Tank Girl (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Tank Girl
Poster rilis teatrikal
Poster rilis teatrikal
Sutradara Rachel Talalay
Produser
Skenario Tedi Sarafian
Berdasarkan Komik Tank Girl 
oleh Alan Martin
Jamie Hewlett
Pemeran
Musik
Sinematografi Gale Tattersall
Penyunting James R. Symons
Perusahaan
produksi
Trilogy Entertainment Group
Distributor United Artists
Tanggal rilis
  • 31 Maret 1995 (1995-03-31)
Durasi
104 menit[2]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $25 juta[3]
Pendapatan kotor Sekitar $6 juta[3][4]

Tank Girl adalah sebuah film aksi komedi fiksi ilmiah Amerika 1995 yang disutradarai oleh Rachel Talalay. Film tersebut berdasarkan serial komik dengan nama yang sama yang dibuat oleh Alan Martin dan Jamie Hewlett dan diterbitkan oleh majalah Deadline. Film tersebut dibintangi oleh Lori Petty, Naomi Watts, Ice-T, dan Malcolm McDowell. Film tersebut mengisahkan tentang serangkaian konfrontasi antara perusahaan Water & Power yang kasar dengan Tank Girl (Petty) dan Rippers, sebuah kelompok yang memodifikasi prajurit super secara genetis, yang harus bersatu untuk mengalahkan perusahaan tersebut yang dipimpin oleh Kesslee (McDowell).

Setelah membaca sebuah komik Tank Girl yang ia terima sebagai hadiah, Talalay memperoleh izin dari penerbit Deadline, Tom Astor, untuk menyutradarai film adaptasi. Ia memilih Catherine Hardwicke sebagai desainer produksi dan bekerja sama dengan Martin dan Hewlett selama pembuatan film. Lokasi pembuatan film Tank Girl di White Sands, New Mexico, dan Tucson, Arizona. Lajur suara (soundtrack) film yang banyak dipuji kritisi ditata oleh Courtney Love. Tim rias dan prostesis Rippers dipimpin oleh Stan Winston. Pihak studio Winston sangat ingin bekerja pada proyek itu sehingga mereka memotong harga setengah dari tarif biasa mereka untuk memenuhi anggaran film.

Tank Girl tidak sukses secara finansial dengan hanya memperoleh sekitar 6 juta dolar dari pengeluaran sebesar 25 juta dolar dan memperoleh pendapat yang beragam dari para kritisi. Martin dan Hewlett mulai berkomentar negatif mengenai pengalaman mereka dalam membuat film tersebut. Atas pendapat negatif, Talalay menyalahkan suntingan studio yang tidak dapat dikendalikannya. Meskipun memperoleh kritik negatif dan mengalami kerugian, film ini menjadi contoh film buku komik dengan dedikasi tinggi dan terkenal akan tema feminismenya.

Plot[sunting | sunting sumber]

Tahun 2022, sebuah komet menghantam bumi yang menyebabkan kekeringan selama 11 tahun. Hingga 2033, sebagian besar air yang tersisa disimpan oleh Kesslee (Malcolm McDowell) dan perusahaan Water & Power (W&P) miliknya, yang menggunakan air untuk mengendalikan populasi. Rebecca Buck – "Tank Girl" (Lori Petty) – adalah seorang anggota sebuah komune di pedalaman Australia yang mengoperasikan sumur air terakhir yang tidak dikendalikan oleh W&P. W&P menyerang komune tersebut. Kekasih Tank Girl, Richard (Brian Wimmer), dibunuh oleh pasukan W&P. Tank Girl dan temannya, Sam (Stacy Linn Ramsower), ditangkap. Kesslee menyiksa dan memperbudak Tank Girl karena menantangnya. Jet Girl (Naomi Watts), seorang mekanik jet berbakat, tetapi introver yang putus asa dalam upaya melarikan diri dari W&P, memaksa Tank Girl untuk mengurangi membuat masalah dengan W&P, tetapi Tank Girl menolak. Salah satu bentuk siksaan personel W&P adalah mendorongnya masuk ke dalam sebuah pipa panjang dan mengisi pipa tersebut dengan air.

