Tanoto Foundation

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search


Tanoto Foundation adalah lembaga filantropi yang didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto yang memiliki fokus pada penanggulangan kemiskinan melalui dukungan terhadap pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan kualitas hidup.[1] Tanoto Foundation dilandasi oleh keyakinan ke dua pendirinya bahwa setiap orang patut memiliki kesempatan untuk merealisasikan potensinya secara penuh.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kegiatan Tanoto Foundation telah dimulai semenjak tahun 1981 melalui pembangunan taman kanak-kanak dan sekolah dasar di Besitang, Sumatera Utara.[2] Anggota keluarga Tanoto yang menjadi Dewan Pembina Tanoto Foundation adalah Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto serta keempat putra dan puteri mereka: Andre Tanoto, Imelda Tanoto, Belinda Tanoto dan Anderson Tanoto.

Keuangan[sunting | sunting sumber]

Tanoto Foundation dibiayai sepenuhnya oleh Keluarga Sukanto Tanoto yang termasuk ke dalam Dewan Pembina Tanoto Foundation[3]

Aktivitas di Indonesia[sunting | sunting sumber]

Kedua pendiri Tanoto Foundation, Sukanto Tanoto, yang tidak pernah menyelesaikan SMA dan Tinah Bingei Tanoto senantiasa bekerja keras dari dahulu untuk mendukung keluarga mereka dan tidak berhenti memiliki keyakinan bahwa pendidikan merupakan hal yang sangat penting. Hal inilah yang mendasari program beasiswa Tanoto Foundation baik di dalam maupun luar negeri[4].

Tanoto Foundation memiliki dua kegiatan utama dalam sektor pendidikan yaitu mendukung perluasan akses serta peningkatan mutu pendidikan.

Untuk mendukung akses pendidikan yang lebih luas dan merata, Tanoto Foundation bekerjasama dengan lebih dari 35 Perguruan Tinggi dalam memberikan beasiswa untuk jenjang pendidikan S1 dan S2[5].

Sedangkan untuk mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan, Tanoto Foundation melaksanakan program Pelita Pendidikan di daerah pedesaan di Indonesia[6]. Salah satu programnya adalah pelatihan guru. Pada tahun 2013, Tanoto Foundation dan Wharton School of the University of Pennsylvania meluncurkan Tanoto Initiative at the Wharton School, yang menawarkan dukungan dana penelitian, kursus akademis, pertukaran mahasiswa dan beasiswa demi memperdalam thought leadership dan pendidikan bisnis di kawasan Asia.[7] Universitas Gajah Mada dan Universitas Indonesia adalah mitra dalam kerjasama ini.

Tanoto Foundation bersama dengan Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia secara reguler mengadakan seminar untuk memupuk semangat kewirausahaan generasi muda. Dinamakan Tanoto Entrepreneurship Series, acara ini menghadirkan berbagai pengusaha sukses untuk berbagi tips kepada para mahasiswa MM FEB UI dan khalayak ramai tentang bagaimana menjadi wirausaha yang sukses.[8]

Tanoto Foundation juga bekerja sama dengan institusi pendidikan tinggi di Jakarta dalam membangun perpustakaan bagi para dosen dan mahasiswa, di Prasetiya Mulya Business School.[9]

Di Singapura, Tanoto Foundation  mendukung program beasiswa bagi para peneliti dan professor dan program pendidikan lainnya[10], termasuk Tanoto Scholarship Fund untuk mahasiswa kedokteran S1 National University of Singapore, program penelitian Duke-NUS, mendirikan perpustakaan Tanoto Library di INSEAD,serta mendirikan pusat kesenian untuk Asia Tenggara di Nanyang Academy of Fine Arts.

