Thagomizer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Thagomizer yang terdapat pada ekor Stegosaurusl.

Thagomizer adalah susunan khusus yang terdiri dari empat sampai sepuluh duri pada ekor dinosaurus jenis stegosaurid. Duri ini dipercaya sebagai mekanisme pertahanan terhadap pemangsa[1]

Susunan duri awalnya tidak memiliki istilah khusus, istilah Thagomizer diciptakan oleh kartunis Gary Larson tahun 1982 di komiknya yang berjudul The Far Side, kemudian diadopsi secara bertahap sebagai istilah informal diantar lingkup ilmuwan, peneliti dan guru.

Paleobiologi[sunting | sunting sumber]

Terdapat perdebatan mengenai duri apakah hanya berguna sebagai hiasan, seperti yang dikemukakan oleh Gilmore pada tahun 1914,[2] atau digunakan sebagai senjata. Robert Bakker mencatat bahwa sangat mungkin ekor dari stegosaur cukup lentur dibandingkan dengan dinosaurus ornithischian lainnya, karena ditemukan sedikit urat daging yang mengeras, dan hal tersebut mendukung kepercayaan mengenai ide ekor sebagai senjata. Dia juga mengamati bahwa Stegosaurus mampu memiliki manuver di bagian belakang tubuhnya dengan mudah dengan menjaga tungkai belakangnya yang besar tetap stabil dan mendorong keluar dengan bagian tubuh depan yang pendek tetapi memiliki otot yang sangat kuat, memungkinkan melakukan putaran cekatan untuk mengatasi serangan.[3] Pada tahun 2010, analisis digital model dari Kentrosaurus aethiopicus menunjukan bahwa ekornya dapat membawa thagomizer di sisi-sisi dinosaurus yang memungkinkan serangan dari samping.[4]
Pada tahun 2001, penelitian mengenai ekor berduri oleh McWhinney dan kawan-kawan,[5] menunjukan indikasi yang tinggi mengenai tramua yang berhubungan dengan kerusakan. Hal ini untuk mendukung teori mengenai duri yang digunakan dalam pertarungan. Terdapat pula bukti bahwa Stegosaurus mempertahankan dirinya sendiri, bukti didapat dari ekor vertebrata Allosaurus yang memiliki luka tusuk yang telah sembuh dimana luka tersebut cocok dengan duri ekor dari Stegosaurus.[6] Stegosaurus stenops memiliki empat duri kulit, dimana setiap panjangnya
berkisar antara 60 - 90 sentimeter (2,0 - 3,0 kaki). Penemuan artikulasi dari baju pelindung stegosaur menunjukan bahwa, setidaknya terdapat beberapa spesies, dimana duri menonjol secara horizontal dari ekor, tidak secara vertikal seperti yang biasa diduga. Pada mulanya, Marsh mengambarkan bahwa S. armatus memiliki delapan duri di ekornya, tidak seperti S. stenops. Namun, penelitian baru-baru ini kembali memeriksa hal tersebut dan menyatakan bahwa spesies tersebut juga memiliki empat duri.[7][8]

Stegosaurs dengan Thagomizer[sunting | sunting sumber]

  • Dacentrurus armatus
  • Gigantspinosaurus sichuanensis, a stegosaur dengan duri parascapular besar.[9]
  • Hesperosaurus mjosi yang ditemukan dengan ekor duri terartikulasi.
  • Kentrosaurus aethiopicus[4]
  • Miragaia longicollum, stegosaur berleher panjang[9]
  • Stegosaurus stenops yang tidak biasa karena jarang ditemukan duri dipundak (duri parascapular)[9]
  • Stegosaurus armatus yang memiliki empat duri, merupakan spesies yang pertama ditemukan.[9]

