Teluk Monterey

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Peta Area Teluk Monterey, yang menggambarkan jalan, area perkotaan, sungai besar, dan area hutan dan berumput

Teluk Monterey adalah sebuah teluk di Samudra Pasifik yang terletak di pesisir negara bagian California, di selatan Wilayah Teluk San Francisco. San Francisco sendiri lebih jauh ke utara di sepanjang pantai, sekitar 75 mil, dapat diakses melalui Highway 1 dan Highway 280.

Santa Cruz terletak di ujung utara teluk, dan Monterey berada di Semenanjung Monterey di ujung selatan. "Monterey Bay Area" adalah bahasa sehari-hari lokal yang terkadang digunakan untuk mendeskripsikan seluruh komunitas Central Coast Santa Cruz dan Monterey.

Toponimi[sunting | sunting sumber]

Gaspar de Zúñiga, Pangeran Monterrey ke-5, senama Teluk Monterey.

Orang Eropa pertama yang menemukan Teluk Monterey adalah Juan Rodríguez Cabrillo pada tanggal 16 November 1542, saat berlayar ke utara di sepanjang pantai dalam ekspedisi angkatan laut Spanyol. Dia menamai teluk itu Bahía de los Pinos,[1] mungkin karena hutan pohon pinus pertama kali dijumpai saat mengitari peninsula di ujung selatan teluk.[2] Nama teluk Cabrillo telah hilang, tetapi titik paling barat semenanjung masih dikenal sebagai Point Pinos.

Pada tanggal 10 Desember 1595, Sebastián Rodríguez Cermeño menyeberangi teluk dan menganugerahkan nama Bahía de San Pedro untuk menghormati Santo Petrus Martir.[2][3]

Nama teluk yang sekarang diberikan pada tahun 1602 oleh Sebastián Vizcaíno, yang telah ditugaskan oleh pemerintah Spanyol untuk menyelesaikan bagan pantai yang terperinci. Pada tanggal 16 Desember 1602 dia mengitari semenanjung besar dan memasuki teluk yang dia beri nama Puerto de Monterrey untuk menghormati Don Gaspár de Zúñiga y Acevedo, Pangeran Monterrey ke-5, yang merupakan gubernur Spanyol Baru dan telah memberangkatkan ekspedisi.[1][4] Monterrey adalah ejaan alternatif dari Monterrei, sebuah munisipalitas di wilayah Galicia dari Spanyol tempat asal raja muda dan ayahnya (Pangeran Keempat Monterrei).

Monterey Bay, California
Cormorant "condo" in Monterey Bay

Semua nama tempat lain di sekitarnya yang mengandung "Monterey" dinamai demikian karena kedekatannya dengan teluk. Ini termasuk Presidio of Monterey, City of Monterey, County of Monterey dan Monterey Canyon.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Gudde, Erwin G. (1949). California Place Names. Berkeley, Calif.: University of California Press. hlm. 222. ASIN B000FMOPP4. 
  2. ^ a b Clark, Donald T. (1991). Monterey County Place Names. Carmel Valley, Calif.: Kestrel Press. hlm. 322. ISBN 978-1-880478-00-4. 
  3. ^ Wagner, Henry R. (1937). Cartography of the Northwest Coast of America to the Year 1800. Berkeley, Calif.: University of California Press. hlm. 398. ASIN B001K5A42S. 
  4. ^ "Dr. Hart's Mansion - Pacific Grove, California". hartmansion.com. Diakses tanggal 6 January 2021.