Tanah Seribu, Binjai Selatan, Binjai

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Tanah Seribu adalah sebuah kelurahan di Binjai Selatan, Kota Binjai, Sumatra Utara, Indonesia. Luasnya adalah 0,4985 km² dan penduduknya berjumlah 5.540 jiwa.

Desa ini memiliki penduduk yang mayoritas bersuku Karo dan Jawa. Tanah Seribu ini berbatasan langsung dengan Kecamatan Sei Bingai di Kabupaten Langkat. Kelurahan ini adalah kelurahan penghasil rambutan terbesar di Binjai.

Terdapat beberapa organisasi kepemudaan seperti Karang Taruna, IMTAS (Ikatan Mahasiswa Tanah Seribu), PMMI AL Istiqomah, Sholawat Badar AL Istiqomah,shalawat Badar PRISDA, SSB TORPEDO.

Ada dua sungai yang melintasi daerah ini yaitu Sungai Lau Tenges dan Sungai Mencirim. Banyak hal-hal menarik di kelurahan ini seperti perpaduan budaya masyarakat Karo dan Jawa yang unik, merupakan jalan akses menuju objek wisata pemandian alam namo ukur (Langkat), Bukit Lawang, bahkan sampai ke Tanah Karo (Gunung Sinabung), dan merupakan kelurahan yang bisa dikembangkan menjadi objek wisata pedesaan.

Saat ini di kelurahan Tanah Seribu juga di kembangkan kesenian daerah berupa kesenian "Jaranan (kuda kepang), ludruk, ketropak, dan juga kesenian Batak Karo yang juga telah tersedia balai adat masyarakat karo berupa jambur dengan nama "O..Rudang Mayang", jambur ini terletak di ujung kota Binjai dan berbatasan dengan kecamatan Sei Bingai kabupaten Langkat.

Mayoritas warga kelurahan tanah seribu 90 % memeluk agama islam dan berprofesi sebagai buruh tani dan pedagang.

untuk kesehatan, Kelurahan Tanah seribu memiliki sebuah Puskesmas Pembantu dan 3 klinik kesehatan

Kelurahan ini juga sangat cocok di jadikan lahan investasi mengingat letak yang sangat strategis dimana banyak objek wisata alam yang melalui akses dari daerah ini, terutama investasi di bidang penyedia jasa wisata (tourist accomodation provider) mengingat masih banyak pemandangan alam yang sangat eksotik melalui akses daerah ini. kelebihan lain dari daerah ini adalah warganya yang ramah tamah dan pekerja keras, birokrasi dan staff yang handal serta berjiwa tolong menolong dan gotong royong serta suasana yang sangat kondusif.

Memiliki sebuah mesjid besar yang bernama "ISTIQOMAH"

adapun untuk areal perkuburannya terdapat di jalan sei. bangkatan (gang. patok) pasar II tanah seribu binjai