Tantangan Ember Es

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Tantangan Ember Es (The Ice Bucket Challenge, kadang-kadang disebut ALS Ice Bucket Challenge), adalah kegiatan berupa menyiram seember air es di kepala seseorang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit sklerosis lateral amiotrofik (ALS) dan mendorong sumbangan untuk penelitian penyakit tersebut. Tantangan ini menjadi terkenal di seluruh media sosial selama pertengahan 2014.[1][2]

Kegiatan ini menantang peserta yang telah ditunjuk untuk memfilmkan dirinya dengan ember berisi air es dituangkan di kepalanya dan menantang orang lain untuk melakukan hal yang sama. Ketentuan umumnya, orang-orang yang ditunjuk memiliki waktu 24 jam untuk memenuhi tantangan itu atau tidak dengan cara sumbangan amal.[3]

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Tidak jelas siapa yang memberi ide menyiram air dingin di kepala seseorang untuk mengumpulkan uang untuk tujuan amal, dan dikaitkan dengan berbagai sumber. Mulai pertengahan 2013 hingga awal 2014, sebuah tantangan yang tidak diketahui asalnya yang sering disebut "Tantangan Air Dingin" (Cold Water Challenge) menjadi populer di media sosial di wilayah utara Amerika Serikat (AS). Tantangan ini biasanya melibatkan pilihan untuk menyumbangkan uang untuk penelitian kanker atau harus melompat ke dalam air dingin.[4]

Salah satu versinya, yang berlangsung di Salem, Indiana, AS pada 15 Mei 2014, terlibat menyiram peserta dengan air dingin dan kemudian menyumbangkan untuk amal;[5] sebagai contoh, Auckland Division of the Cancer Society of New Zealand.[6] Seperti tantangan serupa saat ini, tantangan ini biasanya difilmkan sehingga bisa dibagi secara daring.

Peraturan[sunting | sunting sumber]

Dalam waktu 24 jam setelah ditantang, peserta harus merekam video dirinya. Pertama, mereka mengumumkan penerimaan mereka terhadap tantangan yang diikuti dengan menuangkan es ke dalam seember air. Kemudian, ember tersebut akan diangkat dan dituangkan di atas kepala peserta. Kemudian peserta dapat menantang orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Peserta yang ditantang bisa memilih untuk menyumbangkan, melakukan tantangan, atau melakukan keduanya. Dalam salah satu versi tantangan, peserta diharapkan untuk menyumbangkan $ 10 jika mereka telah menuangkan air es di atas kepala mereka atau menyumbangkan $ 100 jika mereka tidak melakukannya.[7] Dalam versi lain, membuang air es di atas kepala peserta dilakukan sebagai pengganti dari setiap donasi, yang telah memunculkan beberapa kritik bahwa tantangan berubah menjadi slacktivisme.[8] Video individu yang menyertakan peserta mengatakan bahwa mereka akan membuat sumbangan bersama dengan melakukan tantangan ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lost Coast Of New Zealand (2014-07-09). "Charities benefit from viral ice challenge". TVNZ. Diakses tanggal 2014-08-17. 
  2. ^ "News". Cancer Society Auckland. Diakses tanggal 2014-08-17. 
  3. ^ Arco, Matt (August 13, 2014). "Governor Chris Christie gets in on 'Ice Bucket Challenge', dares Cory Booker". Nj.com. Diakses tanggal August 13, 2014. 
  4. ^ Perez, Iris (2014-06-25). "DNR: Don't rise 'Cold Water Challenge'". MyFox Twin Cities. Fox Television Stations. Diakses tanggal 2014-08-17. 
  5. ^ MacDonald, Janelle (May 15, 2014). "People take the plunge to support 7-year-old with brain tumor". Diakses tanggal August 24, 2014. 
  6. ^ "The Ice Water Challenge". Cancersocietyauckland.org.nz. Diakses tanggal 2014-08-18. 
  7. ^ "Health: Local ALS Researchers Take Ice Bucket Challenge". CBS Philadelphia. August 12, 2014. Diakses tanggal August 17, 2014. 
  8. ^ "#IceBucketChallenge: Why You're Not Really Helping". Huffington Post. August 7, 2014. Diakses tanggal August 17, 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]