Tekken 4

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tekken 4
Informasi produksi
PengembangNamco
Penerbit
PengarahKatsuhiro Harada
Masahiro Kimoto
Yuichi Yonemori
ProduserHajime Nakatani
PemrogramYoshihito Saito
Junichi Sakai
Kenji Ozaki
SenimanYoshinari Mizushima
Takuji Kawano
PenulisKazuaki Fujimoto
Yoshinari Mizushima
Shinsuke Sato
KomponisAkitaka Tohyama
Yuu Miyake
Satoru Kōsaki
Hiroshi Okubo
Keiki Kobayashi
Informasi permainan
SeriTekken
PlatformArkade, PlayStation 2
GenrePertarungan
ModePemain tunggal, multipemain
Sistem arkadeNamco System 246
Perilisan
Tanggal rilisArkade
Agustus 2001
PlayStation 2
Situs web:
http://www.tekken-4.com Sunting ini di Wikidata
Bagian dari Tekken
Sebelum
Sebelum
Portal permainan video
L • B • PW
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Tekken 4 (鉄拳4) adalah sebuah permainan video pertarungan tahun 2001 yang dikembangkan dan dipublikasikan oleh Namco sebagai installment utama keempat dalam seri Tekken. Permainan tersebut dirilis sebagai permainan arkade pada 2001 dan dalam bentuk PlayStation 2 pada 2002.

Menempatkan perbedaan pada plot di versi konsol, nada Tekken 4 terasa lebih gelap daripada angsuran seri lainnya.[1] Permainan ini juga menyimpan banyak revisi gim, seperti kemampuan unik seri bagi pemain untuk bergerak sebelum ronde dimulai dan pengenalan tahapan bertembok. Ada hingga dua puluh tiga karakter untuk dipilih, termasuk enam pendatang baru. Cerita permainan mengungkapkan bahwa Kazuya telah dihidupkan kembali setelah kematiannya 20 tahun sebelumnya dan memasuki Raja Iron Fist Tournament 4 untuk mengambil kembali Mishima Zaibatsu. Sekuelnya, Tekken 5, dirilis pada tahun 2004.

Gameplay[sunting | sunting sumber]

Tekken 4 memperkenalkan perubahan gameplay baru yang signifikan dari game sebelumnya dalam seri ini.[butuh rujukan] Untuk pertama kalinya, itu memungkinkan pemain untuk bermanuver di sekitar arena berinteraksi dengan dinding dan rintangan lain untuk kerusakan ekstra. "lingkungan Bahaya" ini pada gilirannya memungkinkan pemain untuk menyulap lawan untuk kombo berturut-turut dan memungkinkan perancang untuk menerapkan "manuver sakelar", yang memungkinkan pemain melarikan diri dari menikung dan memberikan keuntungan bagi mereka. Mesin permainan telah di-tweak agar lebih fokus pada lingkungan, menyebabkan karakter bergerak lebih lambat dan lancar daripada di Tekken Tag Tournament. Akhirnya, gim ini memperkenalkan sistem grafis baru, yang menampilkan peningkatan pencahayaan, fisika dinamis, dan permukaan yang lebih halus.

Versi konsol Tekken 4 menyertakan minigame beat 'em up yang tersedia sejak awal, yang disebut Tekken Force. Mirip dengan minigame sebelumnya yang ditemukan di Tekken 3, ini menyajikan pemain dengan perspektif over-the-shoulder saat mereka melawan gelombang demi gelombang Tekken Force Heihachi melalui empat tahap, akhirnya menghadapi Heihachi sendiri. Pemain dapat mengambil kesehatan dan power-up saat melawan gelombang musuh. Dalam minigame ditemukan bahwa Tekken Force memiliki peringkat yang berbeda dalam organisasi, terbukti dalam jumlah stamina, kekuatan, dan keterampilan yang berbeda. Mode Cerita baru di versi rumah membuka kunci adegan saat dimainkan, berbeda dengan angsuran sebelumnya di mana adegan seperti itu tidak terkunci dari memainkan mode Arkade. Tekken 4 menerima ulasan yang umumnya menguntungkan. Penerimaan komunitas umumnya negatif, dengan pemain kompetitif menunjukkan masalah keseimbangan dan permainannya. Namun dalam beberapa tahun terakhir, Tekken 4 telah banyak dipuji karena inovasi, atmosfer, dan perhatiannya terhadap detail.

Plot[sunting | sunting sumber]

Dua tahun setelah Raja Iron Fist Tournament 3, Heihachi Mishima dan para ilmuwannya telah mengambil sampel darah dan jaringan Ogre untuk disambung dengan genom Heihachi, untuk membuatnya abadi. Percobaan gagal karena Heihachi tidak memiliki gen Iblis. Cucunya, Jin Kazama, memiliki gen Iblis tetapi telah hilang sejak turnamen sebelumnya. Sementara itu, Heihachi mengetahui bahwa tubuh putranya, Kazuya, yang juga memiliki gen Iblis dan yang Heihachi bunuh dengan melemparkannya ke gunung berapi dua puluh tahun yang lalu, disimpan di laboratorium G Corporation, sebuah perusahaan biotek canggih yang membuat kemajuan revolusioner. dalam bidang penelitian biogenetika. Heihachi mengirimkan Pasukan Tekkennya untuk menyerang fasilitas G Corporation untuk mengambil jenazah Kazuya. Namun, misi tersebut gagal ketika Tekken Force dimusnahkan oleh Kazuya sendiri, yang telah dihidupkan kembali oleh G Corporation beberapa hari setelah kematiannya. Tanpa diketahui Heihachi, Jin telah berada di pengasingan pelatihan yang dipaksakan sendiri di Brisbane, untuk melupakan gaya karate Mishima dan menguasai karate tradisional, membenci apa pun yang berkaitan dengan garis keturunannya sejak pengkhianatan Heihachi.

