Tenchi Sōzō Design-bu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tenchi Sōzō Design-bu
Sampul manga volume pertama oleh Kodansha
天地創造デザイン部
(Tenchi Sōzō Dezain-bu)
Genre
Manga
Pengarang
  • Hebi-Zou
  • Tsuta Suzuki
IlustratorTarako
PenerbitKodansha
Penerbit bahasa Inggris
MajalahMonthly Morning Two
DemografiSeinen
Terbit22 Februari 2017 – sekarang
Volume8
Seri anime
SutradaraSōichi Masui
SkenarioMichiko Yokote
MusikHayato Matsuo
StudioAsahi Production
PelisensiCrunchyroll
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, MBS, TVA, BS-Fuji
Tayang 7 Januari 2021 25 Maret 2021
Episode12 + spesial
 Portal anime dan manga

Tenchi Sōzō Design-bu (Jepang: 天地創造デザイン部, Hepburn: Tenchi Sōzō Dezain-bu), yang dirilis dalam bahasa Inggris berjudul Heaven's Design Team, adalah seri manga Jepang yang ditulis oleh Hebi-Zou dan Tsuta Suzuki dan diilustrasikan oleh Tarako. Manga ini telah dimuat di majalah manga seinen milik Kodansha, Monthly Morning Two, mulai edisi Februari 2017. Lisensi manga ini didapatkan di Amerika Utara oleh Kodansha USA.[3] Adaptasi seri televisi anime dari manga ini diproduksi oleh Asahi Production dan ditayangkan mulai tanggal 7 Januari hingga tanggal 25 Maret 2021.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Kami-sama ("Dewa", dalam bahasa Indonesia) menciptakan bumi dan memenuhi dunia dengan sumber daya alam. Meskipun Kami-sama pada awalnya akan menciptakan hewan yang akan menghuni dunia, tugas itu diserahkan kepada tim perancang kreatif. Kami-sama umumnya mengirimkan tugas ke tim perancang kreatif untuk memenuhi ide-ide hewan dengan fitur unik berdasarkan deskripsi yang tidak jelas atau tujuan rancangan. Rancangan yang disetujui menjadi hewan, sedangkan rancangan yang ditolak kembali ke perancang untuk direvisi hingga ia puas. Di lain waktu, tim perancang kreatif dapat bebas membuat rancangan baru sesuai keinginan dan preferensi mereka sendiri dalam rancangan estetika dan fisik. Salah satu malaikat Kami-sama, Shimoda, ditugaskan untuk mengawasi tim perancang kreatif dan mengirim hewan baru yang potensial untuk mendapatkan persetujuan Kami-sama.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Karakter utama[sunting | sunting sumber]

Shimoda (下田, Shimoda)
Pengisi suara: Junya Enoki[4]
Malaikat pemula yang ditugaskan oleh Kami-sama untuk mengawasi tim perancang kreatif dan berperan sebagai titik komunikasi antara tim perancang kreatif dan Kami-sama. Tim perancang kreatif menyerahkan makalah yang berisi rincian dan ilustrasi hewan potensial mereka kepadanya dalam buku catatan yang dibawanya. Kami-sama kemudian mengiriminya pesan telepati langsung dengan keputusannya jika hewan itu disetujui atau ditolak. Meskipun penampilan dan kepribadiannya seperti orang dewasa, ia adalah malaikat yang relatif baru diciptakan dan tercatat memiliki tulisan tangan yang buruk. Ia juga seorang pembuat roti yang terampil dan kadang-kadang membuat kue kering untuk tim perancang kreatif.
Ueda (上田, Ueda)
Pengisi suara: Yumi Hara[4]
Atasan Shimoda sekaligus malaikat. Seperti Shimoda, ia terkadang menjadi titik komunikasi antara tim perancang kreatif dan Kami-sama untuk hasil hewan yang disetujui. Ia juga menjadi atasan dari berbagai departemen lain seperti departemen serangga.