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Istilah "Thagomizer" pertama kali dimunculkan oleh Gary Larson sebagai sebuah humor pada tahun 1982, pada komiknya yang berjudul Far Side, dimana terdapat sekelompok manusia yang berada di ruang kuliah modern dimana mereka sedang di ajar oleh profesor manusia gua bahwa duri pada ekor stegosaur dinamakan sesuai dengan Thag Simmons.
Istilah tersebut pada awalnya digunakan Ken Carpenter, seorang ahli paleontologi dari Museum Alam dan Ilmu Pengetahuan Denver, yang menggunakan istilah itu ketika menjelaskan fosil saat pertemuan tahunan Society of Vertebrate Paleontology Annual Meeting pada tahun 1993.[10] Thagomizer telah di adopsi sebagai istilah informal anatomi,[11] dan digunakan oleh Smithsonian Institution,[10][12] dan Monumen Naional Dinosuarus di Utah, dalam bukuny berjudul The Complete Dinosaur dan serial dokumendari BBC berjudul Planet Dinosaur.[13]
Terlepas dari nasib kartun Thag Simmons, stegosaurs dan manusia tidak hidup dalam waktu yang bersamaan, Evolusi manusia sekitar 60 juta tahun setelah Peristiwa kepunahan Kapur–Paleogen. Pada The Prehistory of the Far Side, Gary Larson menyatakan bahwa "harus ada kartun konvensi dimana kita bisa pergi dan berkata, 'ayah, saya mengambar dinosaurus dan Hominid bersama di kartun yang sama"[14]

Liat Juga[sunting | sunting sumber]

Istilah ilmiah yang digunakan pertama kali dalam komedi

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Holtz, T. R., (2000) "Classification and Evolution of the Dinosaur Groups" (pp. 140-168) in The Scientific American Book of Dinosaurs, edited by Gregory S. Paul, New York: St Martin's Press ISBN 0-312-26226-4
  2. ^ Gilmore CW (1914). "Osteology of the armored Dinosauria in the United States National Museum, with special reference to the genus Stegosaurus". Series: Smithsonian Institution. United States National Museum. Bulletin 89. Government Printing Office, Washington (89). 
  3. ^ Bakker RT (1986). The Dinosaur Heresies. william Morrow, New York. 
  4. ^ a b Naish Darren (2010). "Heinrich's digital Kentrosaurus: the SJG stegosaur special, part II". Tetrapod Zoology. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-01-09. Diakses tanggal 2011-01-19. 
  5. ^ McWhinney LA, Rothschild BM & Carpenter K (2001). "Posttraumatic Chronic Osteomyelitis in Stegosaurus dermal spikes". Dalam Carpenter, Kenneth(ed). The Armored Dinosaurs. Indiana University Press. hlm. 141–156. ISBN 0-253-33964-2. 
  6. ^ Carpenter, Kenneth; Sanders, Frank; McWhinney, Lorrie A.; Wood, Lowell (2005). "Evidence for predator-prey relationships: Examples for Allosaurus and Stegosaurus". Dalam Carpenter, Kenneth (ed.). The Carnivorous Dinosaurs. Bloomington and Indianapolis: Indiana University Press. hlm. 325. ISBN 0-253-34539-1. 
  7. ^ Marsh OC (1877). "A new order of extinct Reptilia (Stegosauria) from the Jurassic of the Rocky Mountains". American Journal of Science. 3 (14): 513–514. 
  8. ^ Carpenter K & Galton PM (2001). "Othniel Charles Marsh and the Eight-Spiked Stegosaurus". Dalam Carpenter, Kenneth(ed). The Armored Dinosaurs. Indiana University Press. hlm. 76–102. ISBN 0-253-33964-2. 
  9. ^ a b c d Naish Darren (2010). "The Stegosaur Wars: the SJG stegosaur special, part I". Tetrapod Zoology. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-01-03. Diakses tanggal 2011-01-19. 
  10. ^ a b The word: Thagomizer New Scientist 8 July 2006
  11. ^ Holtz, Thomas R., Jr. (2007). Dinosaurs:the Most Complete, Up-To-Date Encyclopedia for Dinosaur Lovers of All Ages. New York: Random House. hlm. 230. ISBN 978-0-375-82419-7. 
  12. ^ "Stegosaurus Changes". Smithsonian National Museum of Natural History, Department of Paleobiology. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2004-12-14. Diakses tanggal 2007-03-03. 
  13. ^ Planet Dinosaur episode: "Fight for Life", about 9 minutes into episode
  14. ^ Larson, G. (1992) The Prehistory of the Far Side p. 137.