Terowongan SMART

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Stormwater Management and Road Tunnel
Terowongan SMART
Ikhtisar
LokasiKuala Lumpur, Malaysia
StatusTerbuka
Rute E38
MulaiJalan Tun Razak pada Kuala Lumpur Middle Ring Road 1
BerakhirBandar Udara Sungai Besi pada Kuala Lumpur-Seremban Expressway
Operasi
Mulai dibangun2003
PembangunanGamuda Berhad
MMC Corporation Berhad
PemilikPemerintah Malaysia
Lembaga Lebuhraya Malaysia (LLM)
Departemen Pengairan dan Pembuangan (JPS)
OperatorSyarikat Mengurus Air Banjir dan Terowong Sdn Bhd (SMART)
TolMobil pribadi dan taksi
Teknis
Panjang4 km (2,5 mi)
Jumlah lajur4, double-decked
Kelajuan yang diizinkan60 km/jam

Terowongan Jalan Raya dan Manajemen Air Banjir (Malaysia:Terowong Jalan Raya dan Pengurusan Air Banjir ;Inggris:"Stormwater Management and Road Tunnel" (SMART) dengan kode adalah suatu struktur jalan dan perparitan yang terletak di Kuala Lumpur, Malaysia, dan merupakan satu proyek nasional di negara tersebut. Bila siap nanti, ia merupakan terowongan pengalihan air yang terpanjang di Asia Tenggara dan kedua terpanjang di Asia. Panjang terowongan tersebut sepanjang 9.7 kilometer tetapi rute untuk kendaraan hanyalah 3.3 kilometer.

Tujuan utama terowongan ini adalah untuk menyelesaikan masalah banjir di Kuala Lumpur dan juga untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di sepanjang Jalan Sungai Besi dan bridge Loke Yew di Pudu saat waktu sesak. Ada dua komponen untuk terowongan ini yaitu terowongan air dan terowongan jalan.

Terowongan ini dimulai di danau Kampung Berembang terdekat dengan Sungai Klang di Ampang dan berakhir di danau Taman Desa terdekat Sungai Kerayong di Salak Selatan. Proyek ini dipimpin oleh pemerintah, termasuk Lembaga Lebuhraya Malaysia (LLM) dan Departemen Pengairan dan pembuangan (JPS) dan juga satu perusahaan aliansi kerjasama di antara Gamuda Berhad dan Malaysian Mining Corporation Berhad (MMC).

Terowongan SMART dirancang untuk penggunaan kendaraan ringan dengan ketinggian maksimal 2 meter dan batas laju yang ditetapkan adalah 60 km / j. Sepeda motor dan kendaraan berat seperti truk dan bus tidak diizinkan melalui terowongan tersebut. Terowongan ini telah dibuka pada lalu lintas pada 7 April 2007 [1] dan kadar tol sebanyak RM2.00 dikenakan mulai 14 Juni 2007.

Galeri Terowongan SMART[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-09-30. Diakses tanggal 2012-01-08. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]