Tangkul

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Lukisan tangkul pantai di Kochi, India dari buku Das Buch der Welt, Stuttgart, 1842-48

Tangkul[1] atau anco adalah sejenis jaring angkat (lift nets) yang dioperasikan dengan tangan. Alat tangkap ikan ini terdiri dari jaring berbentuk persegi yang keempat ujungnya diikatkan pada dua batang bambu atau kayu yang dipasang bersilang tegak lurus. Jaring ini lalu digantungkan pada sebatang galah, dengan mengaitkan atau mengikatkan titik persilangan bambu tadi di ujung galah. Tangkul dioperasikan dengan cara merendam jaring dalam posisi mendatar di perairan, dan kemudian mengangkatnya setelah beberapa saat didiamkan.

Tipe[sunting | sunting sumber]

Anco tetap di India
Anco kecil di Wanasari, Kebumen
Anco di Teluk Sape, Bima, 1949

Ada dua macam tangkul:

  • Tangkul tetap atau anco tetap; yakni tangkul berukuran besar dengan ukuran jaring biasanya mencapai 3 m × 3 m, yang dipasang pada posisi yang tetap di tepi pantai (laut, danau, atau rawa); karena itu disebut juga tangkul pantai. Suatu perancah biasanya dibangun khusus untuk menempatkan jaring ini beserta galahnya. Bergantung pada ukurannya, anco tetap dioperasikan oleh 1-3 orang nelayan.
Di India, terdapat sejenis anco tetap dengan jaring berukuran besar bergaris tengah hingga 20 m, yang dikenal sebagai Chinese fishing nets. Anco berukuran besar ini memerlukan pemberat berupa batu-batu, untuk mengimbangi bobot jaring dan ikannya ketika dinaikkan. Nama umum anco tetap dalam bahasa Inggris, di antaranya, stationary lift nets dan shore operated stationary lift nets.
  • Tangkul biasa atau anco kecil; adalah tangkul berukuran kecil yang mudah dibawa-bawa atau dipindahkan. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai portable lift nets atau portable hand lift nets. Dengan jaring yang berukuran kecil, panjang sisinya antara 1-2 m, tangkul ini biasa dipakai untuk menangkap ikan di parit-parit, rawa, atau telaga kecil. Anco kecil biasanya cukup dioperasikan oleh satu orang saja.

Alat bantu[sunting | sunting sumber]

Dalam mengoperasikan tangkul, biasanya digunakan pula serok untuk mengambil ikan-ikan yang terperangkap di tengah jaring tangkul.

Alat serupa[sunting | sunting sumber]

Bintur adalah semacam jaring sederhana yang terbuat dari anyaman bambu renggang, digunakan untuk menangkap yuyu di sungai. Prinsip kerjanya serupa dengan tangkul, akan tetapi sering dioperasikan tanpa galah. Alih-alih, digunakan tali untuk mengangkat 'jaring' anyaman bambu tadi. Bintur biasa digunakan oleh anak-anak, dan kadang-kadang juga orang dewasa, di wilayah Banyumas, Jawa Tengah.

Bahan bacaan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ KBBI: tangkul
  • FAO: Shore Operated Stationary Lift Nets
  • FAO: Portable Hand Lift Nets
  • Coche, AS.G. & ‎James F. Muir. 1998. Management for Freshwater Fish Culture: fish stock and farm management. FAO Training Series no 21/2: 159. Rome: FAO.
  • Subani, W. & HR. Barus. 1989. "Alat Penangkapan Ikan dan Udang Laut di Indonesia". Jurnal Penelitian Perikanan Laut no. 50. Jakarta: Balai Penelitian Perikanan Laut, Balitbang Pertanian, Departemen Pertanian.