Pada September 2014,  Sukanto Tanoto mendonasikan SGD 3 juta untuk National Heart Research Institute of Singapore demi mendukung program professorship dalam penelitian untuk kesehatan jantung.[11]

Di Tiongkok, Tanoto Foundation memberikan dukungan terhadap masyarakat yang tertimpa bencana alam seperti banjir dan gempa bumi.[12]

Sumbangsih[sunting | sunting sumber]

  • 1981: Sukanto dan Tinah Tanoto memulai pembangunan Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar untuk anak-anak karyawan di Besitang, Sumatera Utara, Indonesia. Karena sambutan luar biasa yang tidak hanya datang dari karyawan perusahaan, sekolah ini dibuka untuk umum dan Sekolah Menengah Pertama kemudian dibangun.
  • 1989: Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama dibuka di Porsea, Sumatera Utara.
  • 1991: Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar didirikan di Kotapinang, Sumatera Utara.
  • 1993: Pembangunan Gedung Rawat Jalan di Rumah Sakit Pertama Putian di Provinsi Fujian, Cina.
  • 1996: 25 Sekolah Dasar dibangun kembali di Provinsi Jiangsu, Cina.
  • 1999: Program pemberdayaan pertama dengan pendirian Skema Pertanian Terpadu (bekerja sama dengan APRIL) di Kerinci, Sumatra, Indonesia.
  • 2001: Keluarga Tanoto secara resmi mendirikan Tanoto Foundation sebagai lembaga yang memayungi kegiatan sosial keluarga.
  • 2002: Pembangunan konstruksi Jin Rong Teaching Building di Putian University, Provinsi Fujian, Cina.
  • 2005: Pembukaan Tanoto Library di INSEAD, Singapura.
  • 2006: Tanoto Foundation meluncurkan program beasiswa di Indonesia, menyediakan dukungan financial bagi mahasiswa Strata Satu dan Strata Dua.
  • 2006: Pelaksanaan program pemberdayaan Nelayan Pangandaran, yaitu menyediakan kapal pancing serta asistensi pendirian perusahaan kecil dan menengah bagi korban tsunami Indonesia pada tahun 2006.
  • 2008: Tanoto Foundation menerima status Institution of Public Character di Singapura.
  • 2009: Pembentukan dukungan bagi Profesor metabolisme dan endokrinologi di Duke-NUS Graduate Medical School, Singapura.
  • 2010: Dimulainya Program Peningkatan Sekolah, yang memfokuskan pada pemberdayaan pengajar, penguatan lembaga pendidikan, dan peningkatan lingkungan fisik dan intelektual di sekolah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1]
  2. ^ http://www.tanotofoundation.org/id/tentang-kami/sejarah-dan-tonggak-capaian.html 
  3. ^ http://www.tanotofoundation.org/id/en/ruang-berita/arsip/2-uncategorised/208-andre-dan-imelda-tanoto-kami-ingin-tanoto-foundation-lebih-bermanfaat-bagi-masyarakat.html
  4. ^ http://edukasi.kompas.com/read/2014/08/20/12503041/Tanoto.Foundation.Gelontorkan.Rp.15.Miliar.untuk.Beasiswa
  5. ^ http://edukasi.kompas.com/read/2014/08/20/12503041/Tanoto.Foundation.Gelontorkan.Rp.15.Miliar.untuk.Beasiswa
  6. ^ http://kabar24.bisnis.com/read/20130611/255/144237/tanoto-foundation-pelita-pendidikan-latih-guru-di-daerah-terpencil
  7. ^ http://news.wharton.upenn.edu/press-releases/2013/07/tanoto-foundation-international-and-wharton-launch-tanoto-initiative-for-indonesian-and-asean-studies/    
  8. ^ http://www.feb.ui.ac.id/tanoto-entrepreneurship-series/
  9. ^ http://www.pmbs.ac.id/study.php?lang=ENG&idmenu=W011 Prasetiya Mulya Business School
  10. ^ http://www.inside-rge.com/Tanoto-Scholars-Gathering-2016
  11. ^ https://www.duke-nus.edu.sg/cvmd/article/launch-national-heart-research-institiute-singapore-tanoto-foundations-professorship-gift
  12. ^ http://www.tanotofoundation.org/en/tanoto-foundation-international/

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Website Resmi Tanoto Foundation