Tape drive

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kandar pita DDS. Di atasnya, dari kiri ke kanan: pita DDS-4 (20 GB), pita Data8 112m (2.5 GB), pita DC-6250 QIC (250 MB), dan cakram liuk 3.5" (1.44 MB).

Kandar pita atau pemacu pita (Inggris: tape drive) adalah perangkat penyimpanan data yang membaca dan menulis data sebagai perekam digital pada pita magnetik. Penyimpanan data pita magnetik biasanya digunakan untuk penyimpanan data arsip yang luring. Media berpita umumnya memiliki biaya satuan yang menguntungkan dan stabilitas arsip yang panjang.

Kandar pita menyediakan penyimpanan akses sekuensial, tidak seperti cakram keras, yang menyediakan penyimpanan akses langsung. Disk drive dapat pindah ke posisi apa pun pada disk dalam beberapa milidetik, tetapi kandar pita harus secara fisik melilitkan pita di antara gulungan untuk membaca satu bagian data tertentu. Akibatnya, kandar pita memiliki waktu akses rata-rata yang sangat besar. Namun, kandar pita dapat mengalirkan data dengan sangat cepat dari kaset ketika posisi yang diperlukan telah tercapai. Sebagai contoh, pada 2010, Linear Tape-Open (LTO) mendukung kecepatan transfer data sinambung hingga 140 MB/s, kecepatan yang sebanding dengan cakram keras.

Pada tahun 2014, Sony dan IBM mengumumkan bahwa mereka telah mampu merekam 148 gigabit per inci persegi dengan media pita magnetik yang dikembangkan menggunakan teknologi pembentukan selaput tipis vakum baru yang mampu membentuk partikel kristal yang sangat halus, memungkinkan daya tampung pita sejati sebesar 185 TB.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sony develops magnetic tape technology with the world's highest*1 areal recording density of 148 Gb/in2". Sony Global. Diakses tanggal 2014-05-04. 
  2. ^ Fingas, Jon (4 Mei 2014). "Sony's 185TB data tape puts your hard drive to shame". Engadget. Diakses tanggal 2014-05-04.