Tegalandong, Lebaksiu, Tegal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tegalandong
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenTegal
KecamatanLebaksiu
Kodepos52461
Luas-
Jumlah penduduk6030
Kepadatan-

Tegalandong adalah sebuah desa di Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini terletak tidak jauh dari Kantor Pemda Kabupaten Tegal di Slawi atau berjarak kurang lebih 1 ( satu ) KM ke arah selatan, Bahkan sebagian kantor instansi pemerintah Kabupaten Tegal berada di Desa Tegalandong salah satunya Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas IIB Kabupaten Tegal berada di desa ini.

Batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Batas Wilayah adalah sebagai berikut : 

Sebelah Utara : Kalisapu Kec. Slawi dan Kabunan Kec. Dukuhwaru

Sebelah Selatan : Kambangan dan Jatimulya Kec. Lebaksiu

Sebelah Barat : Dukuhdamu dan Slarang Kidul Kec. Lebaksiu

Sebelah Timur : Dukuh Wringin Kec. Slawi

Wilayah Administrasi[sunting | sunting sumber]

Di Desa Tegalandong terdapat beberapa pedukuhan yang biasa disebut Blok, ditempat lain istilah Blok dapat diartikan Dukuh, Dusun atau lainnya. Untuk mempermudah mencari lokasi atau alamat akan lebih mudah bila menggunakan nama Blok.

Beberapa Blok tersebut adalah: Karang Anyar, Srengseng, Lumbung, Kebon Gede, Pacing, Sabrang, Masjid, Kubang, Kerajan, Mejasem dan Ponjolan.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Dari Kota Slawi yang merupakan Pusat Pemerintahan Kabupaten Tegal banyak ditemui sarana transportasi yang dapat digunakan untuk menuju desa ini, dari mulai becak, dokar (andong/delman), dan Angkutan Pedesaan No. 212 dan 555, namun keberadaan dokar saat ini sudah mulai langka dan sukar ditemui.

Dengan menggunakan becak dari Jantung Kota Slawi atau dari Terminal Bus Slawi bisa ditempuh kurang lebih 30 menit - 1 jam dan jika menggunakan mobil atau sepeda motor hanya memerlukan waktu antara 5-10 menit.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Umumnya mata pencaharian masyarakat Desa Tegalandong adalah petani, pedagang, guru, pegawai negeri, buruh dan sebagian merantau ke kota-kota besar seperti Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bandung, Surabaya, Malang serta Bali.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Sekilas bila anda memasuki desa ini dari arah Kota Slawi: Menyusuri Jalan utama yang merupakan jalur kecamatan kurang lebih 300 meter dari batas Desa Kalisapu Kecamatan Slawi kita akan mendapati Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kabupaten Tegal.

Membentang disebelah timur jalan dari Ujung Utara hingga Ujung Selatan sampai dengan Perbatasan antara Desa Tegalandong dengan Desa Jatimulya adalah Tanah Sawah Inventaris Desa (Bengkok) yang digarap oleh Kepala Desa dan Para Perangkat Desa. Adapun disebelah barat jalan utama tersebut membentang tanah pesawahan milik warga.

Inilah salah satu titik koordinat Tegalandong untuk memastikan posisi di peta: -7.009939, 109.121970

Dari Kantor Pemda Kabupaten Tegal yang berada di Kota Slawi, letak Desa Tegalandong tepat berada sekitar 1 KM di sisi selatan.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Dari dunia pendidikan formal di Tegalandong terdapat 5 Sekolah tingkat dasar dan menengah pertama yaitu:

1.      SD Negeri Tegalandong 01

2.      SD Negeri Tegalandong 02

3.      MIS NU 01 Tegalandong

4.      MIS NU 02 Tegalandong

5.      MTSS 01 NU Lebaksiu


Terdapat pula pendidikan non formal, antara lain :

  1. Pondok Pesantren Darul Hasanah Sabrang
  2. Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi'in Kebon Gede
  3. TPQ Darul Hasanah Sabrang
  4. TPQ Al-Ikhlas Karang Anyar
  5. MDT Darul Hasanah Sabrang