Terpal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebuah tenda yang diimprovisasi menggunakan terpal sebagai fly
Tempat penampungan tunawisma yang ditinggalkan yang terbuat dari terpal plastik

Terpal (bahasa Inggris: tarpaulin atau tarp), adalah lembaran material besar yang kuat, fleksibel, dan tahan air, sering berupa tekstil seperti kanvas atau poliester dilapisi dengan poliuretana, atau terbuat dari plastik seperti polietilena. Di beberapa tempat seperti Australia, dan dalam bahasa gaul militer, terpal dapat dikenal sebagai hootch. Terpal sering memiliki grommet yang diperkuat di sudut-sudut dan di sepanjang sisi untuk membentuk titik-titik ikatan untuk tali, memungkinkan terpal untuk diikat atau digantung.

Terpal modern murah dibuat dari anyaman polietilena; bahan ini sangat terkait dengan terpal sehingga telah menjadi bahasa sehari-hari dikenal di beberapa tempat sebagai polytarp.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Truk dengan terpal untuk menutupi kargo
Terpal digunakan untuk mencegah hujan turun dari panggung

Terpal digunakan dalam banyak cara untuk melindungi orang dan benda dari angin, hujan, dan sinar matahari. Terpal digunakan selama konstruksi atau setelah bencana untuk melindungi bangunan yang masih dibangun sebagian atau rusak,[1] untuk mencegah kekacauan selama pengecatan dan kegiatan serupa, dan untuk menampung dan mengumpulkan puing-puing. Terpal digunakan untuk melindungi barang yang dibawa oleh truk dan gerobak terbuka, untuk menjaga tumpukan kayu agar tetap kering, dan untuk tempat perlindungan seperti tenda atau bangunan sementara lainnya.

Terpal juga digunakan untuk pencetakan iklan, terutama untuk papan iklan. Terpal berlubang biasanya digunakan untuk iklan berukuran sedang sampai besar, atau untuk perlindungan terhadap perancah; tujuan perforasi (dari 20% hingga 70%) adalah untuk mengurangi kerentanan terhadap angin.

Terpal polietilena juga terbukti menjadi bahan yang populer ketika dibutuhkan tekstil tahan air yang murah. Banyak pembangun perahu layar kayu lapis amatir beralih ke terpal polietilena untuk membuat layarnya, karena murah dan mudah dikerjakan. Dengan jenis pita perekat yang tepat, dimungkinkan untuk membuat layar yang praktis untuk kapal kecil tanpa menjahit.

Terpal plastik kadang-kadang digunakan sebagai bahan bangunan di komunitas penduduk asli Amerika Utara.[2] Tipi yang dibuat dengan terpal dikenal sebagai tarpee.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Malcolm), Thorpe, M. (2010). Brickwork : for CAA Construction Diploma and NVQs. Level 2. Hodge, J. C. (John Charles). Oxford: Newnes. ISBN 9781856177658. OCLC 477290692. 
  2. ^ Printed program for Dear Listener: Works by Nicholas Galanin. 2018. 
  3. ^ Hopper, Frank (10 May 2018). ""Those Are Sacred": A First-Person Account From the Tipi Demonstration That Shut Down Traffic". The Stranger. Diakses tanggal 16 July 2018.