Tanggungan, Ngraho, Bojonegoro

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Tanggungan)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Tanggungan
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenBojonegoro
KecamatanNgraho
Kodepos
62165
Luas446.30 km2
Jumlah penduduk3348 jiwa
Kepadatan30 jiwa/km2

Tanggungan adalah salah satu desa di Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Indonesia.

Desa Tanggungan adalah salah satu Desa Miskin, dan Desa Berkembang di wilayah Kecamatan Ngraho, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Indonesia. Dengan jarak dari Ibu kota Kecamatan ± 2 Km dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih lima belas menit, dan 48 Km jarak dari Kabupaten dengan jarak tempuh satu jam tiga puluh menit. terletak di sebelah utara ibu kota Kecamatan Ngraho dengan Batas-batas Desa sebagai berikut: ~. Sebelah Utara Desa Sumberarum ~. Sebelah Timur Desa Pandan ~. Sebelah Selatan Desa Nganti dan Desa Jumok ~. Sebelah Barat Desa Tapelan dan Desa Kalirejo

Desa ini terletak hampir di tengah-tengah wilayah Kecamatan Ngraho, yang mana dilewati jalan raya Ngawi-Padangan sehingga desa Tanggungan merupakan desa sentra sebanding dengan desa-desa lain di Kecamatan Ngraho yang dilewati jalan raya tersebut.

Desa Tanggungan mencakup 4 dusun, yaitu Sekaran, Tanggungan, Karang Turi dan Ngori yang mana dusun Ngori merupakan tempat berlokasinya kantor balai desa dan merupakan salah satu dusun yang dilewati jalan raya Ngawi-Cepu, selain dusun sekaran, desa Tanggungan juga terdiri dari 18 Rt dan 9 Rw.

Penduduk desa Tanggungan 70% bermata pencaharian sebagai petani dan bruh tani, 15% sebagai buruh swasta,10% berwiraswasta dan 5% sebagai PNS. dan wilayah desa Tanggungan sebagian besar adalah lahan pertanian dan pekarangan/tegalan dimana potensi pertanian sangat besar, namun dengan berbagai macam kendala dan masalah terutama dalam hal pengairan kesawah yang belum ada dan masih mengandalkan air hujan, sehingga hasil yang didapat masih jauh dari harapan karena masih banyak lahan yang hanya bisa digarap satu kali dalam setahun. hanya dipinggiran sungai dan dekat sumber air yang dapat digarap dua kali dalam satu tahun, desa Tanggungan masih banyak mengharapkan bantuan-bantuan dari pemerintah daerah maupun pusat guna menunjang penghasilan masyarakat menjadi lebih baik lagi.

Dari seri infrastruktur jalan didesa Tanggungan 8,5 Km jalan poros desa kini sudah mendapat pavingisasi 1,5 Km, dan 500 m aspal rusak, dan 6,5 Km jalan telford/makadam biasa yang rata-rata juga sudah rusak. 1 Km Jalan Poros juga sudah di Plengseng/TPT. untuk jalan lingkungan masih banyak yang berupa tanah liat sehingga jika musim penghujan jalan tersebut becek dan susah dilewati.

Desa Tanggungan juga mempunyai fasilitas pendidikan mulai PAUD/TK, SDN, SMPN, dan SMKN dengan lebih dekatnya fasilitas pendidikan tersebut maka akan lebih tergugah para orang tua untuk terus membawa pendidikan untuk anak-anak mereka ke jenjang yang lebih tinggi sehingga SDM di desa Tanggungan ini akan meningkat guna persaingan di era modern ini.