Tatiana Calderón

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tatiana Calderón
Calderón, Hockenheim 2015 (04).jpg
KebangsaanBendera Kolombia Kolombia
Lahir10 Maret 1993 (umur 26)
Bogotá, Kolombia
Karier dalam ajang Kejuaraan FIA Formula 2
Musim debut2019
Tim saat iniBWT Arden
No. mobil18
Start22
Menang0
Pole0
Lap tercepat0
Hasil terbaik22nd di 2019
Ajang sebelumnya
20132015
2015–16
2013
201113
201011
GP3 Series
FIA European Formula 3
MRF Challenge
British F3 Championship
European F3 Open
Pro Mazda Championship

Tatiana Calderón Noguera (lahir di Bogota, Kolombia, 10 Maret 1993; umur 26 tahun) merupakan seorang pembalap mobil profesional dari Kolombia. Ia berkompetisi di ajang F3 Eropa dari musim 2013 sampai 2015 dan pada musim 2016 ia membalap di Seri GP3 untuk tim Arden International.

Calderón saat ini juga menjadi pembalap pengembang tim Sauber (saat ini diganti nama menjadi Alfa Romeo Racing) di ajang Formula Satu.[1]

Karting[sunting | sunting sumber]

2002-2008[sunting | sunting sumber]

Calderón saat berusia empat tahun ketika dia memiliki pengalaman pertama mengemudi di jalan-jalan Bogotá dengan duduk di pangkuan ayahnya dan memegang kemudi mobil keluarga. Dia mulai berkompetisi di go-kart pada usia sembilan tahun dengan mengunjungi trek balap sewaan utara Bogotá di jalan 170 kota dengan saudarinya Paula dan beberapa teman-temannya. Kedua saudara kandung pergi ke trek setiap malam setelah sekolah dan selama akhir pekan. Sekitar usia sepuluh Calderón mulai serius mempertimbangkan kemungkinan karir balap motor. Dia membujuk ayahnya untuk membeli go-kart hijau dan sepeda motor 50cc untuk digunakan secara pribadi di pertanian keluarganya dan dia mendidiknya tentang aspek mekanis balap. Ibu Calderón berusaha menjauhkannya dari balap karena dia percaya itu terlalu berbahaya, meskipun dia kemudian mendukung pilihan karier putrinya dengan syarat dia mempertahankan nilai bagus di sekolah. Dia terinspirasi oleh prestasi Juan Pablo Montoya dan juara dunia Formula Satu tiga kali Ayrton Senna.

Ketika dia mulai memenangkan perlombaan, Calderón secara teratur dihantam oleh lawan-lawan lelakinya dan dia membalas sebagai jawaban untuk menunjukkan bahwa dia tidak terpengaruh oleh mereka. Pada musim 2005, ia memenangkan Kejuaraan Nasional EasyKart, menjadikannya wanita/cewek pertama yang memenangkan kejuaraan karting nasional Kolombia dalam sejarah. Tahun berikutnya, ia menjadi runner-up di Kejuaraan Nasional EasyKart, menempati posisi ketiga di Divisi Stars of Karting Este dan merupakan juara Divisi Rotax Junior dari Kejuaraan Kart Kolombia. Keberhasilan itu menyebabkan Calderon menerima beberapa mobil balap pertamanya, pada usia 14 tahun, awalnya berkompetisi dalam Kia Picanto yang ia bagikan dengan saudarinya Paula. Sekitar waktu ini, pemilik trek gokart lokalnya kemudian mengizinkannya mengemudikan go-kart profesional empat langkah setelah ia mulai memenangkan perlombaan. Pada 2008, ia menjadi pembalap wanita pertama yang memenangkan Snap-On-Stars dari Kejuaraan Divisi Karting-JICA Eastern Championship dan menjadi juara IAME International Challenge. Prestasi sebelumnya menjadikan Calderon juara wanita pertama dari seri karting nasional Amerika.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Benson, Andrew (February 28, 2017). "Tatiana Calderon: Sauber sign Colombian as development driver for 2017". BBC Sport. Diakses tanggal March 2, 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]