Tentang Bulan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tentang Bulan
SutradaraAhmad Idham
ProduserDavid Teo
Ditulis oleh
  • Ahmad Idham
  • Meor Shariman (cerita asal)
Pemeran
Penata musik
SinematograferIndra Che Muda
Penyunting
  • Ahmad Mustadha
  • Nazim Shah
Perusahaan
produksi
Metrowealth Pictures
Tanggal rilis
  • 21 Desember 2006 (2006-12-21) (Malaysia)
Durasi80 minit
NegaraMalaysia
BahasaMelayu
AnggaranRM1.5 juta
Pendapatan
kotor
RM1 juta

Tentang Bulan adalah sebuah film drama komedi anak-anak Malaysia tahun 2006 yang disutradarai oleh Ahmad Idham dengan naskah dan cerita asli oleh Meor Shariman.[1][2] Ini berkisar pada kehidupan anak-anak di desa, kenakalan mereka dan tentang impian mereka ketika mereka dewasa.[3][4] Dibintangi oleh Aedy Ashraf, Fatin Afeefa, Erin Malek, Nasiruddin Nasir, Nik Adruce dan Nor Zam Zam Zakaria,[5][6] film ini dirilis di bioskop pada 21 Desember 2006.[7][8]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Seorang gadis meninggalkan bandara untuk kembali ke desanya untuk menghadiri pernikahan. Di dalam taksi, gadis itu mengingat masa kecilnya bersama 5 temannya. Pada tahun 1985, Asmawi, Bulat, Ketot, Budi dan Ila adalah 5 teman terdekat di desa itu. Mereka berlima memiliki kepribadian dan kejenakaan yang unik. Namun, semua orang tahu bahwa Asmawi yang paling tampan adalah pemimpin mereka.

Sebagai sebuah kelompok, mereka menjadi kuat karena masing-masing memiliki kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. Bulat adalah orang besar, Ketot adalah orang yang galak meskipun bertubuh kecil, Asmawi adalah pemimpin yang berdedikasi, Budi memiliki otak yang lincah sedangkan Ila melengkapi mereka semua.

Meski sering dikutuk karena tidak bertingkah laku seperti perempuan, Ila tidak memperdulikan perkataan orang lain karena ia tahu memiliki 4 sahabat dekat yang rela bersama dalam suka maupun duka. Kelima sahabat ini suka nongkrong sampai larut malam saat bulan purnama dan bermimpi suatu saat bisa pergi ke bulan.

Kehadiran Zurina, gadis yang baru saja pindah ke desa dan bersekolah, mulai mengancam persahabatan 5 temannya. Zurina tidak hanya cantik dan sopan tetapi memiliki karakteristik seorang gadis yang diimpikan setiap pria. Hal ini menyebabkan Asmawi, Bulat, Ketot dan Budi berlomba-lomba merebut hati Zurina dengan melakukan berbagai cara agar bisa dekat dengan Zurina.

Bahkan, mereka berempat meninggalkan aktivitas berat seperti bermain bola, melompat ke sungai dan memanjat pohon hanya karena ingin bermain di gubuk, lompat karet dan pamer bersama Zurina. Gara-gara Zurina juga, Ila merasa iri dan tersisih karena 4 teman laki-lakinya mulai fokus pada Zurina. Hal ini menyebabkan Ila mencoba untuk berubah menjadi seorang gadis namun perubahan ini hanya membuat Ila menjadi bahan tertawaan mereka. Ila menjadi marah dan menarik diri dari teman-temannya. Asmawi semakin dekat dengan Zurina namun lama kelamaan ia menyadari bahwa ia merindukan Ila.

Akhirnya Mawi menyadari bahwa tindakan mereka berlebihan dan salah. Namun, penyesalan itu sudah terlambat ketika Ila pergi dengan hati yang hancur ke Kuala Lumpur. Asmawi, Bulat, Ketot dan Budi melanjutkan persahabatan mereka dengan Zurina dan setiap malam bulan mengapung, mereka masih bermimpi pergi ke bulan. Tapi, mereka tetap merasa kehilangan.

