Tari Adai-adai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian


Tari Adai-adai adalah tarian traditional suku Brunei yang menceritakan kehidupan nelayan.[1][2][3][4] Tarian ini menceritakan kumpulan nelayan yang sedang pergi menangkap ikan di laut dan para wanita menunggu kepulangan keluarga mereka di sekitar pantai.[5]

Tari Adai-adai ini biasanya berpasangan empat lelaki dan empat perempuan, serta diiringi oleh musik rebana dan gambus atau nyanyian seperti Tari Zapin. Tari ini umum diadakan untuk menyambut para tamu terhormat. Penari-penarinya juga memakai pakaian khas yang berwarna warni. Bahkan jika tidak ada alat musik, maka para penabuh menggunakan hentakan dayung perahu secara serentak.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sabah Tourism Promotion Corporation (1 Desember 1993). Cultures, customs, and traditions of Sabah, Malaysia: an introduction. Sabah Tourism Promotion Corp. 
  2. ^ World and Its Peoples Eastern and Southern Asia. Marshall Cavendish. 2007. hlm. 1202. ISBN 0-7614-7642-3. Penanda Google Books: 72VwCFtYHCgC. 
  3. ^ "Adai-Adai: Song of the fishermen". bt.com.bn. Diakses tanggal 4 Maret 2016. 
  4. ^ "Adai-Adai: A Brunei Malay Traditional Dance". bt.com.bn (dalam bahasa bahasa Inggris). Diakses tanggal 4 Maret 2016. 
  5. ^ "Tarian Adai-Adai". jkkn.gov.my. Diakses tanggal 4 Maret 2016.