and Ireland 2nd August, 2019". Filmoria.co.uk. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 24, 2019. Diakses tanggal July 23, 2018. 
  30. ^ "Viral animated short Hair Love to make theatrical debut with Angry Birds Movie 2". Entertainment Weekly. August 5, 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 5, 2019. Diakses tanggal August 5, 2019. 
  31. ^ The Angry Birds Movie 2 (June 13, 2019). "Birds In Black: International". Facebook. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 1, 2020. Diakses tanggal January 11, 2020. 
  32. ^ Angry Birds [@AngryBirds] (July 1, 2019). "Just your angry, neighborhood spider-bird! 🕷" (Tweet). Diakses tanggal January 11, 2020 – via Twitter. 
  33. ^ Maison, Jordan (2019-09-30). "The Angry Birds Movie 2 Flies onto 4K Ultra HD This November". Cinelinx (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-24. 
  34. ^ "The Angry Birds Movie 2". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2019-11-10. 
  35. ^ The Angry Birds Movie 2 (2019) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-08-16 
  36. ^ "The Angry Birds Movie 2 Is The Highest Rated Video Game Movie On Rotten Tomatoes". CINEMABLEND. 2019-08-12. Diakses tanggal 2019-08-16. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Situs web resmi at Sony Pictures
  • (Inggris) The Angry Birds Movie 2 di IMDb
  • (Inggris) The Angry Birds Movie 2 di AllMovie Sunting ini di Wikidata