Enchanted (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari That's How You Know)
Enchanted
Poster film Enchanted
SutradaraKevin Lima
ProduserBarry Josephson
Barry Sonnenfeld
Ditulis olehBill Kelly
PemeranAmy Adams
Patrick Dempsey
James Marsden
Timothy Spall
Idina Menzel
Susan Sarandon
NaratorJulie Andrews
Penata musikAlan Menken
SinematograferDon Burgess
PenyuntingStephen A. Rotter
Gregory Perler
Perusahaan
produksi
Walt Disney Pictures
Sonnenfeld Josephson Entertainment
DistributorWalt Disney Studios Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 20 Oktober 2007 (2007-10-20) (Festival Film London)
  • 21 November 2007 (2007-11-21) (Amerika Serikat & Indonesia)
Durasi107 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$85 juta[2]
Pendapatan
kotor
$340.487.652[3]

Enchanted adalah film animasi keluarga komedi musikal Amerika Serikat tahun 2007 yang disutradarai oleh Kevin Lima dan diproduseri oleh Barry Josephson dan Barry Sonnenfeld. Naskah film ini ditulis oleh Bill Kelly. Film ini dibintangi oleh Amy Adams, Patrick Dempsey, James Marsden, Timothy Spall, Idina Menzel dan Susan Sarandon.

Film Enchanted ditayangkan secara perdana di Festival Film London pada tanggal 20 Oktober 2007 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 21 November 2007. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus. Sekuel film ini, Disenchanted, dirilis di Disney+ pada 18 November 2022.

Plot

Di kerajaan dongeng animasi Andalasia, Ratu Narissa (Susan Sarandon) yang jahat berniat untuk melindungi haknya atas takhta kerajaan, yang akan hilang begitu anak tirinya, Pangeran Edward (James Marsden), menemukan cinta sejatinya dan menikah. Narissa menyuruh orang setianya, Nathaniel (Timothy Spall), untuk menghalangi Edward. Giselle (Amy Adams), seorang wanita muda, bermimpi bertemu seorang pangeran dan merasakan "hidup bahagia selamanya". Edward mendengar Giselle bernyanyi dan pergi untuk menemukannya. Nathaniel membebaskan troll yang telah ditangkap untuk membunuh Giselle, tetapi Edward menyelamatkan Giselle tepat pada waktunya. Ketika mereka bertemu, mereka langsung jatuh cinta dan berencana untuk menikah keesokan harinya.

Menyamar sebagai penyihir tua, Narissa mencegah Giselle dalam perjalanan ke pesta pernikahan dan mendorongnya ke sebuah sumur, di mana Giselle secara ajaib berubah menjadi manusia sesungguhnya dan dibawa ke sebuah lubang di Times Square, New York. Giselle tersesat, sementara seorang pengacara yang mengurus perceraian bernama Robert (Patrick Dempsey) bersiap untuk melamar kekasihnya, Nancy (Idina Menzel), sehingga putri Robert, Morgan (Rachel Covey), merasa tidak senang. Robert dan Morgan bertemu dengan Giselle dalam perjalanan pulang, lalu Robert terpaksa mengizinkan Giselle menginap di apartemen mereka atas desakan Morgan, yang mempercayai Giselle.

Pip (Jeff Bennett), seekor tupai dari Andalasia yang menjadi sahabat Giselle, telah melihat Giselle dibuang ke sumur dan memberitahu Edward setelahnya, lalu keduanya memulai misi penyelamatan ke New York, di mana Edward juga berubah menjadi manusia sesungguhnya dan Pip (Kevin Lima) berubah menjadi tupai sesungguhnya, tetapi Pip kehilangan kemampuannya untuk berbicara. Narissa menyuruh Nathaniel untuk mengikuti dan menghalangi Edward. Di sebuah restoran, Narissa menampakkan diri kepada Nathaniel dalam panci sup dan memberinya tiga apel beracun untuk membunuh Giselle. Pip mndengar percakapan Narissa dan Nathaniel, tetapi ia tidak dapat berbicara dengan Edward, karena hewan tidak dapat berbicara di luar Andalasia. Nathaniel membuat Pip diam dengan mengurungnya ke dalam bola plastik kecil. Sementara itu, setelah Giselle memanggil hewan liar untuk membersihkan apartemen Robert, Nancy tiba untuk membawa Morgan ke sekolah. Nancy bertemu Giselle dan pergi, menganggap Robert selingkuh dengan Giselle dan tidak setia. Robert mulanya kesal, tetapi ia menghabiskan hari-harinya dengan Giselle, mengetahui bahwa Giselle masih rentan di kota. Giselle mempertanyakan Robert tentang hubungannya dengan Nancy dan membantu mereka berdamai dengan mengirimkan undangan kepada Nancy ke acara "King and Queen's Costume Ball" di Woolworth Building.

