Telltale Games

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Telltale Incorporated
Telltale Games
Swasta/Pribadi
IndustriVideo game industry
Didirikan12 Juli 2004; 19 tahun lalu (2004-07-12)
Pendiri
  • Kevin Bruner
  • Dan Connors
  • Troy Molander
Kantor
pusat
,
Wilayah operasi
Worldwide
Tokoh
kunci
  • Pete Hawley (CEO)
  • Larry Castro (CFO)
  • Szymon Swistun (CTO)
Karyawan
310[1][2]
Situs webtelltale.com

Telltale Incorporated, atau lebih dikenal dengan Telltale Games, adalah sebuah perusahaan pengembangan dan pendistribusian permainan video yang bermarkas di San Rafael, California. Didirikan pada Juni 2004 oleh Kevin Bruner, Dan Connors dan Troy Molander, studio ini meliputi beberapa desainer yang merupakan mantan pekerja dari LucasArts. Model bisnis perusahaan ini berkembang di area permainan berepisode dan distribusi digital, dan paling dikenal akan permainan video petualangan berdasarkan berbagai properti yang dilisensi.

Banyak permainan video yang telah dikembangkan oleh Telltale Games yang dirilis secara episodik. Beberapa episode, dirilis bersama-sama dalam satu musim, yang dirilis secara berkala dalam jangka waktu tertentu, sekitar setengah tahun setelah rilis awal. Perusahaan menggunakan mesin gim Telltale Tool yang dikembangkan secara mandiri sejak pendirian perusahaan.

Sebagian besar produk dari Telltale adalah permainan video petualangan berdasarkan properti berlisensi dari film, komik, televisi, dan permainan video lainnya. Permainan pertama mereka lebih mengikuti permainan petualangan tradisional dengan pendekatan dimana pemain memecahkan teka-teki untuk kemajuan. Keluaran mereka yang terkenal, The Walking Dead, berdasarkan seri buku komik dengan nama yang sama, mengenalkan kepada pemain sebuah permainan dimana pendekatannya lebih berarah naratif, memberikan kebebasan kepada pemain untuk membuat pilihan-pilihan yang dapat mempengaruhi bagaimana peristiwa masa depan dalam permainan atau sekuelnya, secara efektif membolehkan pemain untuk menganyam pandangan mereka terhadap cerita; Sejak itu semua permainan video dari Telltale meliputi pendekatan cara ini.

Pada 21 September 2018 lalu, Telltale Games dinyatakan bangkrut. Hal ini membuat sekitar 250 karyawannya di-PHK tanpa diberikan pesangon. Enggak hanya itu saja. Semua proyek yang sedang Telltale Games kerjakan pun dibatalkan.


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Telltale talks The Wolf Among Us' return and Game of Thrones being "on hold"". Eurogamer. August 29, 2017. Diakses tanggal August 29, 2017. 
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama gamasutra layoffs nov2017

Pranala luar[sunting | sunting sumber]