Dewa sang Pencipta (神様, Kami-sama)
Pengisi suara: Naoki Tatsuta[5]
Dewa tak terlihat yang menyetujui rancangan hewan yang diajukan oleh tim perancang kreatif. Ia menetapkan kriteria yang harus dipenuhi oleh tim perancang kreatif saat mengajukan permintaan, membiarkan mereka merenungkan bagaimana menanganinya. Hal ini biasanya deskripsi yang tidak jelas dan diserahkan kepada tim perancang kreatif untuk menafsirkan dan merancang hewan. Menggunakan Shimoda atau Ueda, Ia menerima rancangan hewan tentatif dan menyampaikan kembali kepada mereka secara telepati jika telah disetujui atau ditolak. Di lain waktu, Ia sepertinya bisa mengawasi proses yang dilakukan oleh tim perancang kreatif dan langsung menyetujui rancangan tanpa pengajuan.

Tim perancang kreatif[sunting | sunting sumber]

Tsuchiya / Saturnus (土屋, Tsuchiya)
Pengisi suara: Kazuhiko Inoue[5]
Kepala tim perancang kreatif. Ia terus-menerus terobsesi dengan kuda, mahakarya terbesarnya. Ia sering mencoba memasukkan rancangan kudanya ke dalam berbagai permintaan rancangan yang dikirimkan oleh Kami-sama. Meskipun rancangan kuda yang mereka ajukan dimodifikasi, rancangan mereka sering ditolak seperti pegasus dan unikorn karena komplikasi biologis. Terlepas dari desakannya, anggota timnya tetap mendukungnya dan mendorongnya untuk maju, meskipun rancangan akhir seringkali tidak menarik pada akhirnya.
Kimura / Jupiter (木村, Kimura)
Pengisi suara: Yūichirō Umehara[5]
Anggota tim perancang kreatif yang paling riang dan jarang berseteru dengan sesama anggota timnya. Ia adalah seorang pecinta kuliner dan sebagian besar rancangannya dimaksudkan untuk dimakan. Ia juga tidak segan-segan untuk mencoba mencicipi hewan sesama anggota timnya, bahkan jika mereka beracun, tetapi ia mengetahui apakah mereka enak dimakan. Ia juga bertindak seperti detektif pada kesempatan setiap kali sebuah misteri terjadi di departemen. Karya terbesarnya adalah sapi.
Mizushima / Merkurius (水島, Mizushima)
Pengisi suara: Junichi Suwabe[5]
Anggota tim perancang kreatif yang menyendiri. Tidak seperti kebanyakan rekan satu timnya, ia tidak memiliki karakteristik khusus dalam merancang hewannya selain membuat mereka dirancang seefisien mungkin. Selain Higuchi, ia biasanya yang menunjukkan masalah dengan desain rekan satu timnya. Karya terbesarnya adalah ular, yang dipertahankannya, biasanya membuatnya bertentangan dengan Kanamori di mana rancangan burungnya sering dimangsa oleh ularnya.
Kanamori / Venus (金森, Kanamori)
Pengisi suara: Daisuke Kishio[5]
Anggota tim perancang kreatif yang flamboyan dengan perhatian pada keindahan dan karakteristik, dasar untuk rancangan mereka. Sebagian besar rancangan mereka adalah burung karena merekalah yang merancang model burung asli, karya terbesar mereka. Mereka adalah satu-satunya anggota tim perancang kreatif yang secara teratur berganti pakaian dan memiliki kecenderungan menjadi terlalu dramatis dalam beberapa situasi, tidak suka menetap pada rancangan mereka jika mereka tidak benar-benar indah secara estetika menurut pendapat mereka. Ia sangat membenci serangga pada umumnya, tetapi ia bersedia menggunakan saran dari departemen serangga untuk menyelesaikan rancangan jika benar-benar diperlukan seperti burung kolibri.
Meido / Pluto (冥戸, Meido)
Pengisi suara: Naomi Ōzora[5]
Anggota tim perancang kreatif yang berpakaian dengan gaya punk-lolita dan memiliki obsesi mendalam untuk menciptakan fitur-fitur mengerikan ke dalam rancangannya. Banyak dari rancangan binatangnya beracun, kanibal dan parasit, yang semuanya dianggap lucu. Rancangannya cenderung memiliki rentang penampilan terluas dari hiu hingga koala. Sebelumnya, ia dulu bekerja di departemen tanaman, tetapi ia dipindahkan setelah merancang pabrik karnivora. Ia membawa boneka mewah berbentuk Anomalocarida. Karya terbesarnya adalah katak beracun.