Dalam upaya untuk memikat Kazuya dan Jin keluar, Heihachi mengumumkan Raja Iron Fist Tournament 4, dengan kepemilikan Mishima Zaibatsu menjadi hadiah utama. Pada Tahap 7, di mana Jin dan Kazuya dijadwalkan untuk bertarung, Jin disergap dan ditangkap oleh Pasukan Tekken dan dibawa ke Hon-Maru, sebuah Dojo Mishima di hutan. Dinyatakan sebagai pemenang default Tahap 7, Kazuya bertemu Heihachi di tahap akhir dan menanyainya tentang hilangnya Jin. Mereka bentrok dan Heihachi muncul sebagai pemenang. Setelah pertarungan, alih-alih membunuh Kazuya secara langsung, Heihachi membawanya ke Hon-Maru, di mana Jin yang tidak sadar telah dirantai. Sebelum Heihachi dapat merantai putranya juga, tubuh Kazuya tiba-tiba diambil alih oleh Iblis, yang menjelaskan kepada Heihachi bahwa 21 tahun yang lalu, setelah melemparkan Kazuya ke gunung berapi, setengah dari entitasnya terbelah dan merasuki Jin. Iblis secara telekinetik melumpuhkan Heihachi dan kemudian secara tidak sadar mengejek Jin, yang menyebabkan dia terbangun dengan kekuatan Iblisnya diaktifkan. Memutus rantai, Jin yang marah melawan Kazuya dan mengalahkannya. Heihachi mendapatkan kembali kesadaran dan pergi untuk melawan Jin kelelahan, tetapi juga dikalahkan. Saat dia akan menyelesaikan Heihachi, visi ibunya, Jun Kazama, menyebabkan dia menyelamatkan Heihachi untuk menghormatinya. Meregangkan sayap Iblisnya, Jin terbang, meninggalkan Kazuya dan Heihachi yang tidak sadarkan diri di Hon-Maru.

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Di Jepang, Game Machine mendaftarkan Tekken 4 pada edisi 1 September 2001 sebagai game arcade paling sukses bulan ini.[10]

Tekken 4 telah menerima skor rata-rata 81% di GameRankings dan 79/100 di Metacritic.[2][3] Edge memberikan ulasan yang biasa-biasa saja, menyoroti sifat eksperimental dan cantik permainan, dan secara keseluruhan itu adalah proposisi yang lebih solid dan bijaksana daripada pendahulunya, tetapi menyimpulkan bahwa permainan terasa "terlalu akrab dan anehnya tidak terinspirasi."[butuh rujukan] Di sisi lain, Greg Kasavin dari GameSpot menyebutnya sebagai "salah satu game pertarungan terbaik selama bertahun-tahun" dan "game pertarungan yang sangat solid, tahan lama, mudah diakses, dan menyenangkan untuk dimainkan yang berasal dari salah satu game pertarungan terbaik di dunia. pengembang genre."[6] GameSpot menobatkan Tekken 4 sebagai game PlayStation 2 terbaik pada bulan September 2002,[11] dan menominasikannya untuk penghargaan "Game Pertarungan Terbaik tahun 2002" dari publikasi tersebut.[6][12] Jeremy Dunham dari IGN mencatat dinding dan ruang terbatas sebagai "mungkin keputusan paling bijaksana Namco," dan menyebut permainan itu "pejuang yang solid dalam segala hal."[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Grounded, Dark Tone of Tekken 4" [Nada Gelap yang Beralas dari Tekken 4] (dalam bahasa Inggris). 19 Februari 2021. Diakses tanggal 26 Juni 2021. 
  2. ^ a b "Tekken 4 for PlayStation 2". GameRankings. CBS Interactive. Diakses tanggal 2013-06-27. 
  3. ^ a b "Tekken 4 for PlayStation 2 Reviews". Metacritic. CBS Interactive. Diakses tanggal 2013-06-27. 
  4. ^ プレイステーション2 - 鉄拳4. Weekly Famitsu. No.915 Pt.2. Pg.74. 30 June 2006.
  5. ^ "Review: Tekken 4 for PS2 on GamePro.com". GamePro.com. 2002-09-23. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 21, 2008. Diakses tanggal 2013-06-27. 
  6. ^ a b c Greg Kasavin (2002-09-23). "Tekken 4 Review". GameSpot.com. Diakses tanggal 2013-06-27. 
  7. ^ "PlanetPS2 - A Member of The GameSpy Network". GameSpy.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 29, 2006. Diakses tanggal 2013-06-27. 
  8. ^ a b "Tekken 4 - IGN". Ps2.ign.com. 24 September 2002. Diakses tanggal 2013-06-27. 
  9. ^ "2003 Interactive Achievement Awards". interactive.org. Diakses tanggal 2013-09-21. 
  10. ^ "Game Machine's Best Hit Games 25 - TVゲーム機ーソフトウェア (Video Game Software)" [25 Game Hit Terbaik Mesin Game - Perangkat Lunak Video Game]. Game Machine (dalam bahasa Jepang). No. 641. Amusement Press, Inc. 1 September 2001. hlm. 17. 
  11. ^ The Editors of GameSpot (October 5, 2002). "GameSpot's Game of the Month, September 2002". GameSpot. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 18, 2003. 
  12. ^ "GameSpot Presents: The Best and Worst of 2002 - GameSpot". www.gamespot.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 April 2005. Diakses tanggal 12 January 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]