Lompat ke isi

Teratak, Rumbio Jaya, Kampar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Teratak
Negara Indonesia
ProvinsiRiau
KabupatenKampar
KecamatanRumbio Jaya
Kode pos
28458
Kode Kemendagri14.01.14.2002 Edit nilai pada Wikidata
Luas1865 Ha
Jumlah penduduk2741 jiwa
Kepadatan147 jiwa/km²
Situs webhttp://teratak.desa.id


Desa Teratak merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Rumbio Jaya, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Indonesia. Desa Teratak terkenal sebagai desa yang memiliki industri pandai besi terbesar di Kabupaten Kampar. Hasil industri pandai besi Desa Teratak sudah tersebar luas khususnya di Provinsi Riau.

Sejarah Desa

[sunting | sunting sumber]

Desa Teratak merupakan desa tertua di wilayah Kecamatan Rumbio Jaya. Kecamatan Rumbio Jaya terdiri dari tiga desa, yaitu Desa Pulau Payung, Desa Alam Panjang dan Desa Teratak. Dahulu Desa Teratak termasuk Wilayah Kenegrian Rumbio yang dipimpin oleh wali negeri. Wilayah Kenegrian Rumbio dibagi menjadi wilayah-wilayah kecil yang dipimpin oleh seorang wali kampung. Salah satunya adalah wali kampung Teratak yang pada masa itu dipimpin oleh Bapak Soelaiman Datuk Majobesar (Alm).

Seiring dengan perkembangan zaman dan bertambahnya jumlah penduduk, Wilayah Kenegrian Rumbio berubah nama menjadi Kecamatan Kampar. System pemerintahan berubah dari wilayah kenegrian menjadi kecamatan. Sebagaimana yang diatur dalam undang-undang, wilayah kecamatan terbagi menjadi beberapa desa. Maka dari itu, wilayah yang dipimpin oleh masing-masing wali kampung ditetapkan menjadi sebuah desa yang pada masa itu disebut dengan desa muda. Diantara beberapa desa muda tersebut termasuk Desa Muda Teratak. Pada waktu itu system pemerintahan dipimpin oleh wali muda. Pada tahun 1976-1977, Desa Muda Teratak dipimpin oleh Bapak Soelaiman Datuk Majobesar (Alm).

Setelah berbagai upaya yang dilakukan dan atas berkah rahmat Allah SWT. Pada tahun 1979, Desa Muda Teratak ditetapkan menjadi desa penuh atau desa definitif dengan Bapak Soelaiman Datuk Majobesar (Alm) sebagai kepala desa yang pertama. Desa Teratak diberi kewenangan untuk mengurus kepentingan wilayah dan menyejahterakan masyarakatnya sendiri. Desa Teratak pada awalnya terdiri dari tiga Rukun Kampung (RK) (sebutan pada masa itu), yaitu Rukun Kampung (RK) Teratak, Rukun Kampung (RK) Pasubilah dan Rukun Kampung (RK) Kubucubadak.

Rukun Kampung (RK) Teratak dipimpin oleh Bapak Hasan (Alm), Rukun Kampung (RK) Pasubilah dipimpin oleh Bapak Tabrani, dan Rukun Kampung (RK) Kubucubadak dipimpin oleh Bapak Abdul Karim Pakomo. Masing-masing RK dipilih dan ditetapkan secara mufakat melalui musyawarah desa.

Pemilihan kepala desa pertama dilakukan pada tahun 1989, yang pada waktu itu diikuti oleh 3 orang calon, yaitu Bapak Abdul Munir, Bapak Abdul Malik dan Bapak Maazah KH. Setelah diadakan perhitungan suara, Bapak Abdul Munir ditetapkan sebagai kepala desa terpilih yang menjabat selama 8 tahun terhitung dari tahun 1989 s.d 1997. Pada waktu itu nama Rukun Kampung (RK) sudah diganti dengan Dusun, yang terdiri dari Dusun I Teratak, Dusun II Pasubilah dan, Dusun III Kubucubadak dan Dusun IV Pasir Jambu (Dusun Ekstran). Pada masa pemerintahan Bapak Abdul Munir, telah dilakukan beberapa pembangunan dalam menunjang kegiatan desa, seperti perluasan jaringan listrik di wilayah Desa Teratak, pembangunan Kantor Kepala Desa Teratak, pembangunan Puskesmas Pembantu (PP) (sekarang UPTD Puskesmas Kecamatan Rumbio Jaya) yang terletak di Dusun III Kubucubadak (sekarang Desa Simpang Petai), pembangunan home industry apar besi yang berpusat di Dusun II Pasubilah, pembangunan kantor koperasi unit desa, dan pembangunan-pembangunan lainnya.

