Templat:Alasan penggunaan media nonbebas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Dasar penggunaan media non-bebas - BUTUH NAMA ARTIKEL
Mohon baca Wikipedia:Penggunaan media nonbebas sebelum menggunakan templat ini.
Deskripsi

{{{Description}}}

Sumber

{{{Source}}}

Artikel

[[{{{Article}}}]]

Porsi penggunaan

{{{Portion}}}

Resolusi rendah?

{{{Low resolution}}}

Tujuan penggunaan

{{{Purpose}}}

Dapat digantikan?

{{{Replaceability}}}

Informasi lain

{{{Other information}}} (opsional)

Penggunaan wajarPenggunaan wajar materi nonbebas dalam konteks [[{{{Article}}}]]//id.wikipedia.org/wiki/Templat:Alasan_penggunaan_media_nonbebas
[lihat] [sunting] [versi terdahulu] [hapus singgahan] Ikon dokumentasi Dokumentasi templat

Deskripsi[sunting sumber]

Templat ini memfasilitasi pengunggahan dan penyimpanan berkas media non-bebas dengan komponen-komponen yang diperlukan. Mohon baca peraturan penggunaan media non-bebas sebelum menggunakan templat ini.

Pemakaian[sunting sumber]

Untuk memakai templat ini, salin templat kosong berikut ke halaman berkas media dan isi parameter-parameter kosong yang diperlukan.

{{Non-free use rationale
| Description       = 
| Source            = 
| Article           = 
| Portion           = 
| Low resolution    = 
| Purpose           = 
| Replaceability    = 
| Other information = 
}}
Description
Deskripsi tentang material bersangkutan yang memiliki hak cipta. Harap selalu mencantumkan pemegang hak cipta di bagian ini.
Source
Darimana material bersangkutan (yang dimuat di wikipedia) didapatkan.
Article
Nama artikel di Wikipedia yang menggunakan media bersangkutan. Tidak perlu menggunakan [[kurung pranala]], karena templat akan memberikan kurung pranala secara otomatis.
Portion
Seberapa besar bagian dari material bersangkutan yang digunakan? Banyaknya porsi yang digunakan tidak boleh mempengaruhi penurunan daya jual kepada pemegang hak cipta.
Low resolution
Apakah material yang digunakan memiliki resolusi yang lebih rendah? Penurunan resolusi tidak boleh berdampak kepada daya jual pemegang hak cipta. Untuk media gambar, hal ini mengenai resolusi gambar (satuan pixel) dari gambar yang digunakan; untuk media audio, hal ini mengenai bit rate dan sampling resolution yang digunakan.
Purpose
Bagaimana pengaruh signifikan yang diperikan media bersangkutan terhadap artikel yang menggunakannya? Penggunaan media dalam artikel juga tidak bleh bertentangan dengan tujuan asli penciptaan media bersangkutan.
Replaceability
Penjelasan mengenai tidak adanya media bebas lain yang serupa yang dapat digunakan untuk menggantikan media bersangkutan.
Other information
(Optional). Jika dipakai, berisi tentang informasi apapun yang membenarkan penggunaan media bersangkutan saat ini. Ingat: variabel ini adalah optional, dan dapat dikosongkan.


Contoh Penggunaan[sunting sumber]


Lihat Pula[sunting sumber]