Tana Qirqos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Tana Qirqos (ejaan alternatif Tana Kirkos; juga disebut Tana Chirqos atau Tana Chirkos; Ge'ez: ጣና ቂርቆስ ṭānā ḳīrḳōs, ጣና ጪርቆስ ṭānā č̣īrḳōs) adalah sebuah pulau yang terletak di bagian timur Danau Tana di Etiopia. Pulau ini terletak di dekat mulut Sungai Gumara. Pulau ini dianggap sebagai pulau yang suci dan hanya biarawan Gereja Ortodoks Etiopia yang tinggal di pulau tersebut.

Biarawan-biarawan ini percaya bahwa pulau ini pernah menjadi tempat bersemayamnya Tabut Perjanjian. Menurut tradisi setempat, Tabut Perjanjian dibawa ke Tana Kirkos dari pos Yahudi di Pulau Elefantin di Mesir. Tabut Perjanjian ini konon disimpan di pulau Tana Qirqos dari tahun 400 SM hingga 400 M dan kemudian dipindah ke Gereja Bunda Kami Maria dari Zion di Aksum.

Saat R.E. Cheesman mengunjungi Tana Qirqos pada tahun 1933, ia menemukan lapisan batu yang besar di ujung utara pulau ini yang terlihat "seperti tembok batu besar". Ia mencatat bahwa formasi bebatuan tersebut "telah diidentifikasi sebagai basalt yang mengandung olivin" dan ia juga berkomentar bahwa "kemungkinan pulau ini merupakan asal nama Danau Tana."[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ R.E. Cheesman, "Lake Tana and Its Islands", Geographical Journal, 85 (1935), hlm. 498