Teman (Edom)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Teman (Ibrani: תימן), adalah nama suatu klan bani Edom, sekaligus merupakan eponim, yang dicatat dalam Alkitab,[1] dan juga sebuah nama kuno kota Arabia Petraea. Istilah ini juga secara tradisional diterapkan untuk orang-orang Yahudi Yaman, dan digunakan sebagai nama Ibrani dari Yaman.

Dalam Kitab Kejadian, Kejadian 36:15Genesis 36:15:NKJV, nama Teman merujuk kepada seorang putra Eliphaz, putra sulung Esau. Seorang teman Ayub yang bernama Elifas berasal dari Teman (Ayub  2:11:JPR).

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Menurut bibleatlas.org dan penulis W. Ewing, Teman atau te'-man (תימן) berarti "di sebelah kanan," yaitu "selatan" (Thaiman) dan itu adalah nama daerah dan kota di tanah Edom, yang dinamai dari Teman cucu Esau, dari putra sulungnya, Elifas.[2] Seorang pemimpin bernama Teman termasuk di antara para kepala suku atau klan dari Edom.[3] Namun, ia tidak disebutkan sebagai putra sulung. Husham dari wilayah Teman adalah salah satu dari raja-raja kuno yang memerintah Edom.[4] Dari Kitab Obaja Obad 1:9:JPR dapat disimpulkan bahwa Teman berada di tanah Esau (Edom). Dalam Kitab Amos Amos 1:12:JPR tempat ini disebut bersama dengan Bosra, ibu kota Edom.

Dalam Kitab Yehezkiel Ezekiel 25:13:JPR bencana telah dinubuatkan terhadap Edom: "Dari Teman sampai Dedan mereka akan jatuh oleh pedang." Ini menunjukkan bahwa Dedan (Arab modern Al-`Ula) berada di selatan, sedangkan Teman seharusnya di utara. Tapi ini tidak harus demikian. Dedan sebenarnya terletak di utara Arabia, dan berkaitan dengan bangsa Asyur serta suku-suku utara lainnya Gen 25:3:JPR. Disebutkan bahwa Dedan terletak dekat dengan Teman Jer 25:23:JPR; dan ketika penghakiman diucapkan di Edom, orang-orang Dedan diperingatkan untuk bertahan; yaitu, untuk mundur ke padang pasir Jer 49:8:JPR. Pemahaman mengenai Dedan ini konsisten dengan Teman di bagian selatan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kitab Kejadian Gen 36:11–43:JPR
  2. ^ Kitab Kejadian Gen 36:11–43:JPR, Kitab Tawarikh 1Chr 1:36:JPR
  3. ^ Kitab Kejadian Gen 36:42:JPR, Kitab Tawarikh 1Chr 1:53:JPR
  4. ^ Kitab Kejadian Gen 36:34:JPR, Kitab Tawarikh 1Chr 1:45:JPR