Teuku Edwin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Teuku Edwin
230px
Teuku Edwin
Lahir 14 Juli 1969 (umur 49)
Bendera Indonesia Meulaboh, Indonesia
Pekerjaan aktor, pembawa acara, penyanyi
Tahun aktif 1994 - sekarang
Pasangan Lia Novita
Anak Mala Syah Putri
Cut Audrey Syah Fitri
Teuku Raka Syah Putra
Teuku Euro Syah Putra

Teuku Edwin dikenal sebagai Edwin (lahir di Meulaboh, 14 Juli 1969; umur 49 tahun) adalah pembawa acara dan penyanyi Indonesia. Edwin bersama Jody Sumantri tergabung Super Bedjo, yang telah mengeluarkan album dan sering menjadi pembawa acara, baik acara off air maupun on air.

Karier[sunting | sunting sumber]

Setelah menamatkan kuliah di IKJ jurusan teater, Edwin mendapat kesempatan dari Prambors untuk menuangkan kreativitasnya di kegiatan-kegiatan off air seperti Tenda Mangkal dan Pro Kamu. Edwin lalu menawari Jody Sumantri untuk mengkoordinir artis untuk acara-acara off air. Edwin kenal dengan Jody saat masih kuliah di IKJ. Jody adalah adik angkatannya. Mereka berdua mencetuskan ide-ide cemerlang dalam menggarap suatu acara. Salah satunya adalah menggarap acara Pesta di Indosiar untuk pertama kalinya yang berlangsung sukses. Gaya mereka yang unik, kompak dan selalu ngocol menarik perhatian Harry "Boim" de Fretes. Mereka pun diajak turut memeriahkan serial komedi Hari Harimau.

Berbekal pengalaman-pengalaman sebelumnya, Edwin dan Jody merambah ke dunia pembawa acara. Acara ulang tahun dan acara keluarga merupakan job yang sering mengalir di awal-awal profesi barunya itu. Mereka pun membentuk duo Super Bedjo. Tak hanya pembawa acara, duo ini pun kemudian merambah ke dunia tarik suara. Lagu mereka yang paling terkenal adalah "Gue Ingin".

Selain berdua, mereka juga sering bekerja sendiri-sendiri. Edwin memandu acara Go Show berpatner dengan Tamara Geraldine dan kuis Gol, Gol, Gol (3G).

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Edwin menikah dengan seorang model, Lia Novita pada tanggal 3 Juni 2000. Pernikahan ini dikaruniai 2 orang anak, Cut Mala dan Cut Audrey, Pada Penghujuang akhir 2013 Edwin mengalami kecelakaan saat memperbaiki mobilnya, sehingga mengakibatkan sedikit dari jari manis dan kelingkingnya putus.

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Sinetron[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]