Tendangan salto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Tendangan sepeda)
Photograph of a football match
Bek Real Madrid Sergio Ramos (dalam putih) sedang melakukan tendangan salto saat melawan rival Athletic Bilbao di pertandingan La Liga pada tahun 2010.

Dalam sepak bola, tendangan salto, (dalam bahasa Inggris: Bicycle kick) juga dikenal sebagai tendangan overhead, adalah serangan akrobatik di mana seorang pemain menendang bola di bagian posisi tubuh membelakangi gawang. Hal ini dicapai dengan melemparkan tubuh ke belakang ke udara, sebelum turun ke tanah, membuat gerakan geser dengan tungkai bawah untuk mendapatkan kaki yang memukul bola di depan yang lain. Dalam kebanyakan bahasa, manuver ini dinamai baik gerakan bersepeda atau gerakan gunting yang menyerupai. Kompleksitasnya, dan kinerjanya yang tidak biasa dalam pertandingan sepak bola kompetitif, menjadikannya salah satu tendangan sepak bola yang paling terhebat sepanjang masa.

Tendangan salto dapat digunakan secara defensif untuk membersihkan bola dari mulut gawang atau secara ofensif untuk menyerang gawang lawan dalam upaya untuk mencetak gol. Tendangan salto adalah keterampilan sepak bola tingkat lanjut yang berbahaya bagi pemain yang tidak berpengalaman. Performanya yang sukses sebagian besar terbatas pada pemain paling berpengalaman dan atletis dalam sejarah sepak bola.

Buruh dari pelabuhan Pasifik Chili dan Peru kemungkinan melakukan tendangan salto pertama dalam pertandingan sepak bola, mungkin pada awal abad ke-19. Teknik canggih seperti tendangan salto dikembangkan dari adaptasi Amerika Selatan ke gaya sepak bola yang diperkenalkan oleh imigran Inggris. Pesepakbola Brasil Leônidas dan Pelé mempopulerkan keterampilan ini secara internasional selama abad ke-20. Sejak saat itu, tendangan salto mendapatkan daya pikat yang begitu luas sehingga, pada tahun 2016, FIFA (badan pengatur sepak bola) menganggap tendangan salto sebagai "pemandangan paling spektakuler dalam sepak bola".

Sebagai keterampilan ikonik, tendangan sepeda merupakan bagian penting dari budaya asosiasi sepak bola. Melakukan tendangan salto dalam pertandingan sepak bola kompetitif, khususnya dalam mencetak gol, biasanya mendapat perhatian luas di media olahraga. Tendangan salto telah ditampilkan dalam karya seni, seperti patung, film, iklan, dan sastra. Kontroversi atas penemuan dan penamaan gerakan ini telah menambah pujian tendangan dalam budaya populer. Manuver ini juga dikagumi dalam olahraga bola serupa, terutama dalam varian sepak bola asosiasi seperti futsal dan sepak bola pantai.

Nama[sunting | sunting sumber]

Tendangan salto dikenal dalam bahasa Indonesia dengan tiga nama: tendangan salto, tendangan overhead, dan tendangan gunting (terkadang disebut tendangan sepeda). Istilah "tendangan salto" menggambarkan aksi kaki saat tubuh berada di udara, menyerupai mengayuh sepeda.[1] Manuver ini juga disebut "tendangan overhead", yang mengacu pada bola yang ditendang di atas kepala,[2] atau "tendangan gunting", yang mencerminkan gerakan dua bilah gunting yang datang bersamaan. Beberapa penulis membedakan "tendangan gunting" mirip dengan tendangan salto, tetapi dilakukan menyamping atau miring;[3] penulis lain menganggapnya sebagai gerakan yang sama.[4]

Dalam bahasa selain bahasa Indonesia, namanya juga mencerminkan tindakan yang mirip. Jurnalis olahraga Alejandro Cisternas, dari surat kabar Chili El Mercurio, menyusun daftar nama-nama ini.[5] Dalam kebanyakan kasus, mereka mengacu pada gerakan seperti gunting tendangan, seperti ciseaux retourné Prancis (gunting kembali) dan psalidaki Yunani, atau aksi seperti sepeda, seperti pontapé de bicicleta Portugis.[5] Dalam bahasa lain, sifat tindakan dijelaskan: Fallrückzieher Jerman (tendangan jatuh ke belakang), przewrotka Polandia (tendangan terbalik), omhaal Belanda (seret berbalik), dan rovesciata Italia (tendangan terbalik).[5]

Pengecualian untuk pola penamaan ini ditemukan dalam bahasa yang menunjukkan gerakan dengan mengacu pada lokasi, seperti brassespark Norwegia (tendangan Brasil).[5][6] Pengecualian ini paling signifikan di Spanyol, di mana ada kontroversi sengit antara Chili dan Peru—sebagai bagian dari persaingan olahraga bersejarah mereka—atas nama tendangan sepeda; Orang Chili mengenalnya sebagai chilena, sementara orang Peru menyebutnya chalaca.[7] Bagaimanapun juga, gerakan ini juga dikenal dalam bahasa Spanyol dengan nama tijera dan tijereta yang tidak terlalu tendensius—keduanya merujuk pada gerakan mirip gunting manuver.[8]

Eksekusi[sunting | sunting sumber]

Diagram tahapan yang berbeda dalam tendangan salto
Tahapan pelaksanaan tendangan salto. R = kaki kanan.

