Templat:Iklan Wikipedia/doc

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
purge

Templat ini menampilkan gaya pengumuman seperti spanduk situs, hampir seluruhnya dianimasi, untuk berbagai keperluan pemeliharaan, ProyekWiki, kebijaksanaan, panduan, proses pelaksanaan, seperti BintangWiki, artikel pilihan dan ringkasan suntingan.

Iklan berganti secara acak setiap kali halaman berubah, dan dapat diulang secara manual dengan menggunakan "iklan lainnya" yang terdapat di kanan-bawah kotak iklan. Dengan meng-klik iklan, Anda akan dialihkan kehalaman yang dimaksud; "info berkas" akan membawa Anda ke halaman penjelasan gambar.

Iklan pada halaman Anda[sunting sumber]

Anda dapat menyertakan kotak iklan pada halaman pengguna atau halaman pembicaraan hanya dengan menyunting halaman Anda dan menambahkan {{Wikipedia iklan}} pada tempat yang sesuai. Hal ini akan menghasilkan:

Parameter[sunting sumber]

Templat ini dengan sendirinya akan menampilkan iklan-iklan secara acak dari keseluruhan. Parameter berikut mendukung tampilan:

Parameter dan nilai Keterangan
ad=nomor iklan Hanya menampilkan iklan yang dimaksud.
linkcolor=color Mengubah warna pranala (dalam bahasa Inggris).
color=color Mengubah warna teks (dalam bahasa Inggris).
background=color Mengubah warna latar belakang; templat ini pada dasarnya memiliki warna transparan.
float=position Iklan akan dijajarkan mengikuti teks, contoh float=right.
nolinks Menyembunyikan pranala dibawah templat. Harap hal ini dihindari, karena pranala ke "info berkas" merupakan cara satu-satunya untuk melihat informasi ijin dan kepemilikan dari sebuah berkas (pada dasarnya hal ini dapat pula dilakukan dengan meng-klik berkas tersebut).
navbox Menampilkan tabel iklan keseluruhan, dan bukan hanya satu atau sebagian.

Menyembunyikan iklan[sunting sumber]

Jika Anda tidak ingin melihat iklan-iklan ini, Anda dapat menyembunyikannya dengan menambahkan kode pada monobook.css Anda sebagai berikut:

.qxz-ads {display: none;}

Para pengguna dengan kulit tampilan lain harus menggunakan subhalaman untuk kulit tersebut (contoh:standard.css).

Iklan sekarang[sunting sumber]

Templat ini disiapkan dan diterapkan oleh Gurch dan ditulis ulang kemudian oleh Svick. Berkas-berkas yang ada, dibuat oleh banyak pengguna berbeda, lihat pejelasan di bawah.

Klik "[tampilkan]" pada box dibawah untuk mengembangkan daftar dari iklan seluruhnya.

Membuat iklan[sunting sumber]

Jika Anda ingin membuat sendiri sebuah iklan, Anda dapat melakukannya. Akan tetapi, (Inggris) (here is a guide to help you make the ads - bagaimana membuat iklan). Supaya templat ini dapat berfungsi sebagaimana mestinya, harap dipastikan bahwa berkas tersebut memenuhi kriteria:

  • dalam format GIF (multi-frame) atau PNG (single-frame).
  • lebar 468 pixel ; tinggi 60 pixel.

Sebagai tambahan, persyaratan berikut harus dihormati untuk mejaga hak cipta dan kebijaksanaan penggunaan berkas Wikipedia tidak langgar:

  • Jika berkas lain diperlukan (sebuah hasil gabungan), hanya dapat menyertai berkas-berkas yang berada dalam izin bebas atau berada dalam public domain
  • Berkas tersebut harus dilepas dibawah ijin bebas atau kepada public domain.
  • (Inggris) Sejumlah lisensi bebas menetapkan bahwa karya-karya derivatif juga harus menggunakan lisensi tersebut (misalnya, Creative Commons Attribution Share-Alike 2.0). If an ad contains images under such a license, the ad itself must also be released under that license.
  • Berkas yang tidak bebas, tidak dapat digunakan.

Berkas dapat dimuat setempat atau melalui Commons, akan tetapi halaman penjelasan berkas setempat harus ada dan mengandung {{Wikipedia-kotakiklan}}.

Harap diketahui bahwa menciptakan sebuah animasi dapat memiliki jumlah berkas yang besar, dan banyak pengguna tidak mengakses Wikipedia melalui jaringan yang cepat. Harap menjaga kapasitas tiap berkas untuk tidak melampaui ukuran beberapa ratus kilo-bita.

Menyunting templat ini[sunting sumber]

Templat ini sedikit rumit. Harap dimengerti bahwa templat ini diterjemahkan dari en:Template:Wikipedia ads.

Untuk keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi pengguna senior atau Svick di en:Wikipedia

Menambahkan iklan baru[sunting sumber]

Untuk membuat satu iklan baru dari sebuah gambar yang telah Anda muat dan termasuk dalam persyaratan diatas, sunting templat ini dengan tahapan sebagai berikut:

  • Tambahkan parameter pertama (jumlah keseluruhan iklan) dengan satu dan ingat nilai terbaru - nilai ini merupakan nomor iklan Anda.
  • Sebelum baris yang penuh dengan angka-angka pada hampir bagian terakhir dari kode, tambahkan sebuah alinea dengan format sebagai berikut:
| Berkas:Qxz-ad1.gif | Wikipedia:BintangWiki | [[Pengguna:Demo|Demo]]
  • Bagian pertama adalah gambar iklan yang telah Anda muat (termasuk awalan Berkas:).
  • Bagian kedua adalah halaman pada Wikipedia yang Anda ingin hubungkan.
  • Bagian ketiga adalah tanda-tangan Anda (pemilik iklan). (Tanda tangan tidak dapat mengandung | ataupun = yang tidak terdapat pada pranala maupun keterangan templat. Keduanya harus diganti dengan {{!}} dan {{=}})
  • Tambahkan | dan angka iklan Anda pada bagian akhir alinea yang penuh dengan angka-angka.

Menghapus iklan[sunting sumber]

Untuk menghapus sebuah iklan, jika Anda mengetahui nomornya, sunting templat ini dan:

  • Tingkatkan parameter kedua (nomor iklan yang tidak aktif) dengan tambahan angka satu.
  • Pada alinea yang penuh dengan angka-angka, hampir pada bagian akhir kode ini, dan hapus angka dari iklan yang ingin Anda hapus, termasuk salah-satu tanda |