Textpattern

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Textpattern
TipeSistem manajemen konten dan perangkat lunak bebas
Versi pertama2003
Versi stabil
4.8.8 (24 Januari 2022)
GenreCMS / Blog software
LisensiGPL
Karakteristik teknis
Bahasa pemrogramanPHP
Sumber kode
Informasi tambahan
Situs webTextpattern.com
BlogBlog oficial
Sunting di Wikidata • L • B •
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini


Textpattern adalah peranti lunak Open Source berbasis CMS yang pertama kali ditulis oleh Dean Allen. Textpattern sering disejajarkan dengan peranti lunak untuk membangun blog pada umumnya, walaupun tujuan pembangunan awal dari Textpattern itu sendiri adalah untuk membuat suatu CMS untuk keperluan umum, yang cocok untuk digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Textpattern ditulis dalam bahasa pemprograman PHP, dan dilepas ke umum dibawah naungan GNU General Public License. Versi stabil terakhir dari peranti lunak ini adalah 4.0.5

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Textpattern pada awalnya, berkembang dari situs http://textism.com, yang mana merupakan situs pribadi dari Dean Allen sendiri, tidak lama setelah itu diumumkanlah kepada umum pelepasan versi Alpha dari peranti lunak tersebut pada awal tahun 2001. Pelepasan tersebut dibarengi dengan pelepasan sejumlah versi beta lainnya yang ditujukan untuk keperluan pembangunan situs yang lebih umum dan tidak hanya untuk keperluan blogging semata, di antara pelepasan tersebut terdapat banyak versi perbaikan lain, yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dari Textpattern itu sendiri. Pada awal dirilisnya Textpattern banyak keraguan akan lisensi yang dipilih oleh para pembangun Textpattern, tetapi semenjak versi 1.19 (7 Juni 2004), Texpattern telah mengubah lisensi peranti mereka menjadi GNU GPL.

Sebagai tambahan dari dilepasnya versi GPL pertama dari Textpattern, versi Gamma 1.19 akhirnya diusung untuk umum, versi berikutnya yang dilepas pada September 2004, merupakan versi Release Candidate untuk Textpattern 1.0. yang menurut bagi sebagian orang sangatlah tidak konvensional, Texpattern terus menambahkan kemampuan-kemampuannya sebelum akhirnya dilepas Release Candidate mulai dari versi pertama, kedua dan ketiga ke masyarakat luas. Selama masa perubahan ini, team inti dari para pembangun, yang pada awalnya hanya terdiri dari Dean Allen seorang, pada akhirnya berubah menjadi suatu team konkret yang dipenuhi oleh individu-individu berbakat, seperti di antaranya adalah Komunitas Textpattern dengan Release Candidate 3 Alex Shiels Diarsipkan 2005-08-02 di Wayback Machine., Pedro Palazón Diarsipkan 2005-08-16 di Wayback Machine. masuk ke dalam team inti, dan Sencer Yurdagül Diarsipkan 2007-09-12 di Wayback Machine. dimasukan sebagai release manager untuk release candidate versi 4.

Namum demikian release candidate versi ke lima, memberitahukan bahwasannya tidak akan ada tambahan kemampuan lain sebelum dilepasnya versi 1.0, dua minggu setelah itu, pada tanggal 14 Agustus 2005, versi stabil dan resmi dari Textpattern dilepas ke umum. Dikarenakan banyaknya proses penambahan-penambahan kemampuan-kemampuan baru, banyak dari rilis sebelumnya yang dirasakan sudah stabil dan unggul untuk lingkungan produksi, bahkan sebelum versi kandidat versi 1.0, rilis ini akhirnya dilepas ke umum dengan nama "Textpattern 4.0" ketimbang "Textpattern 1.0"

Kemampuan[sunting | sunting sumber]

Textpattern menawarkan banyak kemampuan dan kenyamanan baik bagi pengguna, administrator situs dan para pembangun, fitur-fitur tersebut di antaranya adalah:

  • Kemudahan dalam penulisan isi, yang dimungkinkan dengan penerapan Textile, suatu metode yang digunakan untuk dapat mengubah text murni menjadi HTML, metode ini dapat membantu pengguna awam untuk dapat menulis isi situs tanpa harus mahir menggunakan HTML.
  • Kemudahan untuk melihat halaman pratayang dari isi yang akan dipublikasi beserta dengan sisi xHTML didalamnya.
  • xHTML yang ditulis sesuai dengan Standards-compliant dan CSS yang bekerja secara luar biasa, dan pengubahan layout yang difasilitasi lewat stylesheet.
  • Mekanisme template berbasis tag, yang memungkinkan pembuatan blocks maupun isi beserta dengan code yang di Textpattern dikenal dengan terminologi forms, dan sistem tag builder untuk proses automasi pembentukan situs yang dibangun dengan Texppatern.
  • Sistem Hierarki untuk pengguna, yang memungkinkan pengorganisasian struktural untuk para penulis, editor dan penerbit sehingga dapat bekerja sama dalam proses publikasi.
  • Sitem Komentar, termasuk didalamnya metode untuk menghadang spam.
  • Sistem Statistik, termasuk didalamnya referer tracking.
  • Sistem Sindikasi, melalui RSS dan Atom.
  • Arsitektur plugin untuk penambahan fitur sebagai bagian dari sistem, termasuk didalamnya sistem administrasi untuk backend.
  • Sistem CSS editor yang terintegrasi langsung didalamnya.
  • Sistem Link Management editor yang terintegrasi langsung didalamnya.
  • Sistem Management Image yang sudah terintgrasi yang dapat diasosiasikan dengan isi situs tertentu.
  • Sistem Integrasi File Management, yang sudah terintegrasi dan dapat untuk diunduh.
  • Pemisahan antara isi dan tampilan dengan konsep "sections" yang didalamnya terdapat presentasi dan "categories" untuk organisasi isi situs.
  • Publikas UTF-8 yang mendukung banyak bahasa, termasuk English, French, Italian, German, Czech, Japanese, Estonian, Latvian, Dutch, Norwegian, Danish, Portuguese, Catalan, Polish, Slovenian, Indonesian, Swedish, Icelandic, Russian and Greek (termasuk dukungan untk polytonic).

Tidak seperti peranti blogging pada umumnya, Textpattern tidak dilengkapi dengan kemampuan untuk melakuan Pingback. Untuk mendapatkan kemampuan Trackback diharuskan mengistall plugin bernama rpg_trackback.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]