Lompat ke isi

Tegalarum, Borobudur, Magelang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tegalarum
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenMagelang
KecamatanBorobudur
Kode pos
56413
Kode Kemendagri33.08.02.2017 Edit nilai pada Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²


Tegalarum adalah desa di kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Tegalarum terletak di bagian barat wilayah kecamatan Borobudur. Desa Tegalarum merupakan satu dari dua puluh desa wisata yang ada di Kecamatan Borobudur, berjarak sekitar 4 km dari pusat obyek wisata candi borobudur. Desa Wisata Tegalarum Terletak di poros jalan propinsi dan juga jalan utama menuju kawasan Candi Borobudur yang masuk dalam kawasan super prioritas pembangunan nasional lebih tepatnya desa tegalarum berada di Kecamatan Borobudur, Kabupaten magelang , Provinsi Jawa Tengah.[1]

Pembagian administratif

[sunting | sunting sumber]

Desa Tegalarum terdiri atas 4 dusun, yaitu :

  1. Tegalwangi
  2. Kedungrengit
  3. Susukan
  4. Prembulan

Geografis

[sunting | sunting sumber]

Wilayah desa tegalarum sebelah utara berbatasan dengan desa ringnanom kecamatan tempuran,sebelah selatan berbatasan dengan desa kebonsari untuk sebelah barat berbatasan dengan desa ngadiharjo dan sebelah timur berbatasan dengan desa kembanglimus. Luas wilayah desa tegalarum sekitar 160,16 hektar, umumnya mata pencaharian utama penduduk desa Tegalarum adalah petani (terutama petani padi, palawija, dan sayur-mayur). Salah satu tokoh terkenal diketahui berasal dari desa ini adalah Dr. Supriyanto, MSc., seorang ahli pertanian yang juga bekerja sebagai dosen di Universitas Tanjungpura.

Pranala luar

[sunting | sunting sumber]


  1. ^ Moeljono, Moeljono; Alfiyanto, Nasron (2020-02-11). "Up Grading Capacity Aparatur Desa Melalui Pelatihan di Desa Tegalarum Kabupaten Demak". ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT. 3 (1): 6. doi:10.33633/ja.v3i1.54. ISSN 2620-3235.