Tanjung Harapan, Sebulu, Kutai Kartanegara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tanjung Harapan
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiKalimantan Timur
KabupatenKutai Kartanegara
KecamatanSebulu
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Tanjung Harapan adalah salah satu desa di wilayah kecamatan Sebulu, kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia.

Berdasarkan data Monografi Desa Tanjung Harapan (2010) diperoleh gambaran bahwa Desa Tanjung Harapan termasuk dalam wilayah Kecamatan Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Luas wilayah Desa Tanjung Harapan ± 9.000 Ha, yang digunakan untuk berbagai macam peruntukan seperti jalan desa, kebun dan ladang, pemukiman, pekuburan, semak belukar dan rawa-rawa.

Batas-batas wilayah Desa Tanjung Harapan sebagai berikut:

Utara Desa Teratak
Timur Dusun Ngadang (Desa Beloro)
Selatan Dusun Harapan Jaya (Desa Sanggulan)
Barat Desa Sanggulan

Secara geografis, Desa Tanjung Harapan berada pada ketinggian ± 300 m dari permukaan laut sehingga dapat dikategorikan pada topografi dataran tinggi.

Desa Tanjung Harapan masih termasuk daerah pedalaman, karena posisinya berada jauh dari perkotaan, baik ibu kota kabupaten maupun ibu kota Provinsi. Adapun jarak orbitasi Desa Tanjung Harapan dengan pusat pemerintahan adalah sebagai berikut:

  • Jarak dari Pusat Pemerintahan Kecamatan ± 10 Km
  • Jarak dari pusat Pemerintahan Kabupaten adalah : ± 100 Km
  • Jarak dari pusat Pemerintahan Provinsi adalah : ± 150 Km

Adapun dari keseluruhan luas wilayah desa kemudian terbagi dalam beberapa peruntukan, yakni meliputi peruntukan sebagai berikut:

Peruntukan Lahan Desa Tanjung Harapan.[1]

No Peruntukan Lahan Desa Luas
1 Tanah Sawah 474 Ha
2 Tanah Pekarangan 70 Ha
3 Tanah Tegalan 500 Ha
4 Lain-lain 7955 Ha
Luas keseluruhan 9000 Ha

Dilihat dari peruntukan lahan di Desa Tanjung Harapan Kecamatan Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa di desa tersebut tata ruang wilayahnya telah diatur dengan baik, hal ini ditunjukan dengan telah terbaginya seluruh lahan desa yang digunakan untuk kepentingan masyarakat desa, baik dalam mendukung kegiatan perekonomian melalui pertanian, kebutuhan akan lahan permukiman, sarana prasarana umum dan lain sebagainya.

Kependudukan[sunting | sunting sumber]

Desa Tanjung Harapan memiliki potensi Sumber Daya Manusia dengan jumlah penduduk sebanyak 1.171 jiwa yaitu terbagi atas laki-laki sebanyak 618 jiwa dan perempuan 553 jiwa. Adapun jumlah Kepala Keluarga sebanyak 332 KK. Mayoritas penduduk Desa Tanjung Harapan adalah Kutai yaitu dengan presentase 93,60%. Selain suku Kutai terdapat juga suku-suku lain yang pada waktu pertama mendiami desa mereka adalah pendatang, yaitu penduduk yang mencari kerja dan mendapatkan hak yang sama seperti penduduk asli desa Tanjung Harapan. Umumnya suku-suku yang masuk ke desa Tanjung Harapan adalah suku Jawa, Bugis, Banjar, Dayak dan Timur.

Pada awalnya mayoritas masa pencarian penduduk Desa Tanjung Harapan Kecamatan Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara adalah sebagai petani holtikultura seperti padi, palawija, dan sayur-sayuran, selain itu penduduk juga ada yang menanam komoditas perkebunan. Akan tetapi saat ini di wilayah Desa Tanjung Harapan terdapat perusahaan yaitu HTI, dengan adanya perusahaan tersebut banyak masyarakat yang bekerja menjadi buruh sehingga pekerjaan sebagai petani mulai ditinggalkan oleh masyarakat yang dulunya menjadi petani sehingga presentase jumlah penduduk yang bekerja sebagai buruh lebih besar dibandingkan yang bekerja sebagai petani. Secara rinci mengenai mata pencaharian masyarakat Desa Senoni dapat dilihat pada tabel 4.2 berikut:

Mata Pencaharian Penduduk Desa Tanjung Harapan.[2]

No Sektor Jumlah
1 Pertanian 154
2 Karyawan 334
3 Buruh 106
4 PNS 23
5 Pedangang 71
Jumlah 668

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Monografi Desa Tanjung Harapan Tahun 2010
  2. ^ Profil Desa Tanjung Harapan tahun 2010