Tanggal kedaluwarsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Video luar
“Sell-by dates: Things to Know", Knowable Magazine, Januari 8.2020

Tanggal kedaluwarsa (ragam tak baku: kadaluwarsa, kadaluarsa)[1] adalah tanggal atau batas waktu yang ditentukan hingga sesuatu tidak boleh lagi digunakan, baik secara hukum atau karena melampaui masa simpan yang diantisipasi untuk barang-barang yang mudah rusak. Tanggal kedaluwarsa berlaku untuk produk makanan tertentu dan beberapa produk manufaktur lainnya seperti kursi mobil bayi, di mana usia produk dapat memengaruhi penggunaan produk dengan aman.[2]

Tanggal kadaluarsa atau dalam bahasa Inggris expired date artinya adalah lamanya sebuah produk dalam kondisi baik-baik saja dan bisa digunakan sesuai nilainya . Tanggal yang tercantum menunjukkan batas waktu penggunaan produk sebelum produk rusak secara alami sesuai usianya.

Definisi hukum dan penggunaan istilah akan bervariasi antara berbagai negara dan produk. Istilah yang berbeda dapat digunakan untuk produk yang cenderung rusak dan produk yang cenderung stabil di rak. Istilah Use by sering digunakan untuk produk seperti susu dan daging yang cenderung rusak dan dapat berbahaya bagi mereka yang memakannya. Produk tersebut tidak boleh dimakan melewati tanggal yang tertera. Istilah Best before sering digunakan untuk produk yang kualitasnya mungkin sedikit menurun, tetapi umumnya tidak akan membahayakan, seperti produk makanan kering. Produk-produk tersebut secara umum dapat dimakan setelah tanggal Best Before mereka atas kebijaksanaan konsumen. Kondisi penyimpanan dan penanganan akan mempengaruhi apakah dan kapan suatu barang akan rusak, sehingga ada variabilitas yang melekat dalam penandaan tanggal ini.[3][4] Suatu produk bisa saja tidak layak digunakan atau dikonsumsi bahkan sebelum tanggal tersebut.

Tanggal kedaluwarsa yang sewenang-wenang juga biasa diterapkan oleh perusahaan pada kupon produk, penawaran promosi, dan kartu kredit. Dalam konteks ini, tanggal kedaluwarsa dipilih untuk alasan bisnis atau untuk mencegah penyalahgunaan, alih-alih untuk mengatasi masalah keamanan produk. Expired date sering disingkat EXP atau ED dalam kemasan produk.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hasil Pencarian - KBBI Daring". kbbi.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 2021-10-05. 
  2. ^ "Have you checked the expiration date on your child's car seat? - The Globe and Mail". 20 April 2011. 
  3. ^ Steele, R. (2004). Understanding and measuring the shelf-life of food (PDF). Cambridge, England: Woodhead Publishing Limited. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2021-10-24. Diakses tanggal 3 September 2021. 
  4. ^ Taormina, Peter J. (2021). Food Safety and Quality-Based Shelf Life of Perishable Foods. Springer Nature. ISBN 978-3-030-54375-4.