Kembali di masa sekarang, Ila menghadiri pernikahan dari apa yang tampaknya menjadi sahabat mereka. Zurina menyadari kehadiran Ila dan tersenyum saat melihat Ila sebagai teman disusul Asmawi yang menjadi astronot, Bulat yang menjadi pedagang dan menikahi Zurina, Budi menjadi dokter dan Ketot menjadi politisi.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Aedy Ashraf sebagai Mawi
  • Fatin Afeefa sebagai Shahila
  • Erin Malek sebagai Zurina
  • Nik Adruce sebagai Abu/Bulat
  • Muhammad Nasirudin sebagai Ketot
  • Nor Zam Zam Zakaria sebagai Budi
  • Kuza sebagai Ibu Mawi
  • Zack Kool sebagai Bapa Mawi
  • Safura Yaacob sebagai Ibu Shahila
  • Sahronizam Noor sebagai Bapa Shahila
  • Zed Zaidi sebagai Abu/Bulat Dewasa
  • Yana Samsudin sebagai Zurina Dewasa
  • Syed Nahar (Syean) sebagai Ketot Dewasa
  • Shajiry sebagai Budi Dewasa
  • Yasmin Haron sebagai Shahila Dewasa
  • Muhamad Faiz sebagai Mawi Dewasa
  • Deen Wahab sebagai Pemandu Teksi
  • Osman Kering sebagai Tok Mudim
  • Naquiyudin Wong sebagai Guru Displin
  • Zaibo sebagai Guru Mengaji

Penerbitan[sunting | sunting sumber]

Tentang Bulan adalah film ke-20 yang diproduksi oleh Metrowealth Pictures dengan ide dan konsep orisinal oleh David Teo.[2][9][10] Film ini disutradarai oleh Ahmad Idham dengan naskhah dan cerita asli oleh Meor Shariman, mantan reporter hiburan The Malay Mail. Menurut Idham saat ditanya mengenai pemilihan judul film tersebut, "Simbolisme film ini adalah bagaimana bulan dijadikan sebagai tempat anak-anak untuk melampiaskan perasaannya. Di bawah gubuk sambil menatap bulan, Mawi, Ila, Ketot, Gemuk, Ina dan Budi saling berjanji demi persahabatan masing-masing. Bahkan bulan juga menjadi tempat mereka melepaskan perasaan dan mimpinya. Mawi, misalnya, berbicara tentang mimpinya menjadi astronot di malam bulan yang terapung,".[1][11]

Perlis dipilih sebagai lokasi film ini karena merupakan negara bagian kecil di utara semenanjung yang masih mempertahankan keaslian pemandangan pedesaannya dan sesuai dengan cerita yang berlatar tahun 1980-an. Idham menjelaskan selain pemandangannya yang indah, di kawasan tersebut banyak terdapat rumah-rumah tua serta tempat wisata yang menarik.[1] Gua dan air terjun merupakan salah satu keindahan wisata di negara bagian Perlis yang termasuk dalam About the Moon. Idham pun mengaku sangat puas dengan akting semua aktor cilik yang terlibat dalam film ini yang memenuhi keinginannya. Biaya pembuatan film ini diperkirakan mencapai RM1,5 juta dengan pembuatan film dimulai di Perlis pada Maret 2006.[1]

David juga mengatakan, banyak pihak, terutama para orang tua, mengaku begitu mengetahui keberadaan film ini, mereka menunjukkan ketertarikan untuk menontonnya karena film dengan konsep anak-anak Malaysia sangat dinanti.[2][12][13] Ia seperti dikutip Berita Harian mengatakan: "Film Melayu selama ini mengabaikan fungsi dan kontribusi anak-anak dalam sebuah film yang berfokus pada lingkungan hidupnya. Jika ada karakter anak-anak di film-film sebelumnya, itu hanya tempelan. Jadi, Tentang Bulan ingin mengisi kekosongan ini karena anak-anak juga merupakan generasi penerus yang harus dibina untuk mencintai film Melayu".[2] Selama syuting, Tengku Puteri Mahkota Perlis, Datuk Seri Sharifah Fazira Tuanku Syed Sirajuddin dan suaminya, Datuk Paduka Mohamad Yaakob Datuk Seri Azizul Hassan mengunjungi lokasi syuting. Mereka menghabiskan waktu hampir tiga jam untuk melihat proses syuting di samping ramah dengan kru produksi dan aktor. Kunjungan itu juga memungkinkan mereka untuk melihat adegan pernikahan.[2]

Rilis dan penerimaan[sunting | sunting sumber]

Tentang Bulan awalnya dijadwalkan untuk rilis pada bulan September 2006, namun secara resmi dirilis pada tanggal 21 Desember 2006 selama liburan sekolah.[2][14] Dalam lima hari dari pemutaran perdana resminya, film tersebut mengumpulkan RM600,000,[15] kemudian meningkat menjadi RM750,000 pada minggu kedua rilis.[16] Pada hari terakhir pertunjukan, ia berhasil mengumpulkan total RM1 juta.[17]