Pemilihan kepada desa yang kedua dilakukan pada tahun 1998-1999, yang pada waktu itu diikuti oleh 3 orang calon, yaitu Ibu Dra. Hasnidar, Bapak Maazah KH, dan Bapak Ibnu Hajar. Setelah dilakukan perhitungan suara, Bapak Maazah KH ditetapkan sebagai kepala Desa Teratak yang kedua dengan masa jabatan selama 8 tahun terhitung mulai tahun 1999 s.d 2007. Selama bapak Maazah KH menjabat berbagai kemajuan dan pembangunan dilakukan diantaranya yaitu pengaspalan jalan transmigrasi Desa Teratak. Disamping itu pada masa pemerintahan bapak MAAZAH KH juga berhasil membangun pasar Desa Teratak.

Pada tahun 2007 diadakan lagi pemilihan kepada desa yang ketiga. Pada waktu itu diikuti oleh 4 orang calaon, yaitu bapak SAHARUDDIN, bapak MUSLIM HD, ibu LISNAWATI, A.Md dan bapak H.MUASLAM. Setelah dilakukan perhitungan suara maka keluarlah bapak H. MUASLAM sebagai kepada Desa Teratak yang keempat yang menjabat selama 6 tahun terhitung mulai tahun 2007 s.d 2013. Pada pemerintahan bapak H.MUASLAM juga dapat dirasakan kemajuan-kemajuan yang dilakukan banyak pembangunan yang dilakukan di Desa Teratak antara lain Semenisasi jalan lingkungan, pembangunan drainase, Pembangunan Turap Tebing, Pemasangan Batu Bronjong, Pembangunan Kantor Kepala Desa Baru, Pembangunan Ruang Serba Guna Desa, Pengaspalan lapen jalan lingkungan, RIS PNPM Mandiri, BUM DESA, dan laian sebagainya adapun sampai saat ini Kepala Desa Teratak di Jabat oleh Bapak MUHAMMAD ARDI selama 6 Tahun terhitung mulai tahun 2014 s/d 2019.

Geografis Desa

[sunting | sunting sumber]

Desa Teratak terletak di dalam wilayah Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Rumbio Jaya Provinsi Riau yang berbatasan dengan:

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Bukit Kratai dan Desa Simpang Petai Kecamatan Rumbio Jaya.
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Pulau Payung Kecamatan Rumbio Jaya.
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Pulau Payung dan Desa Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya.
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Simpang Petai Kecamatan Rumbio Jaya dan Desa Pulau Jambu Kecamatan Kampar.

Luas wilayah Desa Teratak adalah 1865 Ha dimana 65% berupa daratan yang bertopografi berbukit-bukit, dan 35 % daratan dimanfaatkan sebagai lahan pertanian yang dimanfaatkan untuk persawahan tadah hujan.

Iklim Desa Teratak, sebagaimana Desa-desa lain di wilayah Indonesia mempunyai iklim Kemarau dan Penghujan, hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam pada lahan pertanian yang ada di Desa Teratak Kecamatan Rumbio Jaya.