Edward bertemu dengan Giselle di apartemen Robert. Ketika Edward sangat ingin membawa pulang Giselle ke Andalasia dan akhirnya menikah, Giselle memberitahu Edward bahwa mereka harus terlebih dahulu berkencan untuk saling mengenal, karena Giselle masih berkonflik dengan perasaannya sendiri. Giselle berjanji untuk kembali ke Andalasia setelah kencan mereka berakhir di acara "King and Queen's Costume Ball", yang juga dihadiri oleh Robert dan Nancy. Narissa, yang telah memata-matai dari Andalasia, memutuskan untuk mengikuti dan membunuh Giselle sendiri setelah Nathaniel gagal meracuni Giselle dua kali. Robert dan Giselle berdansa satu sama lain dan saling memandang romantis. Giselle dan Edward kemudian bersiap untuk pergi ke Andalasia, tetapi Giselle merasa sedih saat meninggalkan Robert. Narissa muncul sebagai penyihir tua dan menawarkan apel beracun terakhir ke Giselle, menjanjikan "mimpi indah dan hidup bahagia selamanya". Giselle memakan apel itu dan tak sadarkan diri.

Narissa mencoba melarikan diri dengan Giselle yang masih tak sadarkan diri, tetapi ia dihentikan oleh Edward. Nathaniel, menyadari Narissa memanfaatkannya dan tidak pernah mencintainya, mengungkapkan semua rencana jahat Narissa. Robert menyadari bahwa ciuman cinta sejati adalah satu-satunya cara yang cukup kuat untuk menyadarkan Giselle. Setelah ciuman Edward gagal membangunkan Giselle, ia meminta Robert untuk melakukannya. Ketika Robert menciumnya tepat ketika jam tengah malam, Giselle terbangun dan seluruh penonton bersorak. Narissa marah dan berubah menjadi naga biru raksasa, lalu membawa Robert sebagai sandera dan keluar memanjat gedung. Giselle mengambil pedang Edward dan mengejar Narissa ke puncak gedung. Pip, yang dibebaskan oleh Edward, membantu Giselle untuk membuat Narissa jatuh ke kematiannya.

Kehidupan baru yang bahagia terbentang untuk semua orang, menunjukkan bahwa Edward dan Nancy menikah di Andalasia. Giselle menjalankan bisnis fashion yang sukses dan memiliki keluarga bahagia bersama Robert dan Morgan. Nathaniel dan Pip masing-masing menjadi penulis sukses tentang pengalaman pribadi mereka di dunia nyata.

Pemeran

Tanggapan Kritikus

Film Enchanted mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 93%, berdasarkan 189 ulasan, dengan rating rata-rata 7,3/10.[4] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 75 dari 100, berdasarkan 32 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[5] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[6]

Box Office

Film Enchanted mendapatkan $127.807.262 di Amerika Utara dan $212.680.390 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $340.487.652, melebihi anggaran produksi film $85 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $34.440.317, menempati posisi teratas di box office.[3]

Sekuel

Sekuel film berjudul Disenchanted, dirilis di Disney+ pada 18 November 2022. Film tersebut menampilkan Adams, Dempsey, Menzel dan Marsden mengulangi peran mereka. Pendatang baru Gabriella Baldacchino menggantikan Covey sebagai Morgan, meskipun Covey tampil sebagai cameo dalam film tersebut. Mereka bergabung dengan Maya Rudolph, Jayma Mays dan Yvette Nicole Brown sebagai karakter baru. Film tersebut disutradarai oleh Adam Shankman dan menerima sambutan beragam dari para kritikus.

Referensi

  1. ^ "Enchanted (PG)". British Board of Film Classification. December 4, 2007. Diakses tanggal January 8, 2016. 
  2. ^ Perman, Stacy (July 5, 2007). "A Movie Studio Grows in Brooklyn". BusinessWeek. McGraw-Hill. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 1, 2008. Diakses tanggal January 12, 2008. 
  3. ^ a b c "Enchanted (2007)". Box Office Mojo. Diakses tanggal March 15, 2018. 
  4. ^ "Enchanted (2007)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "Enchanted reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  6. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar