Tembakau kunyah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Tembakau kunyah atau tembakau sugi merupakan tembakau non hisap yang dibentuk helaian panjang dari keseluruhan tembakau ataupun tembakau yang hanya dirobek kasar dan dikonsumsi dengan menaruh sebagian tembakau di pipi dan gusi maupun gigi. Tak seperti tembakau biasa, tembakau kunyah bukan ampas dan harus dikunyah secara mekanis dengan gigi agar rasa dan nikotinnya terasa. Terdapat beberapa jenis tembakau sugi, antara lain tembakau daun longgar, tembakau sumbat, tembakau gulungan, dan tembakau gigit.

Penggunaan Tembakau Kunyah[sunting | sunting sumber]

Tembakau kunyah ini banyak digunakan oleh para penambang batu bara di luar negeri. Alasan penambang menyukai tembakau kunyah adalah karena proses penyalaan rokok tersebutlah yang sering memicu terjadinya ledakan dalam tambang yang sangat tinggi karena mengandung gas hidroksida. Setelah sering terjadinya ledakan tersebut maka larangan merokok diberlakukan. Namun hal ini memicu berkurangnya semangat kerja para penambang yang perokok. Maka dicari solusi dengan memberi para penambang bekal sekaleng tembakau kunyah untukmemenuhi asupan kadar nikotin dalam tubuh penambang. Dan hal ini terbukti berhasil. Ledakan bisa diminimalisir dan semangat kerja penambang tidak menurun.

Rasa Tembakau Kunyah[sunting | sunting sumber]

Tembakau kunyah biasanya dibuat dari daun tembakau Virginia. Dikemas dalam kaleng tipis seperti kaleng pastiles dengan berbagai rasa. Di antaranya original, mint, buah dan aroma.

  • Original

Adalah rasa tembakau murni yaitu pahit dan diberi pemanis buatan. Tembakau jenis ini disukai para pengguna yang telah lanjut usia.

  • Mint

Tembakau yang dicampur dengan minyak daun mint sehingga menimbulkan rasa yang mantap dan melegakan tenggorokan, umumnya diminati para usia tengah baya.

  • Buah

Sebenarnya tembakau kunyah dengan rasa buah bukan tembakau murni namun tembakau yang di campur dengan irisan kulit apel yang dihilangkan aromanya kemudian diberi essence dan pemanis buatan. Tembakau jenis ini disukai dari kalangan wanita.

  • Aroma

Bahan bakunya sama dengan tembakau rasa buah namun lebih banyak kadar buahnya dan aroma yang di pakai biasanya adalah rasa coklat, frambozze, mint, bublle gum dan kopi.Tembakau kunyah ini disukai para muda di daerah pedesaan Amerika.

Mengunyah tembakau merupakan cara tertua untuk menikmati tembakau, yang dapat dilacak ke suku Indian di Benua Amerika.


Jika Anda melihat halaman yang menggunakan templat {{stub}} ini, mohon gantikan dengan templat rintisan yang lebih spesifik.