Kelompok Rippers yang misterius membantai penjaga-penjaga di kompleks bangunan W&P, kemudian melarikan diri tak terdeteksi. Kesslee menggunakan Tank Girl untuk memancing Rippers ke tempat terbuka, tetapi mereka berhasil melukai Kesslee dan membiarkan Tank Girl dan Jet Girl melarikan diri. Jet Girl mencuri sebuah jet tempur dan Tank Girl mencuri sebuah tank dari W&P. Tank Girl memodifikasi besar-besaran tank tersebut. Dari Sub Girl (Ann Cusack) yang eksentrik, Tank Girl dan Jet Girl mengetahui bahwa Sam bekerja di sebuah klub seks bernama Liquid Silver. Mereka menyusup ke klub itu dan menyelamatkan Sam dari seorang pedofilia, Rat Face (Iggy Pop), kemudian mempermalukan pemilik klub, "The Madame" (Ann Magnuson), dengan memaksanya menyanyikan lagu Cole Porter, "Let's Do It", di bawah todongan senjata. Di tengah-tengah nyanyian, pasukan W&P masuk dan kembali menangkap Sam. Tank Girl dan Jet Girl menyusuri padang pasir dan menemukan tempat persembunyian Rippers. Mereka mengetahui bahwa Rippers adalah tentara super yang dibuat dari DNA manusia dan kanguru oleh seseorang yang bernama Johnny Prophet. Tank Girl berteman dengan seorang Ripper bernama Booga (Jeff Kober), sementara Ripper lain bernama Donner (Scott Coffey) menunjukkan ketertarikannya pada Jet Girl. Pemimpin Rippers, Deetee (Reg E. Cathey), mengirim Tank Girl dan Jet Girl keluar untuk merebut sebuah pengiriman senjata, meskipun Ripper T-Saint (Ice-T) merasa keberatan. Tank dan Jet kembali membawa peti-peti senjata yang setelah dibuka ternyata sebagian besar kosong. Setelah menemukan Johnny Prophet tewas dalam sebuah peti, Tank, Jet, dan Rippers menyadari bahwa W&P telah memperdaya mereka.

Tank Girl, Jet Girl, dan Rippers menyelinap masuk ke wilayah W&P, tetapi mereka disergap. Kesslee, yang tubuhnya telah direkonstruksi oleh ahli bedah sibernetik Che'tsai (James Hong), mengungkapkan bahwa Tank Girl tanpa diketahui telah disadap. Deetee dibunuh. Saat Rippers mampu membalikkan keadaan, Jet Girl membunuh Sergeant Small (Don Harvey), yang pernah melakukan pelecehan seksual terhadapnya. Kesslee memberitahu bahwa Sam berada dalam pipa dan hidupnya terancam oleh air yang semakin naik. Tank Girl menggunakan tanknya untuk membunuh Kesslee, kemudian menarik Sam keluar dari pipa. Film berakhir dengan animasi air mulai mengalir bebas. Tank Girl membawa tanknya mengikuti arus, menarik Booga di belakangnya yang menaiki ski air, kemudian membawa mereka melewati sebuah air terjun, berteriak kegirangan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Maslin, Janet (31-03-1995). "Movie Review – Tank Girl; Brash and Buzz-Cut Atop Her Beloved Tank". The New York Times. Diarsipkan dari versi asli tanggal 09-11-2014. Diakses tanggal 09-02-2015. 
  2. ^ "Tank Girl". Badan Klasifikasi Film Britania. 13-04-1995. Diarsipkan dari versi asli tanggal 09-11-2014. Diakses tanggal 09-02-2015. 
  3. ^ a b "Tank Girl". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15-10-2015. Diakses tanggal 09-02-2015. 
  4. ^ "'Batman's' boffo B.O. in Britain". Variety. 24-07-1995. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15-10-2015. Diakses tanggal 14-07-2015. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]