Akmal Abdullah, penulis Berita Harian menilai Tentang Bulan mampu "mengangkat nostalgia seluruh keluarga".[18] Mengomentari Metro Ahad, Shakilawati Abd Rahman dalam komentar awalnya menulis: "Film anak-anak yang bercampur unsur lucu dan sedih ini cukup menghibur bahkan mampu mengingat kembali nostalgia masa kecil sekitar tahun 80-an".[19]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Penerima/Karya tercalon Hasil
2007 Festival Filem Malaysia ke–20 Film Terbaik Tentang Bulan Nominasi
Aktor Cilik Terbaik Aedy Ashraf Nominasi
Fatin Afeefa Nominasi
Nik Adruce Nominasi
Sutradara Film Terbaik Ahmad Idham Nominasi
Skenario Terbaik Nominasi
Cerita Asli Terbaik Meor Shariman Nominasi

Adaptasi televisi[sunting | sunting sumber]

Serial drama TV yang diadaptasi dari film ini, Tentang Bulan The Series tayang perdana di Astro Prima mulai 28 April 2008, hampir dua tahun setelah film ini dirilis.[20]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Wanda Idris (31 Mac 2006). "Tentang Bulan uji kesabaran Ahmad Idham". Utusan Malaysia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 April 2006. Diakses tanggal 1 Januari 2015. 
  2. ^ a b c d e f Akmal Abdullah (7 April 2006). "Tentang Bulan janjikan kelainan". Berita Harian. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 April 2006. Diakses tanggal 1 Januari 2015. 
  3. ^ Farihad Shalla Mahmud (15 Disember 2006). "Tentang Bulan eratkan lima sahabat". Berita Harian. Diakses tanggal 1 Januari 2015. 
  4. ^ Rudy Imran Shamsuddin (9 Mei 2006). "Ragam kanak-kanak dalam Tentang Bulan". Harian Metro. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  5. ^ Hartati Hassan Basri (7 Disember 2006). "Enam bakal ukir nama". Harian Metro. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  6. ^ Shakilawati Abd Rahman; Maiamalina Mohamed Amin (10 Disember 2006). "Bakat si cilik". Metro Ahad. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  7. ^ "Pecah perut dek Tentang Bulan". Utusan Malaysia. 23 Disember 2006. Diakses tanggal 1 Januari 2015. 
  8. ^ Suzan Ahmad (17 Disember 2006). "Zaman kanak-kanak paling indah dikenang". Berita Minggu. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  9. ^ Zainuri Misfar (15 Mac 2006). "Metrowealth cuba filem kanak-kanak". Berita Harian. Diakses tanggal 1 Januari 2015. 
  10. ^ Wanda Idris (10 Mei 2006). "Tentang Bulan filem berisiko besar". Utusan Malaysia. Diakses tanggal 1 Januari 2015. 
  11. ^ Farihad Shalla Mahmud (23 Disember 2006). "Keletah Bulat, Ketot, Mawi ceriakan Tentang Bulan". Berita Harian. Diakses tanggal 1 Januari 2015. 
  12. ^ Serimah Mohd Sallehuddin (10 Mei 2006). "Filem Tentang Bulan percubaan berani David Teo". Berita Harian. Diakses tanggal 1 Januari 2015. 
  13. ^ Hartati Hassan Basri (16 Mac 2006). "David terbit filem kanak-kanak". Harian Metro. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  14. ^ Farihad Shalla Mahmud (12 Disember 2006). "Tentang Bulan mampu capai kutipan box-office". Berita Harian. Diakses tanggal 1 Januari 2015. 
  15. ^ Hartati Hassan Basri (27 Disember 2006). "Tentang Bulan bakar semangat". Harian Metro. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  16. ^ "Tentang Bulan kutip RM750,000". Berita Harian. 23 Disember 2006. Diakses tanggal 1 Januari 2015. 
  17. ^ Akmal Abdullah (21 Disember 2006). "Tentang Bulan bangkit nostalgia seisi keluarga". Berita Harian. Diakses tanggal 1 Januari 2015. 
  18. ^ Nurulhisham Abdul Latiff (5 Januari 2007). "@Sinepleks: Tentang Bulan cecah kutipan RM1 juta". Berita Harian. Diakses tanggal 1 Januari 2015. 
  19. ^ Shakilawati Abd Rahman (17 Disember 2006). "Tentang Bulan imbau kenangan alam kanak-kanak". Metro Ahad. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 
  20. ^ "Tentang Bulan The Series di Astro Prima". Metro Ahad. 20 April 2008. Diakses tanggal 1 Januari 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]