Unabara / Neptunus (海原, Unabara)
Pengisi suara: Ryōta Takeuchi[5]
Anggota tim perancang kreatif yang berpostur tinggi dan besar, tetapi ia sebaliknya yang paling lembut dan sensitif. Ia memiliki mata untuk menciptakan binatang lucu seperti yang terlihat dari boneka kelinci yang biasa dibawanya. Karya terbesarnya adalah kanguru dan kemudian berang-berang laut.
Higuchi / Mars (火口, Higuchi)
Pengisi suara: Asuna Tomari[5]
Arsitek utama tim perancang kreatif dan membuat draf hewan yang dibuat oleh tim untuk pengujian. Ia berpendirian tentang rancangan akhir dan dapat mengidentifikasi sebagian besar masalah yang dimiliki dari draf itu. Semangatnya untuk menciptakan hewan terkadang bisa agresif, tetapi ia secara keseluruhan sangat ramah kepada anggota tim lainnya. Ia juga mengelola dan memelihara Kepulauan Galápagos, sebuah pulau simulasi yang dimaksudkan untuk menguji kiriman baru di alam liar, di mana ia dapat bebas mengubah bioma dan memanipulasi cuaca untuk menguji hewan sepenuhnya.

Karakter lain[sunting | sunting sumber]

Yokota (横田, Yokota)
Pengisi suara: Ryōta Ōsaka[5]
Perwakilan neraka dan bukan anggota tim perancang kreatif, tetapi dengan cara yang mirip dengan Kami-sama, ia menugaskan tim perancang kreatif untuk menciptakan makhluk neraka untuk menghuni dunia, yaitu untuk taman hiburan neraka yang sedang dibangun. Ia dulu adalah seorang malaikat dan sangat mirip dengan Shimoda, kecuali rambutnya yang putih. Ia berbicara dengan gaya chūnibyō.
Mushibu (虫部, Mushibu)
Pengisi suara: Takahiro Mizushima[5]
Anggota departemen sampingan yang didedikasikan untuk merancang serangga, meskipun tim perancang kreatif terkadang datang kepada mereka untuk mendapatkan inspirasi saat membuat gambar hewan mereka. Ada tujuh anggota tim perancang kreatif, tetapi mereka semua memiliki penampilan yang sama selain dari warna kaos yang berbeda. Mereka juga sesekali berbicara serempak.
Kenta (土屋 ケンタ, Tsuchiya Kenta)
Pengisi suara: Hina Kino[5]
Cucu Tsuchiya yang kadang-kadang mengunjungi tim perancang kreatif. Gambar kekanak-kanakannya terkadang menjadi hewan yang disetujui. Seperti cucunya, ia juga mencintai kuda.

