Templat:Tanpa kutipan/doc

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Penggunaan[sunting sumber]

Templat ini menandai artikel yang sudah mengutip dalam jumlah yang dirasa sudah cukup dalam sumber tepercaya, tetapi menggunakan kombinasi antara kutipan baris dan referensi umum yang tidak saling berkaitan. Semua materi dalam artikel harus dapat dipastikan, tetapi selain artikel bagus dan artikel pilihan tidak memerlukan penggunaan kutipan baris kecuali untuk mendukung kutipan langsung, materi yang rawan, atau materi yang memuat biografi tokoh yang masih hidup.

Kutipan baris adalah setiap sistem kutipan yang diberikan langsung di belakang pernyataan artikel. Jangan digunakan untuk menandai artikel yang tata cara pengutipannya bertentangan dengan pedoman pengutipan.

Untuk artikel yang tidak membutuhkan referensi umum, tetapi membutuhkan lebih banyak kutipan gunakan {{Tambah referensi}}.

Cara menggunakan[sunting sumber]

Salin dan tempel:

atau

Keduanya hasilnya akan sama

Boleh dipasang pada subbab "Referensi" atau "Catatan kaki".

Parameter tak bernama opsional:

akan mengubah frasa "Artikel ini" menjadi ".... ini", contohnya {{Tanpa kutipan/doc|Daftar}} atau {{Tanpa kutipan/doc|Tabel}}. Templat ini tidak dipasang pada subbab "Referensi".

Akan menambahkan artikel ke Kategori:Artikel kurang kutipan baris.

Memiliki parameter opsional |BLP= khusus untuk biografi tokoh yang masih hidup dengan standar penulisan yang lebih tinggi.

Anda boleh menambahkan |small=yes untuk membuat templat ini kecil dan rata kiri. Bentuk ini diikuti oleh parameter |sectiondan bila ditaruh pada subbab Referensi (umumnya setelah {{Reflist}} dan sebelum kumpulan "referensi umum" yang tidak dikutip pada tubuh artikel).

Untuk mengubah dari "tidak diverifikasi seutuhnya" ke "tidak diverifikasi sebagian", gunakan parameter |partial=yes or |partial=y. Ini cocok untuk artikel yang tak memiliki jumlah kutipan baris yang signifikan tetapi juga memiliki kumpulan referensi umum yang tak dikutip pada baris artikel. (Jangan mengelirukan ini dengan artikel yang dalam satu bagian referensi menggunakan kutipan baris pendek untuk karya yang sama lebih lengkap ditentukan di bagian referensi kedua.)

Parameter ini usang: |suffix= (gunakan parameter tak bernama yang pertama).

Contoh[sunting sumber]


TemplateData[sunting sumber]

Ini dokumennya TemplateData untuk template ini digunakan oleh VisualEditor dan alat lainnya; lihat laporan penggunaan parameter bulanan untuk templat ini.

TemplateData untuk Tanpa kutipan

Indicates that the article cites a sufficient number of reliable sources, but uses an inappropriate combination of inline citations and general references.

Parameter templat

Templat ini lebih menyukai format parameter dalam satu baris.

ParameterKeteranganJenisStatus
Datedate

Date the template was added

Contoh
April 2016
Nilai otomatis
{{SUBST:CURRENTMONTHNAME}} {{SUBST:CURRENTYEAR}}
Katawajib diisi
Biography of Living PersonsBLP blp

Whether this is a biography of a living person. If the parameter's value is 'yes', this will indicate that the article is a biography of a living person, which has higher standards for further reading and external links.

Contoh
yes
Kataopsional
Type1

Indicate a part of the page that the template is referring to instead of the entire article, typically "section"

Contoh
section
Kataopsional
partially unsourcedpartial

Changes the wording 'largely unsourced' to 'partially unsourced' for cases in which many inline citations are present along with a list of sources not yet used in inline citations.

Contoh
yes
Kataopsional

Pengalihan[sunting sumber]

Lihat pula[sunting sumber]