Tanjung Damai, Siak Kecil, Bengkalis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tanjung Damai
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiRiau
KabupatenBengkalis
KecamatanSiak Kecil
Kodepos28771
Luas34 km²
Jumlah penduduk3456 jiwa
Kepadatan10 - jiwa/km²

Tanjung Damai adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Siak Kecil, kabupaten Bengkalis, provinsi Riau, Indonesia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Desa tanjung damai merupakan desa transmigrasi pada tahun 1982 yang berasal dari daerah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Pada awalnya desa tanjung damai hanya sebuah RK (Rukun Keluarga) yang bergabung dengan Desa Lubuk Gaung sebagai desa induknya. Namun karena adanya konflik antar warga maka tanjung damai berdiri sendiri pada tahun 1987 tepatnya tanggal 14 Februari 1987, dengan dipimpin oleh seorang kepala desa bernama Bapak SuKasno melalui pemilihan masyarakat Tanjung Damai. Diberi nama tanjung damai merupakan keputusan masyarakat pada saat awal pembentukan desa. Kata tanjung diambil dari sebuah sungai di desa yang berbentuk tanjung, sedangkan kata damai diambil dari harapan warga untuk memiliki desa yang penuh kedamaian jauh dari konflik masyarakat.

Pada awalnya masyarakat Tanjung Damai mengelola lahan pertanian berupa padi, jagung, sayuran dan lainnya. Namun seiring berjalannya waktu mayarakat Tanjung Damai sebagaian besar masyarakatnya berali mengelola perkebunan yaitu perkebunan sawit.Dikarnakan penyempitan lahan persawahan tidak adanya dukungan dan pantauan dari instansi lain yang terkait.sehingga lahan persawahan menjadi alih fungsi tanaman sawit.

LUAS WILAYAH[sunting | sunting sumber]

Untuk luas desa Tanjung Damai itu sendiri memiliki luas wilayah 3400 Ha.

Luas tersbagi atas pemukiman, persawahan, perkebunan, kuburan, perkantoran, prasarana umum lainnya.

ETNIS[sunting | sunting sumber]

No Data Jumlah
1 Batak 1%
2 Melayu 5%
3 Sunda 1%
4 Jawa 93%

BAHASA[sunting | sunting sumber]

   Bahasa sehari-hati yang umum dilakukan masyarakat tanjung damai dalam berkomunikasi adalah bahasa jawa dan bahasa indonesia.

• RELIGI

No Data Jumlah
1 Islam 99.9%
2 Hindu 0.1%

KESENIAN[sunting | sunting sumber]

No Data Jumlah
1 Rebana 1 Grup
2 Kompang Melayu 1 Grup
3 Pencak Silat 3 Grup

KEARIFAN DAN PENGETAHUAN LOKAL[sunting | sunting sumber]

Masyarakat Desa Tanjung Damai adalah masyarakat Transmigrasi dari Jawa sehingga saat ini sangat memegang teguh tradisi Jawa berupa semangat bekerja. Telaten dan sabar.

Beberapa kali terjadi konflik perbatasan dengan desa sebelah yakni desa Induk Lubuk Gaung tetapi selalu diakhiri dengan perdamaian.