Tebak Gambar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tebak Gambar
Format Kuis
Pembawa acara David Chalik
Narator Zulham Simatupang
Negara Bendera Indonesia Indonesia
Jumlah episode 435
Produksi
Durasi 30 menit
Rumah produksi Becker Entertainment
Siaran
Saluran asli RCTI
Penayangan awal 2 Juli 2001 – 28 Februari 2003
Pranala luar
http://www.rcti.tv/

Tebak Gambar adalah salah satu acara kuis Indonesia. Dalam acara ini, 2 orang kontestan akan menebak sebanyak-banyaknya kata/frasa/kalimat yang diisyaratkan dalam gambar-gambar animasi. Kuis Tebak Gambar ditayangkan di RCTI setiap Senin-Jumat, pukul 12:30-13:00 WIB, sejak tanggal 2 Juli 2001 sampai 28 Februari 2003. Acara ini dibawakan oleh David Chalik.

Regulasi babak permainan[sunting | sunting sumber]

Ada 3 babak permainan yang akan dilalui ke-2 kontestan. Di setiap babaknya, akan terdapat banyak gambar kecil dan 1 gambar besar.

Gambar kecil[sunting | sunting sumber]

Setiap gambar kecil dijawab secara berebutan dengan menekan tombol bel. Waktu berpikir untuk kontestan penekan tombol bel terlebih dahulu adalah 5 detik. Jika waktu berpikir habis atau terjawab dengan salah, maka kesempatan menjawab akan berpindah kepada kontestan yang terlambat menekan tombol bel. Jika kontestan yang terlambat menekan tombol bel tersebut tidak dapat menjawab gambar kecil tersebut, maka pembawa acara akan membuka jawaban benar atas gambar kecil tersebut.
Jika gambar kecil terjawab benar, maka perolehan skor kontestan penjawab benar akan mendapat bertambah. Poin tambahan untuk kontestan penjawab benar akan dipilih secara acak pada awal babak permainan oleh kontestan yang berada pada podium sebelah kiri (babak I) dan kontestan yang perolehan skor sementaranya lebih kecil (babak II-III). Ada 9 pilihan poin tambahan, kelipatan 5 poin untuk babak I-II, dan kelipatan 10 untuk babak III.

Babak Golongan kecil Golongan sedang Golongan besar
I 10, 15, 20 25, 30, 35 40, 45, 50
II 50, 55, 60 65, 70, 75 80, 85, 90
III 50, 60, 70 80, 90, 100 110, 120, 130

Keterangan: hanya 1 dari 9 pilihan poin tambahan yang dipergunakan di setiap babaknya dan dipilih secara acak, ditandai dengan warna latar hijau pada petak poin skor tambahan.

Gambar besar[sunting | sunting sumber]

Di setiap babak permainan, ada 1 gambar besar. Gambar besar ini ditutup dengan 9 petak berlogo Tebak Gambar. Petak penutup gambar besar yang akan dibuka akan dipilih secara acak oleh kontestan penjawab gambar kecil sebelumnya. Kemudian kontestan pembuka petak penutup gambar besar diberi waktu 5 detik untuk mengungkap gambar besar tersebut. Jika gambar besar terungkap, maka kontestan pengungkap gambar besar akan mendapatkan bonus poin bernilai besar. Jika gagal tertebak, maka permainan dilanjutkan dengan gambar kecil berikutnya, dan seterusnya.

Babak Bonus poin
I 100
II 200
III 300

Akhir babak permainan[sunting | sunting sumber]

Babak permainan berakhir jika:

  • Waktu bermain telah habis
  • Gambar besar terungkap
  • Gambar besar tidak terungkap tetapi ke-9 petak penutupnya telah terbuka.

Kontestan dengan skor kumulatif lebih besar akan masuk ke babak bonus. Ke-2 kontestan (kalah dan menang) berhak memperoleh hadiah uang tunai dengan rumus: CASH=skor_kumulatif×Rp1.000,00

Regulasi babak bonus[sunting | sunting sumber]

Babak bonus hanya dimainkan oleh kontestan pemenang. Di babak ini, ada 25 gambar yang tersusun sedemikian rupa sehingga menjadi penyusun sebuah matriks 5×5. Untuk memenangi hadiah babak bonus, kontestan pemenang harus dapat menebak 5 gambar di balik huruf petak matriks sehingga membentuk 1 garis lurus dalam waktu 60 detik.

Hadiah Syarat
Barang Garis horizontal/vertikal
Tidak melewati petak "M"
Utama Garis horizontal/vertikal/diagonal
Melewati petak "M"
  • Gambar yang telah dibuka dapat dibuka kembali jika dilewatkan atau terjawab salah.
  • Hadiah utama berupa uang tunai Rp5.000.000,00.

Susunan matriks[sunting | sunting sumber]

A B C D E
F G H I J
K L M N O
P Q R S T
U V W X Y