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Manga Tenchi Sōzō Design-bu ditulis oleh Hebi-Zou dan Tsuta Suzuki dan diilustrasikan oleh Tarako. Manga ini dimuat di majalah manga seinen milik Kodansha, Monthly Morning Two, pada tanggal 22 Februari 2017.[6] Kodansha telah menerbitkan bab-babnya ke dalam volume tankōbon. Volume pertama manga ini dirilis pada tanggal 22 November 2017.[7]

Di Amerika Utara, Kodansha USA mengumumkan rilis digital berbahasa Inggris dari manga ini pada bulan April 2018.[8] Kodansha mengumumkan rilis cetak manga ini pada bulan November 2019, dengan volume pertama dirilis pada tanggal 20 Oktober 2020.[9][10]

No.Tanggal rilis bahasa JepangISBN bahasa JepangTanggal rilis versi bahasa InggrisISBN versi bahasa Inggris
1 22 November 2017[7]ISBN 978-4-06-510461-38 Mei 2018 (digital)
20 Oktober 2020 (fisik)[10]
ISBN 978-1-64-651113-6
2 22 Juni 2018[11]ISBN 978-4-06-511712-530 Oktober 2018 (digital)
8 Desember 2020 (fisik)[12]
ISBN 978-1-64-651129-7
3 23 Januari 2019[13]ISBN 978-4-06-514673-618 Juni 2019 (digital)
23 Februari 2021 (fisik)[14]
ISBN 978-1-64-651130-3
4 23 Agustus 2019[15]ISBN 978-4-06-516885-124 Desember 2019 (digital)
30 Maret 2021 (fisik)[16]
ISBN 978-1-64-651131-0
5 23 April 2020[17]ISBN 978-4-06-510461-329 September 2020 (digital)
13 Juli 2021 (fisik)[18]
ISBN 978-1-64-651154-9
6 21 Januari 2021[19]ISBN 978-4-06-521855-629 Juni 2021 (digital)
21 September 2021 (fisik)[20]
ISBN 978-1-64-651268-3
7 21 Oktober 2021[21]ISBN 978-4-06-524640-519 Juli 2022 (fisik)[22]ISBN 978-1-64-651354-3
8 22 Juli 2022[23]ISBN 978-1-68-491921-528 Februari 2023 (fisik)[24]ISBN 978-1-64-651440-3

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi seri televisi anime dari manga ini diumumkan pada bulan April 2020.[1] Seri ini disutradarai oleh Sōichi Masui dan diproduksi oleh Asahi Production, dengan naskah yang ditulis oleh Michiko Yokote, karakter yang dibuat oleh Sachiko Oohashi dan musik yang disusun oleh Hayato Matsuo. Seri ini ditayangkan mulai tanggal 7 Januari hingga tanggal 25 Maret 2021 di AT-X dan saluran lainnya.[25][26] Episode spesial seri ini dirilis pada tanggal 2 April 2021. Muse Communication telah mendapatkan lisensi seri ini di Asia Tenggara dan Asia Selatan,[27] sedangkan Crunchyroll mendapatkan lisensi seri ini di Amerika Utara.[28] Lagu tema pembukanya berjudul "Give It Up?" yang dibawakan oleh "96Neko" (96猫, "Kuro Neko"), sedangkan lagu tema penutupnya berjudul "DESIGNED BY HEAVEN!" yang dibawakan oleh "Paraiso☆Employee Stars" (パライソ☆社員スターズ, "Paraiso☆Shain Sutāzu").[29]

No.Judul [30][31]Sutradara [a]Penulis skenarioTanggal tayang asli [32]
1"Idea 1"
Transkripsi: "Anken Ichi" (案件1)
Takashi KobayashiMichiko Yokote7 Januari 2021 (2021-01-07)
Shimoda adalah malaikat baru yang bertugas menjadi mediator antara Kami-sama dan departemen perancangan kreatif surga. Ketika Shimoda baru datang, ia langsung mengikuti rapat pertama bersama departemen perancangan kreatif surga. Topik rapat kali ini adalah perintah Kami-sama untuk membuat hewan yang bisa makan daun di tempat tinggi. Kemudian, proposal pun diajukan oleh para perancang yang ada.
2"Idea 2"
Transkripsi: "Anken Ni" (案件2)
Yōsuke NakanishiMichiko Yokote14 Januari 2021 (2021-01-14)
Shimoda diajak oleh Ueda bertemu dengan departemen serangga dan ternyata departemen tersebut diisi oleh sekelompok orang unik. Lalu, sepulang dari sana, mereka mendapat perintah dari Kami-sama untuk membuat "hewan imut tetapi enggak imut". Perintah itu perintah yang aneh sekaligus membingungkan. Namun, tanpa diduga, Meido yang biasanya hanya membuat hewan imut saja, tertantang untuk melaksanakan perintah tersebut.
3"Idea 3"
Transkripsi: "Anken San" (案件3)
Kenta NodaMichiko Yokote21 Januari 2021 (2021-01-21)
Di bawah langit penuh gemuruh, seorang pria berjubah misterius memanggil makhluk dari suatu lingkaran sihir, yang ternyata adalah naga. Kali ini, Shimoda dan rekan-rekannya sedang menjadikan naga sebagai referensi untuk melaksanakan perintah dari Kami-sama, yakni membuat hewan yang bisa terbang tanpa sayap. Namun, tiba-tiba datanglah Mizushima dalam keadaan panik.
