Tepus Gelagah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tepus Gelagah
Kaso Kaso / Kidangan
Tepus Gelagah
At Baur reservoir area of Uttarakhand, India
Taksonomi edit
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Timaliidae
Genus: Timalia

Horsfield, 1821
Species:
T. pileata
Binomial name
Timalia pileata

Horsfield, 1821

Tepus Gelagah ( Nama Ilmiah : Timalia pileata ) adalah burung pengicau dari keluarga Timaliidae . Tepus gelagah juga di kenal degan sebutan Burung kaso kaso dan Burung kidangan. Burung ini adalah monotypic dalam genus Timalia .

Pemerian : Burung tepus gelagah mempunyai postur tubuh berukuran sedang, dengan panjang tubuh sekitar 17 cm. Tubuh bagian atas berwarna cokelat kemerahan, mahkotanya berwarna merah, alis putih yang kontras dengan garis hitam yang tebal.

Pipi berwarna putih sampai abu-abu. Adapun kekang hitam, dada berwarna putih bercoret hitam, sedangkan bagian perut abu-abu yang tersapu warna cokelat kekuningan di bagian sisi tubuh dan tunggirnya.

Habitat dan karakter

Burung tepus gelagah bisa ditemukan di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi hingga ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut. Mereka biasa hidup berpasangan, atau terkadang dalam kelompok kecil. Burung ini sering beraktivitas di rerimbunan tumbuhan bawah atau daerah semak belukar, dan hanya suara kicauannya saja yang terdengar.

Di wilayah barat Pulau Jawa, yang menjadi satu-satunya wilayah persebaran di Indonesia, spesies ini berkembangbiak mulai bulan Februari hingga September. Sarang dibangun dari bahan-bahan kasar seperti jerami dan rerumputan kering. Bentuk sarang menyerupai bola tidak beraturan. Burung betina akan bertelur sebanyak 2- 5 butir berwarna abu-abu pucat, dengan bintik-bintik berwarna merah gelap.


Tepus gelagah terdiri atas 6 supspesies / ras, satu di antaranya terdapat di Indonesia :

  1. Timalia pileata bengalensis: Habitat di wilayah utara dan timur-laut India, wilayah selatan Nepal, Bangladesh, dan wilayah barat Myanmar.
  2. Timalia pileata smithi: Habitat di wilayah utara dan timur Myanmar, barat-laut Thailand , wilayah selatan China, wilayah utara dan tengah Laos, serta wilayah utara Vietnam.
  3. Timalia pileata intermedia: Habitat di wilayah tengah dan selatan Myanmar, serta wilayah barat Thailand.
  4. Timalia pileata patriciae: Habitat di wilayah barat-daya Thailand.
  5. Timalia pileata dictator: Habitat di wilayah timur-laut dan tenggara Thailand, serta wilayah selatan Indochina.
  6. Timalia pileata pileata: Habitat di wilayah barat Pulau Jawa.

Distribusi[sunting | sunting sumber]

Burung Tepus Gelagah ini asli dari Bangladesh, Kamboja, Cina, India, Indonesia, Laos, Myanmar, Nepal, Thailand, dan Vietnam . [1]

Suaka Margasatwa Sukla Phanta di Nepal mewakili batas barat penyebarannya . [2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Collar, NJ, Robson, C. (2007) Keluarga Timaliidae (Babblers) pp. 70 – 291 Dalam: del Hoyo, J., Elliott, A., Christie, DA (eds. ) Buku Pegangan Burung Dunia, Vol. 12: Picathartes ke Tits dan Chickadees. Lynx Edicions, Barcelona.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b BirdLife International (2012). "Timalia pileata". IUCN Red List of Threatened Species. 2012. Retrieved 26 November 2013.
  2. ^ Baral, H.S., Inskipp, C. (2009) The Birds of Sukla Phanta Wildlife Reserve, Nepal.