Tanda pangkat leher

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tanda pangkat leher Angkatan Udara Uni Soviet, 1950-an.
Jenderal Sir Bernard Montgomery mengenakan tanda pangkat leher perwira berwarna merah tua pada pakaian dinas lapangan tuniknya (jaket militer).

Tanda pangkat leher (tanda pangkat kerah atau punca kerah) adalah lencana, dari potongan kain kecil atau logam yang dijahit atau disematkan pada kerah yang dikenakan dalam seragam dinas militer dan sipil di beberapa negara. Tanda pangkat leher sebagai tanda pangkat militer (kelompok pangkat), jabatan atau pangkat dalam pelayanan sipil, unit militer, kantor (departemen) atau cabang angkatan bersenjata dan subpelayanan lainnya.

Indonesia[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, tanda pangkat leher dahulu dikenakan oleh Tentara Keamanan Rakyat dan Kepolisian Republik Indonesia, sekarang tanda pangkat leher yang secara resmi disebut "monogram" hanya digunakan oleh anggota Kepolisian Republik Indonesia, bordiran bergambar padi dan kapas (atau kadang-kadang terbuat dari logam) dengan latar belakang cokelat gelap. Untuk perwira umum dan taruna Akademi Kepolisian, memakai latar belakang merah.

Tanda pangkat leher dikenakan oleh anggota Polisi sejak dipisahkan dari Tentara Nasional Indonesia pada tahun 1999.

Referensi[sunting | sunting sumber]