4"Idea 4"
Transkripsi: "Anken Yon" (案件4)
Yasuo EjimaMichiko Yokote28 Januari 2021 (2021-01-28)
Kanamori mendapat perintah khusus dari Kami-sama dan karena teman-temannya sibuk, akhirnya ia menciptakan rancangannya sendiri. Namun, revisinya berulang dengan tak ada arahan jelas sedari awal, membuat Kanamori sangat kesal.
5"Idea 5"
Transkripsi: "Anken Go" (案件5)
Yōsuke NakanishiMichiko Yokote4 Februari 2021 (2021-02-04)
Setelah insiden panda, Ueda pun ditugaskan oleh Kami-sama ke neraka. Di tengah kecemasan Shimoda yang berpikir kalau kesalahannya membuat Ueda diusir ke neraka, tiba-tiba seorang pria misterius datang ke departemen perancangan kreatif surga. Rupanya, ia adalah Yokota, perwakilan dari neraka yang ingin membuat taman hiburan di neraka. Namun, ada satu kendala yang dihadapinya. Yakni, ia belum punya maskot untuk taman itu. Ia pun meminta para perancang untuk membuat makhluk yang cocok jadi maskot taman hiburan neraka.
6"Idea 6"
Transkripsi: "Anken Roku" (案件6)
Takashi KobayashiMichiko Yokote11 Februari 2021 (2021-02-11)
Setelah diberi izin oleh Kami-sama, para anggota departemen perancangan kreatif surga pun tamasya ke Kepulauan Galápagos. Saat mereka menikmati onsen dan penginapannya, tiba-tiba Mizushima ditemukan terbaring dalam kondisi berdarah. Seorang detektif jadi-jadian bernama Kimura mencoba menyelesaikan kasus ini. Tanpa diduga, kunci penyelesaian kasus ini adalah perintah Kami-sama pada Kanamori, yakni merancang "hewan yang jantannya bisa menyusui".
7"Idea 7"
Transkripsi: "Anken Nana" (案件7)
Takahiro ŌtsukaMichiko Yokote18 Februari 2021 (2021-02-18)
Suatu malam, Unabara merasakan adanya tatapan misterius di kamar mandi. Lalu, hal itu dijadikan perintah oleh Kami-sama, yakni hewan yang tampak tidak ada, tetapi sebenarnya ada. Para anggota departemen perancangan kreatif surga bingung terhadap perintah tersebut, tetapi mereka akhirnya bereksperimen dengan cumi-cumi yang dulu pernah digambar oleh Meido.
8"Idea 8"
Transkripsi: "Anken Hachi" (案件8)
Yōsuke NakanishiMichiko Yokote25 Februari 2021 (2021-02-25)
Kimura diperintah oleh Kami-sama untuk membuat makhluk di mana tulang adalah senjatanya dan ia pun merancang ulang tulang rusuknya sendiri sebagai contoh. Terkadang ia merusak tulang rusuknya, terkadang ia kekurangan oksigen. Dengan usaha berulang kali seperti ini, ia harus bisa membuat makhluk yang kuat dan keren.
9"Idea 9"
Transkripsi: "Anken Kyū" (案件9)
Takashi KobayashiMichiko Yokote4 Maret 2021 (2021-03-04)
Setelah mendapat perintah baru dari Tuhan yaitu "hewan yang merangsang naluri keibuan", Shimoda dan Meido pun mencari naluri keibuan dari berbagai makhluk hidup. Mereka pun memelajari apa itu "cinta", termasuk cinta orang tua pada anaknya, tetapi cinta yang dipahami oleh Meido justru memiliki kesan yang unik.