Performa tendangan salto yang sukses umumnya membutuhkan keterampilan dan atletis yang hebat. Untuk melakukan tendangan salto, bola harus melayang di udara agar pemain dapat memukulnya saat melakukan backflip; bola bisa melayang di udara ke arah pemain, seperti dari umpan silang, atau pemain bisa menjentikkan bola ke udara. Kaki yang tidak menendang harus dinaikkan terlebih dahulu untuk membantu mendorong tubuh ke atas sementara kaki yang menendang melakukan lompatan. Saat melakukan lompatan, punggung tubuh harus bergerak ke belakang hingga sejajar dengan tanah. Saat tubuh mencapai ketinggian puncak, kaki yang menendang harus membentak ke arah bola saat kaki yang tidak menendang secara bersamaan diturunkan untuk meningkatkan kekuatan tendangan. Penglihatan harus tetap fokus pada bola sampai kaki menyentuhnya. Lengan harus digunakan untuk keseimbangan dan untuk mengurangi dampak dari jatuh.

Tendangan salto umumnya dilakukan dalam dua situasi, satu defensif dan yang lainnya ofensif. Tendangan sepeda defensif dilakukan ketika pemain yang menghadap ke gawang pihak mereka menggunakan aksi untuk membersihkan bola ke arah yang berlawanan dengan mulut gawang pihak mereka. Sejarawan olahraga Richard Witzig menganggap tendangan sepeda defensif sebagai langkah putus asa yang membutuhkan lebih sedikit tujuan daripada variasi ofensifnya. Tendangan salto ofensif digunakan saat pemain membelakangi gawang lawan dan berada di dekat mulut gawang. Menurut Witzig, tendangan sepeda ofensif membutuhkan konsentrasi dan pemahaman yang baik tentang lokasi bola. Tendangan salto juga bisa dilakukan di lini tengah, namun hal ini tidak disarankan karena umpan yang lebih aman dan akurat bisa dilakukan di zona ini.

Asal dan sejarah[sunting | sunting sumber]

Sementara membuat tendangan salto sudah setua permainan sepak bola itu sendiri (dimulai sekitar pertengahan 1800-an), "penemuan" gerakan ini telah dikreditkan kepada para pemain yang pertama kali melakukan tendangan salto yang sukses. Chili adalah cara mencetak gol yang sangat populer di kalangan pemain sepak bola Amerika Latin yang lebih berorientasi teknis. Salah satu pemain pertama yang melakukan teknik ini adalah Ramón Unzaga Asla, seorang gelandang Basque yang bermain untuk timnas Chili pada tahun 1910-an dan 1920-an. Pemain Brasil Leonidas da Silva mencetak skor 6-5 melawan Polandia di Strasbourg, 1938. Da Silva, bagaimanapun, memuji penemuan tendangan salto ke rekan senegaranya, Petronilho de Brito.

Penyebutan kata chilena pertama kali dilakukan pada tahun 1920 ketika Kejuaraan Amerika Selatan diadakan di Chili. Wartawan Argentina melihat Unzaga melakukan tendangan salto (tanpa mencetak gol) dan menyebutnya la chilena. Penjelasan lain untuk nama tersebut diberikan oleh pesepakbola Chili David Arellano yang memperkenalkan gerakan tersebut di Spanyol.

Meskipun pada tahun-tahun awal tendangan salto sebagian besar merupakan teknik Amerika Latin, Klaus Fischer dari Jerman dipandang sebagai ahli dalam tendangan sepeda. Tendangan salto pencetak golnya di musim 1976/77 secara resmi disebut sebagai "gol abad ini" di Jerman. Orang Jerman lainnya yang banyak mencetak gol melalui tendangan salto adalah Uwe Seeler.

Pelé juga dikenal karena suapnya. Dalam bahasa Inggris, tendangan salto disebut juga tendangan Pelé.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tyagi 2010, Football Terms.
  2. ^ Bischops & Gerards 2003, hlm. 88.
  3. ^ Lihat:
  4. ^ Lihat:
  5. ^ a b c d Alejandro Cisternas (23 March 2009). "En Todas Partes Se Llama Chilena". El Mercurio (dalam bahasa Spanyol). El Mercurio S.A.P. Diakses tanggal 7 July 2015. 
  6. ^ Coppock 2001, hlm. 139.
  7. ^ Lihat:
  8. ^ Lihat:

Link eksternal[sunting | sunting sumber]

  • Wikihow Indonesia – Panduan step-by-step untuk melakukan tendangan salto dalam bahasa Indonesia.