Tentara Don

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tentara Don
Донская армия
Don White Army.svg
Lambang Tentara Don
Aktif3 April 1918 – 24 Maret 1920
Negara Republik Don
AliansiBendera Rusia KJABRS
CabangAngkatan Bersenjata Rusia Selatan
Jumlah personel17,000 (Mei 1918)
52,500 (Oktober 1919)
38,000 (Februari 1920)
PertempuranPerang Saudara Rusia

Tentara Don (Rusia: Донская армия, Donskaya Armiya) adalah Angkatan Bersenjata berumur pendek dari Republik Don dan merupakan bagian dari gerakan Putih selama Perang Saudara Rusia. Angkatan bersenjata Ini beroperasi dari tahun 1918 hingga 1920, di wilayah Don dan kantor pusatnya terletak di kota Novocherkassk.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Setelah Revolusi Oktober 1917, sebuah konflik di Don pecah antara Bolshevik (merah) dengan Don Cossack (putih).

Di Novocherkassk, majelis Cossack, yaitu Krug, memilih Alexei Kaledin sebagai ataman pertama yang sah sejak masa pemerintahan Peter Agung. Mereka menolak untuk mengakui pemerintah Bolshevik dan menyatakan diri sebagai pelindung Rusia.[butuh rujukan]

Pada tanggal 2 Desember Cossack Kaledin merebut Rostov-on-Don, mengusir otoritas Bolshevik dan membentuk pemerintahan yang dipimpin oleh Mitrofan Petrovich Bogayevsky.

Perlawanan Bolshevik yang berpusat di Kamenskaya stanitsa bergabung dengan pasukan yang dikirim oleh Moskow.

Kaledin yang merasa tidak memiliki cukup kekuatan untuk melawan kaum Bolshevik akhirnya menembak dirinya sendiri pada tanggal 29 Januari 1918. Ia digantikan oleh jenderal mayor Anatoly Mikhailovich Nazarov. Nazarov meminta bantuan dari Pasukan Sukarelawan, tetapi ditolak. Pengunduran dirinya ditolak oleh sang krug, yang bersikeras bahwa ia memenuhi tugasnya sebagai 'putra Don Quiet yang sebenarnya'.[1] Nazarov akhirnya memutuskan untuk mengakhiri perang saudara dengan menyerah kepada kaum Bolshevik dan bertemu dengan perwakilan Merah, Sablin. Sablin menolak untuk mengakui otoritas Ataman dan menyatakan bahwa Cossack harus dihancurkan. Pada malam Februari 1918, sebuah detasemen Tentara Merah di bawah Letnan NM Golubov, menolak pertemuan dengan krug dan kemudian menangkap Nazarov serta ketuanya, yaitu Voloshinov. Mereka ditembak mati tanpa diadili pada 3 Maret. Kebijakan tentang Teror Merah dilakukan di sepanjang wilayah Don.

Beberapa stanitsa memberontak dan pada 3 April 1918 membentuk Angkatan Bersenjata Tentara Don yang baru selama Steppe March. Banyak Don Cossack juga berpartisipasi dalam Ice March Kornilov yang kemudian terkenal dari Februari hingga Mei 1918.

Pada 12 Mei 1918, seorang krug khusus (krug untuk keselamatan Don) menyatakan hak-hak lama dan seragam dipulihkan dan menyatakan perang terhadap kaum Bolshevik. Pyotr Krasnov, seorang prajurit dan penulis berbakat, terpilih sebagai Ataman baru.

Pada Musim Panas dan Musim Gugur 1918, Tentara Don Putih mengontrol wilayah Don, memutuskan jalur komunikasi Tentara Merah antara Moskow dan Kaukasus (memungkinkan Tentara Relawan Putih untuk mengalahkan Tentara Merah di Kaukasus Utara) dan mengancam posisi Tentara Merah di Tsaritsyn dan Voronezh serta Rostov-na-Donu.

Sebagian besar daerah Don pada tahun 1918 dikuasai oleh Bolshevik sebagai bagian dari Teror Merah. pada tahun 1919, mengangkat senjata melawan mereka, dalam apa yang dikenal sebagai Pemberontakan Veshenskaya. Para pemimpin utama Don, yaitu Pavel Nazarovich Kudinov dan Kharlampii Yermakov, memutuskan untuk bergabung dengan Tentara Don yang berpusat di kota Novocherkassk yang kemudian diperintah oleh Ataman Afrikan Bogayevsky. Peristiwa ini merupakan bagian penting dari epik Mikhail Sholokhovz dan Quiet Flows the Don . Memang, untuk waktu yang lama, Kudinov dan Yermakov, yang muncul dalam novel, yang dianggap sebagai cerita fiksi oleh masyarakat umum.

Pada musim dingin 1918-1919, di Front Selatan, Tentara Merah yang juga meliputi Kelompok Kozhevnikov, termasuk Tentara ke-8, Tentara ke-9, dan Tentara ke-10 melakukan serangan balik terhadap Tentara Don dan mendapatkan kembali kendali atas wilayah timur laut Donets dan sungai Manych.

Pasukan Don sering kali terpecah dan diganggu dengan rasa tidak sabar. banyak orang Cossack yang tidak ingin bertempur kecuali di wilayah mereka sendiri (Don).

Pada 8 Januari 1919, Angkatan Bersenjata Rusia Selatan atau VSYuR dibentuk dan Angkatan Darat Don membuat perjanjian untuk menjadi bawahan komandan Anton Denikin yang merupakan Komandan Tinggi VSYur.

Selama pertempuran sengit di musim gugur dan musim dingin 1919, Tentara Don menderita kerugian yang signifikan. Pada Januari dan Februari 1920, Don akhirnya dikalahkan oleh Tentara Merah di Kaukasus Utara. Sisa-sisa Tentara Don yang mengalami kekalahan diserahkan kepada Tentara Merah pada bulan maret dan april dan sebagiannya bergabung dengan barisan Tentara Merah.

Pada 24 Maret 1920, unit unit Tentara Don dipindahkan dari Novorossiysk ke Krimea. Dari sana, Tentara Don Terpisah kemudian dibentuk kembali, dan pada 1 Mei semua unit Don dimasukan ke dalam Kesatuan Tentata Don.

Komandan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pulver, Jeffrey (1920-07-01). "The Secular Music of Ancient Egypt (Concluded)". The Musical Times. 61 (929): 459. doi:10.2307/908780. ISSN 0027-4666. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]