Tegal Kunir Lor, Mauk, Tangerang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tegal Kunir Lor
Negara Indonesia
ProvinsiBanten
KabupatenTangerang
KecamatanMauk
Kodepos
15530
Kode Kemendagri36.03.08.2004 Edit the value on Wikidata
Luas2.965 km²
Jumlah penduduk7.321 jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Tegal Kunir Lor adalah nama sebuah desa yang berada di lingkungan kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, provinsi Banten, Indonesia. Desa tersebut kini dipimpin oleh seorang kepala desa yang bernama Mahpudin dengan nama panggilan Kipang. Dengan aparat desa berjumlah 8 orang Desa Tegalkunir Lor memiliki 22 RT dan 5 RW. Memiliki luas lahan /area, sawah 251,5 (ha) dan darat 6 (ha). Mata pencaharian penduduk desa tersebut sebagian besar adalah sebagai petani. Ada juga peternak dan buruh pabrik. Ternak yang banyak dibudidayakan di desa Tegalkunir Lor adalah ternak bebek. Telor asin pun banyak dihasilkan di sana hasil dari pengolahan telur bebek.[1][1][2]

Desa, atau udik, menurut definisi "universal", adalah sebuah aglomerasi permukiman di area perdesaan (rural). Di Indonesia, istilah desa adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia di bawah kecamatan, yang dipimpin oleh Kepala Desa. Sebuah desa merupakan kumpulan dari beberapa unit permukiman kecil yang disebut kampung (Banten, Jawa Barat) atau dusun (Yogyakarta) atau Banjar (Bali) atau jorong (Sumatra Barat). Kepala Desa dapat disebut dengan nama lain misalnya Kepala Kampung atau Petinggi di Kalimantan Timur, Klèbun di Madura, Pambakaldi Kalimantan Selatan, dan Kuwu di Cirebon, Hukum Tua di Sulawesi Utara.

Sejak diberlakukannya otonomi daerah Istilah desa dapat disebut dengan nama lain, misalnya di Sumatra Barat disebut dengan istilah nagari, di Aceh dengan istilah gampong, di Papua dan Kutai Barat, Kalimantan Timur disebut dengan istilah kampung. Begitu pula segala istilah dan institusi di desa dapat disebut dengan nama lain sesuai dengan karakteristik adat istiadat desa tersebut. Hal ini merupakan salah satu pengakuan dan penghormatan Pemerintah terhadap asal usul dan adat istiadat setempat.

  1. ^ a b Kompas., Penerbit Buku (2001-<2005>). Profil daerah kabupaten dan kota (edisi ke-Cet. 1). Jakarta: Penerbit Buku Kompas. ISBN 9797090094. OCLC 50024929. 
  2. ^ Raksasa Pemangsa Bulan