Tevfik Esenç

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tevfik Esenç
Lahir1904
Meninggal7 Oktober 1992 (berusia 87–88)
Tempat tinggalHacı Osman, Balıkesir, Turki
KebangsaanTurki

Tevfik Esenç (1904 – 7 Oktober 1992) adalah seorang pengasingan Sirkasia di Turki dan merupakan orang terakhir yang diketahui bisa berbahasa Ubykh dengan fasih.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Esenç dibesarkan oleh kakek-nenek yang berbahasa Ubykh di desa Hacı Osman di Turki, dan ia menjabat sebagai muhtar (wali kota) di desa itu, sebelum menerima sebuah jabatan di pelayanan masyarakat dari Istanbul. Di sana, ia mampu bekerjasama dengan linguis Prancis Georges Dumézil dan rekannya Georges Charachidzé untuk membantu merekam bahasanya. Kemudian, ahli bahasa Turki A. Sumru Özsoy belajar bahasa Ubykh dengan dia.

Memiliki ingatan yang sangat baik dan mengerti tujuan Dumézil dan ahli bahasa lain yang datang untuk mengunjungi dia dengan cepat, dia tak hanya merupakan sumber utama dari bahasa Ubykh, tetapi juga dari mitologi, budaya dan adat istiadat suku Ubykh. Ia berbicara tidak hanya bahasa Ubykh, tetapi juga bahasa Adyghe dialek Hakuchi, yang memungkinkan beberapa pekerjaan perbandingan yang harus dilakukan antara dua anggota rumpun bahasa Kaukasus Utara. Dia juga fasih berbahasa Turki. Dia adalah seorang puris, dan idiolek bahasa Ubykh-nya dianggap oleh Dumézil sebagai hal yang paling dekat untuk bahaaa standar Ubykh yang ada. Dia mungkin menjadi satu-satunya orang yang bertanggungjawab di dunia saat ini untuk pengetahuan bahasa Ubykh yang jauh lebih luas dan rinci daripada hal sebaliknya.

Esenç meninggal pada tahun 1992 pada usia 88 tahun. Tulisan yang ia inginkan pada batu nisan nya berbunyi sebagai berikut:

Ini makam Tevfik Esenç. Ialah orang terakhir yang bisa berbicara bahasa yang disebut bahasa Ubykh.

— Batu nisan, tulisan

Pada tahun 1994, A. Sumru Özsoy menyelenggarakan konferensi internasional, yaitu Konferensi Linguistik Kaukasia Barat Laut, di Universitas Boğaziçi untuk mengenang Dumézil dan Esenç.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]