Tembikar dwigaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Dua sisi dengan dua gaya berbeda pada Amphora buatan Pelukis Andokides, 520 SM (Staatliche Antikensammlung di Munich). Kiri: lukisan figur hitam, kanan: lukisan figur merah. Dua sisi dengan dua gaya berbeda pada Amphora buatan Pelukis Andokides, 520 SM (Staatliche Antikensammlung di Munich). Kiri: lukisan figur hitam, kanan: lukisan figur merah.
Dua sisi dengan dua gaya berbeda pada Amphora buatan Pelukis Andokides, 520 SM (Staatliche Antikensammlung di Munich). Kiri: lukisan figur hitam, kanan: lukisan figur merah.

Tembikar dwigaya atau vas dwigaya adalah jenis wadah terakota Attika dari akhir abad ke-6 yang menampilkan dua gaya lukisan yang berbeda pada masing-masing sisinya. Di satu sisi, dibuat lukisan berfigur hitam yang lebih kuno dan di sisi yang lain ada lukisan berfigur merah yang lebih baru, kadang kedua lukisan itu menggambarkan adegan yang sama. Tembikar jenis ini muncul pada masa ketika terjadi transisi gaya lukisan, dan mungkin disebabkan karena ketidakjelasanan pasar untuk gaya lukisan berfigur merah yang baru muncul. Produk ini hanya diproduksi dalam masa yang singkat sebab teknik lukisan berfigur merah dengan cepat meraih ketenaran.

Contoh tembikar dwigaya diketahui dibuat oleh pelukis Andokides, pelukis Lysippides, Oltos dan Psiax. Beragam bentuk dibuat dengan teknik ini, misalnya pelukis Epiktetos, yang membuat piala dwigaya, atau pelukis Andokides, yang membuat amphora dwigaya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]