10"Idea 10"
Transkripsi: "Anken Jū" (案件10)
Yasuo EjimaMichiko Yokote11 Maret 2021 (2021-03-11)
Suatu hari, Shimoda datang ke kerajaan bawah tanah karena alasan tertentu. Kerajaan ini ialah negeri "hewan yang menciptakan lingkungan komunitas sempurna" dengan Ratu sebagai posisi puncak. Sebuah komunitas yang penampilannya serupa, tidak ada penuaan dan memprioritaskan kebahagiaan seluruh anggota komunitas. Tempat ini adalah tempat yang ideal, tetapi ada kebenaran yang tersembunyi di dalamnya.
11"Idea 11"
Transkripsi: "Anken Jūichi" (案件11)
Yōsuke NakanishiMichiko Yokote18 Maret 2021 (2021-03-18)
Kawan-kawan Shimoda terlempar ke Kepulauan Galápagos oleh ledakan akselerator waktu. Terlebih, mereka semua kembali muda. Tanpa diduga, latar Kepulauan Galápagos adalah hutan yang sangat berbahaya. Shimoda dan Tsuchiya pun ingin menolong mereka semua. Tetapi, Shimoda dan Pak Tsuchiya menemui anggota departemen serangga dan Higuchi. Karena hutannya berbahaya, mereka pun menyusun rencana untuk menemukan kawan-kawan lainnya. Caranya adalah dengan menggunakan alat dari serangga yang dapat mendeteksi bau SOS.
12"Idea 12"
Transkripsi: "Anken Jūni" (案件12)
Takashi KobayashiMichiko Yokote25 Maret 2021 (2021-03-25)
Para perancang diminta Kami-sama untuk membuat hewan yang bisa digunakan di neraka dan Bumi sebagai hadiah atas pembukaan departemen penjualan perusahaan neraka. Untuk melengkapi perintah itu, Yokota ingin jika hewan tersebut juga bisa membuat malaikat kaget. Dengan perintah yang cukup rumit itu, para perancang pun berusaha sekuat tenaga merancang hewan itu.
Spesial"Edisi spesial"
Transkripsi: "Tokubetsu-hen" (特別編)
Yasuo EjimaMichiko Yokote2 April 2021 (2021-04-02)
Beberapa hari setelah perjalanan ke neraka, departemen perancangan kreatif surga bekerja seperti biasanya. Kanamori sedang membantu Meido membuat telur untuk hiu dengan bentuk yang beraneka ragam dan akhirnya rancangan itu disetujui. Mengetahui rancangan uniknya disetujui, Kanamori pun berujar bahwa ia ingin mendapatkan perintah serupa untuk burung. Mendengar hal itu, Shimoda langsung mengungkit perintah "burung tak bertelur" yang diserahkan pada Kanamori tempo hari. Kanamori terkejut mendengarnya karena ia sedari awal berniat melupakan perintah aneh itu. Menurutnya, burung yang tak bertelur itu sudah bukan burung lagi. Tetapi, pada akhirnya, perintah klien itu mutlak. Mau tak mau Kanamori harus mencoba merancang burung tak bertelur itu.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Informasi diambil dari kredit akhir setiap episode.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Heaven's Design Team Workplace Comedy Manga Gets TV Anime". Anime News Network. 21 April 2020. Diakses tanggal 21 April 2020. 
  2. ^ Chapman, Paul (1 Februari 2021). "Heaven's Design Team Shares Fruits of Science Museum Collab". Crunchyroll. Diakses tanggal 2 Februari 2021. 
  3. ^ "Kodansha Comics Announces 5 New Digital First Manga Licenses for May". Anime News Network. 26 April 2018. Diakses tanggal 24 April 2020. 
  4. ^ a b Harding, Daryl. "1st Cast Members Descend from Above for Heaven's Design Team TV Anime". Crunchyroll (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 20 Juli 2020. 
  5. ^ a b c d e f g h i j k "Heaven's Design Team Anime's Teaser Unveils More Cast". Anime News Network. 19 Agustus 2020. Diakses tanggal 19 Agustus 2020. 
  6. ^ 「ALL OUT!!」大原野の抱き枕カバーが全サに、動物デザイン下請けコメディも. Natalie (dalam bahasa Jepang). Natasha, Inc. 22 Februari 2017. Diakses tanggal 2 Februari 2021. 
  7. ^ a b 天地創造デザイン部(1) (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 10 Desember 2021. 