Susunan Organisasi Pemerintahan Desa

[sunting | sunting sumber]
  • Kepala Desa : Etak Murlizar, S.Sos, M.I.Kom
  • Sekretaris Desa : Zardinus
  • Kepala Seksi Pemerintahan : Desneli Dewita
  • Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat : Abu Bakar
  • Kepala Seksi Pelayanan : Heni Novitrayani
  • Kepala Urusan Perencanaan : Hariati

Kepala Dusun

  • Kepala Dusun 1 : M. Saleh
  • Kepala Dusun 2 Sumpadang : Abu Nawar
  • Kepala Dusun 3 Pasubilah Barat : Muhammad Abdi
  • Kepala Dusun 4 Pasubilah Timur : Ali Asmar

Keadaan Sosial

[sunting | sunting sumber]

Penduduk Desa Teratak sebagian besar merupakan penduduk asli setempat dan ditambah sebagian kecil dari suku-suku pendatang dari berbagai daerah yang berbeda-beda, seperti suku minang dan jawa. Sehingga tradisi-tradisi musyawarah untuk mufakat, gotong-royong dan kearifan lokal yang lain sudah dilakukan oleh masyarakat sejak adanya Desa Teratak ini dan hal tersebut secara efektif dapat menghindarkan adanya benturan-benturan antar kelompok masyarakat.

Berdasarkan Hasil Sensus Penduduk Tahun 2015 Desa Teratak mempunyai jumlah penduduk 3.706 jiwa, yang terdiri dari laki-laki 1.760jiwa, sedangkan perempuan 1.946 jiwa dan 700 KK, yang terbagi dalam 4 (empat) wilayah dusun, dengan rincian sebagai berikut:

Dusun I Teratak Dusun II Sumpadang Dusun III Pasba Dusun IV Pasti Jumlah penduduk
1.370 org 893 org 782 org 661 org 3.706 Org

Dari jumlah penduduk Desa Teratak sebanbyak 3.706 Jiwa, terdapat jumlah pemilih Tetap (DPT) sebanyak 2.472 Jiwa.

a). Pendidikan

1. TK : 250 Orang

2. SD/ MI : 370 Orang

3. SLTP/ MTs : 409 Orang

4. SLTA/ MA : 690 Orang

5. S1/ Diploma : 129 Orang

6. Putus Sekolah : 67 Orang

7. Buta Huruf : 45 Orang

b). Lembaga Pendidikan

1. Gedung TK/PAUD : TK 2 buah dan PAUD 2 buah/ Lokasi di Dusun I dan II Desa Teratak

2. SD/MI : 1 buah/ Lokasi di Dusun I Teratak

3. SLTP/MTs : 1 buah/ Lokasi di Dusun IV Pasubilah Timur

4. SLTA/MA : 1 buah/ Laksi di Dusun IV Pasubilah Timur

5. Lain-lain : NIHIL

c). Kesehatan

a.Kematian Bayi

1. Jumlah Bayi lahir pada tahun ini  : 97 orang

2. Jumlah Bayi meninggal tahun ini : 17 orang

b. Kematian Ibu Melahirkan

1. Jumlah ibu melahirkan tahun ini : 88 orang

2. Jumlah ibu melahirkan meninggal thn ini : 7 orang

c. Cakupan Imunisasi

1. Cakupan Imunisasi Polio 3 : 75 orang

2. Cakupan Imunisasi DPT-1: 61 orang

3. Cakupan Imunisasi Cacar: 59 orang

d. Gizi Balita

1. Jumlah Balita : 321 orang

2. Balita gizi buruk : - orang

3. Balita gizi baik : 321 orang

4. Balita gizi kurang : - orang

e. Pemenuhan air bersih

1. Pengguna sumur galian : 591 KK

2. Pengguna air PAH : - KK

3. Pengguna sumur pompa: 417 KK

4. Pengguna sumur hidran umum: - KK

5. Pengguna air sungai: 14 KK

d). Keagamaan.

  1. Data Keagamaan Desa Teratak Tahun 2014

Jumlah Pemeluk :

  1. Islam: 3.706orang
  2. Katolik: - orang
  3. Kristen: - orang
  4. Hindu: - orang
  5. Budha: -orang

2. Data Tempat Ibadah

Jumlah tempat ibadah :

Masjid/ Musholla: 9buah

Gereja: -buah

Pura: -buah

Vihara: -buah