Tengkorak (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tengkorak
Index card
SutradaraYusron Fuadi
Protagonis
Performing arts production
  • Yusron Fuadi
  • Wikan Sakarinto
  • Eddi O.S. Hiariej
  • Anindita Suryarasmi
MusikKetut Sumerjana
Penampilan perdana18 Oktober 2018
Durasi114 menit

Tengkorak merupakan film indie produksi Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada yang dirilis pada tahun 2018.[1] Film ini bergenre science fiction yang naskah ditulis dan disutradarai oleh Yusron Fuadi.[1] Film Tengkorak meraih banyak apresiasi. Film ini berhasil ditayangkan di ajang Jogja Netpac Asian Film Festival Gala Special pada tahun 2017, serta Bali International Film Festival pada tahun 2018.[1][2] Film ini juga berhasil meraih nominasi Best Film Cinequest Internasional Film Festival untuk katagori Science Fiction & Thriller pada tahun 2018.[1][2][3]

Alur Cerita[sunting | sunting sumber]

Film ini berawal dari misteri yang tersibak setelah peristiwa bencana alam dahsyat yang terjadi di Yogyakarta pada tahun 2006. Warga desa menemukan jejak raksasa dan tengkorak berukuran 1.850 meter yang diduga usianya mencapai 170 ribu tahun di sebuah bukit.[3] Alhasil penemuan ini menimbulkan kegemparan. Perdebatan muncul di kalangan masyarakat biasa, agamawan, akademisi, dan para pejabat publik.

Penelitian tentang tengkorak raksasa ini dilakukan secara tertutup. Masyarakat awam tidak tahu hasil dari penelitian tersebut. Ilmuwan dan wartawan yang bertugas di sanapun dikawal petugas bersenjata. Hingga kemudian datang seorang mahasiswi bernama Ani yang magang di pusat penelitian tersebut. Ia dekat dengan ilmuwan senior di sana.

Suatu ketika pusat penelitian tersebut dipaksa ditutup. Semua ilmuwan dan petugas yang bekerja di sana dibunuh. Ani pun ikut menjadi sasaran pembunuhan berikutnya. Ada sebuah rahasia besar berkaitan dengan tengkorak raksasa tersebut yang harus dikubur.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Modal Rp2 Juta, Film Tengkorak Jadi Film Terbaik di Festival Film Cinequest&VR | kagama.co | Majalah Kagama Online". Diakses tanggal 2021-05-01. 
  2. ^ a b Pandiangan, Ester (2018-10-22). "5 Alasan Mengapa Anda Harus Menonton Film Tengkorak". Beauty Journal. Diakses tanggal 2021-05-01. 
  3. ^ a b "Tengkorak: Usaha Melokalkan Fiksi Ilmiah agar Lebih Membumi". tirto.id. Diakses tanggal 2021-05-01.