  8. ^ Ressler, Karen (26 April 2018). "Kodansha Comics Announces 5 New Digital First Manga Licenses for May". Anime News Network. Diakses tanggal 2 Februari 2021. 
  9. ^ Mateo, Alex (17 November 2019). "Kodansha Comics Announces 12 Digital Manga Licenses, 4 Manga Print Releases". Anime News Network. Diakses tanggal 2 Februari 2021. 
  10. ^ a b "Heaven's Design Team 1". Penguin Random House. Diakses tanggal 10 Desember 2021. 
  11. ^ 天地創造デザイン部(2) (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 10 Desember 2021. 
  12. ^ "Heaven's Design Team 2". Penguin Random House. Diakses tanggal 10 Desember 2021. 
  13. ^ 天地創造デザイン部(3) (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 10 Desember 2021. 
  14. ^ "Heaven's Design Team 3". Penguin Random House. Diakses tanggal 10 Desember 2021. 
  15. ^ 天地創造デザイン部(4) (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 10 Desember 2021. 
  16. ^ "Heaven's Design Team 4". Penguin Random House. Diakses tanggal 10 Desember 2021. 
  17. ^ 天地創造デザイン部(5) (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 10 Desember 2021. 
  18. ^ "Heaven's Design Team 5". Penguin Random House. Diakses tanggal 10 Desember 2021. 
  19. ^ 天地創造デザイン部(6) (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 10 Desember 2021. 
  20. ^ "Heaven's Design Team 6". Penguin Random House. Diakses tanggal 10 Desember 2021. 
  21. ^ 天地創造デザイン部(7) (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diakses tanggal 10 Desember 2021. 
  22. ^ "Heaven's Design Team 7". Penguin Random House. Diakses tanggal 10 Desember 2021. 
  23. ^ 天地創造デザイン部(8) [Heaven's Design Department (8)] (dalam bahasa Jepang). Kodansha. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 Juli 2022. Diakses tanggal 22 Juli 2022. 
  24. ^ Heaven's Design Team 8. Kodansha USA. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Maret 2023. Diakses tanggal 22 Juli 2022. 
  25. ^ Harding, Daryl. "Heaven's Design Team TV Anime Descends for Broadcast in January 2021". Crunchyroll (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 12 Maret 2022. 
  26. ^ Loo, Egan (20 November 2020). "Heaven's Design Team Anime's Full Promo Video Unveils January 7 Premiere". Anime News Network. Diakses tanggal 20 November 2020. 
  27. ^ Pineda, Rafael Antonio (21 Oktober 2020). "Muse Asia Licenses Heaven's Design Team Anime". Diakses tanggal 21 Oktober 2020. 
  28. ^ "FINAL UPDATE: Crunchyroll Announces Winter 2021 Anime Lineup! (1/5)". Crunchyroll. 5 Januari 2021. Diakses tanggal 6 Januari 2021. 
  29. ^ "Burūrei & Dībuidī & Shīdī|Terebi Anime "Tenchi Sōzō Dezain-bu" Kōshiki Saito" BD&DVD&CD|TVアニメ「天地創造デザイン部」公式サイト [BD & DVD & CD|TV Anime "Heaven's Design Team" Official Website]. tendebu.jp (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 November 2020. Diakses tanggal 20 November 2020. 
  30. ^ "Sutōrī|Terebi Anime "Tenchi Sōzō Dezain-bu" Kōshiki Saito" STORY|TVアニメ「天地創造デザイン部」公式サイト [Story|TV Anime "Heaven's Design Team" Official Website]. tendebu.jp (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 7 Januari 2021. 
  31. ^ "Heaven's Design Team - Watch on Crunchyroll". Crunchyroll. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 Januari 2021. Diakses tanggal 7 Januari 2021. 
  32. ^ "On'ea|Terebi Anime "Tenchi Sōzō Dezain-bu" Kōshiki Saito" ON AIR|TVアニメ「天地創造デザイン部」公式サイト [On Air|TV Anime "Heaven's Design Team" Official Website]. tendebu.jp (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 November 2020. Diakses tanggal 20 November 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]