Théo Sarapo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Théo Sarapo dengan istrinya, Édith Piaf, pada 1962.

Théophánis Lamboukas, nama panggung Théo Sarapo, merupakan seorang penyanyi dan pemeran keturunan Yunani, lahir 26 Januari 1936 di Paris dan meninggal 28 Agustus 1970 di Limoges. Dia adalah suami kedua dan terakhir Édith Piaf. Pada 1962, dia membawakan lagu hit Michel Emer bersamanya : À quoi ça sert l'amour. Dia meninggal dalam kecelakaan lalu lintas.

Theophánis Lamboukas adalah putra dari pasangan keturunan Ortodoks Yunani. Ayahandanya, seorang penata rambut, menetap di Paris, sebelum mendirikan salon tata rambutnya di rumah keduanya di La Frette-sur-Seine (Seine-et-Oise hari ini Val-d'Oise). Theophánis muda mulai bernyanyi lebih awal dan mengambil bagian dalam kompetisi pada usia 18 tahun. Dia menghadiri sekolah bisnis dan bekerja di salon penata rambut ayahandanya, saat menghadiri sekolah penata rambut "Chantoiseau[1]". Pada 1956, dipanggil untuk dinas militer, ia pergi selama 33 bulan untuk Perang Kemerdekaan Aljazair.

Kembali di Paris, ia menghabiskan malamnya di Saint-Germain-des-Prés, di mana seorang sahabat memperkenalkannya kepada Édith Piaf, yang dengan cepat mengangkatnya sebagai sekretaris. Penyanyi hebat, yang bercerai sejak 1956 dari suami pertamanya, tergoda oleh suara luar biasa pemuda itu. Dia mendorongnya untuk mengambil pelajaran menyanyi profesional dan memberinya nama panggung "Théo Sarapo", σ’αγαπώ atau Agapó ("Aku Mencintaimu" dalam bahasa Yunani) menjadi satu-satunya kata Yunani yang dia tahu.

Pada 9 Oktober 1962, di balai kota arondisemen ke-XVI Paris, Théo Sarapo, berusia 26 tahun, menikahi Édith Piaf 20 tahun lebih tua darinya, saat itu sakit parah. Pernikahan agama berlangsung di Gereja Ortodoks Yunani. Setelah pernikahan ini, pasangan itu bernyanyi duet dan mencapai kesuksesan di seluruh dunia, khususnya berkat lagu yang ditulis oleh Michel Emer À quoi ça sert l'amour. Proyek tur bersama lainnya hanya dapat dicapai sebagian, karena kondisi kesehatan Édith Piaf. Setelah pernikahan Édith dan Théo, saudara perempuan Théo bergiliran meluncurkan lagu dengan nama "Christie Laume" dan membuat bagian pertama dari pertunjukan Édith.

Théo Sarapo menyewa sebuah villa di cap Ferrat, kemudian di Grasse di distrik Plascassier, dan mengabdikan dirinya untuk merawat istrinya hingga kematiannya pada 10 Oktober 1963.

Hanya setelah masa berkabung dan penarikan yang lama; dia mulai bermain dan bernyanyi lagi, antara lain, untuk membayar hutang yang ditinggalkan Édith Piaf, menyatakan pada Oktober 1969 : "Dia percaya bahwa saya telah menjadi sangat kaya. Saya ingin menjelaskan diri saya tentang ini sekali dan untuk selamanya. (...) Ketika Édith meninggal, dia hanya punya sedikit uang. Dia jelas menghasilkan banyak, tetapi semuanya dihamburkan untuk biaya kereta rumah, biaya klinik, biaya dokter, dan, saya, setahun kemudian saya menemukan diri saya sendiri dengan sekitar 40 juta dolar hutang pajak. (...) Di piringan, saya tidak mendapatkan apa-apa, karena loyalti dianggap sebagai gaji; atau, tetapi, kami tidak membayar gaji kepada ahli waris. Jadi hanya hak cipta yang tersisa[2]."

Dia tidak menikah lagi, tetapi adalah pendamping Jacqueline Huet.

Pada 28 Agustus 1970, di RN 141 di pintu keluar Panazol, ke arah Saint-Léonard-de-Noblat di Haute-Vienne, mobilnya, Citroën ID biru, ditabrak oleh pengendara yang mabuk, dia membelok lintasan, tinggalkan jalan dan bertabrakan dengan pohon dengan kecepatan tinggi di ketinggian perkiraan tempat yang disebut Château de la Rue. Segera dibawa ke rumah sakit Limoges, dia meninggal di sana tiga jam kemudian pada usia [3] 34 tahun. Dia dikebumikan di Pemakaman Père-Lachaise, Paris bersama Édith Piaf.

Disebutkan dalam ke-327 dari 480 kenangan yang dikutip oleh Georges Perec dalam Je me souviens.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Catatan dan referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ hari ini École de coiffure ISEC
  2. ^ Paris-Presse, L'Intransigeant, 11 Oktober 1969, p. 10
  3. ^ linvite, https://www.youtube.com/watch?v=0yK72ZArTRg, Christie Laume : "Ce que Piaf m'a confiée", 18 Desember 2015.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]