Tambalan misi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tambalan misi atau logo misi adalah lambang misi penerbangan luar angkasa yang dikenakan oleh astronoaut dan personel lain yang berkaitan dengan misi tersebut. Biasanya berupa tambalan bersulam. Istilah tambalan luar angkasa sebagian besar diterapkan pada lambang yang dirancang untuk misi luar angkasa berawak. Secara tradisional, tambalan dikenakan pada pakaian luar angkasa yang dikenakan astronoaut dan kosmonoaut saat diluncurkan ke luar angkasa. Tambalan misi telah diadopsi oleh kru dan personel dari banyak usaha luar angkasa lainnya, baik publik maupun swasta.

Asal mula[sunting | sunting sumber]

Lencana misi Vostok 6

Tambalan misi luar angkasa pertama diterbangkan oleh kosmonoaut Soviet, Valentina Tereshkova, dalam misi Vostok 6[1] pada tahun 1963; namun, itu tersembunyi oleh coverall oranye terang yang merupakan bagian dari pakaian luar angkasa pada saat itu. Pada awal era ruang angkasa manusia, sebagai aturan, astronoaut adalah pilot yang berasal dari latar belakang militer. Para pilot ini membawa tradisi tambalan bahu militer bersama mereka; sebagian besar misi luar angkasa AS memiliki desain khusus, dan sejak pertengahan 1980-an sebagian besar penerbangan Soviet/Rusia juga menampilkan tambalan luar angkasanya. Tambalan misi pertama kali digunakan oleh astronoaut NASA pada tahun 1965. Ide tersebut pertama kali diperkenalkan ke NASA oleh pilot Angkatan Udara (dan astronoaut) Gordon Cooper.[2]

Evolusi[sunting | sunting sumber]

Menyusul hilangnya kru Apollo 1 dalam kebakaran dahsyat, tambalan bordir dilarang pada pakaian kru. Sebagai gantinya, astronoaut dalam penerbangan mengenakan tambalan misi dari kain Beta tahan api yang desainnya diberi sablon.[3] (Tambalan bersulam masih diproduksi untuk pakaian saat di Bumi, personel nonpenerbangan, dijual ke kolektor, dan diterbangkan ke luar angkasa sebagai suvenir.)

Uni Soviet/Rusia[sunting | sunting sumber]

Tambalan misi Vostok-6 adalah satu-satunya tambalan di program itu. Penjelajah Angkasa pertama, Alexei Leonov mengenakan tambalan umum pada EVA-nya yang melambangkan roket yang lepas landas dari Bumi,[4] yang juga digunakan pada penerbangan berikutnya. Sebagai bagian dari program Interkosmos, penerbangan berawak ke stasiun luar angkasa Salyut dan Mir antara tahun 1978 dan 1988 menampilkan logo misi. Setelah itu, beberapa penerbangan internasional memiliki tambalan, tetapi baru sejak tahun 1994 dan seterusnya setiap peluncuran berawak Rusia menampilkan tambalan luar angkasa. Saat itu, desain dan produksi tambalan dilakukan atas prakarsa kru; desainnya tidak disetujui oleh badan antariksa Rusia (Glavkosmos/RKA/Roscosmos). Pada beberapa kesempatan yang membingungkan, hal itu mengarah pada dua tambalan 'disetujui kru' yang ada untuk satu misi. Tambalan luar angkasa pertama yang disetujui badan Rusia adalah untuk Soyuz TMA-13.[5] Namun, Roscosmos sangat terlambat mengumumkan desainnya, saat kru sudah memproduksi versi mereka sendiri; desain resmi tidak dikenakan pada pakaian kru. Sejak Soyuz TMA-14 pada tahun 2009, semua peluncuran menampilkan tambalan 'resmi'.

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Tambalan misi Gemini 5 buatan Gordon Cooper; tambalan misi pertama NASA

Misi NASA berawak awal tidak memiliki tambalan; sebaliknya, para astronoaut memberi nama pesawat ruang angkasa mereka. (Kapsul Alan Shepard untuk Mercury 3 diberi nama Freedom 7, misalnya.) Ketika Gus Grissom mengusulkan untuk menamai kapsul Gemini 3 miliknya Molly Brown—referensi ke The Unsinkable Molly Brown, mengacu pada kapsul Mercury 4 Grissom yang tenggelam di lautan tak lama setelah jatuh - membuat pejabat NASA kebingungan dengan namanya sehingga mereka menghapus praktik penamaan kapsul.

Hal ini mendorong astronoaut Gordon Cooper untuk mengusulkan dan mengembangkan tambalan misi untuk penerbangan Gemini 5 tahun 1965 miliknya dan Pete Conrad: tambalan kain bersulam dengan nama dua anggota awak, gerobak tertutup, dan slogan "8 Days or Bust" yang merujuk dengan durasi misi yang diharapkan. Administrator NASA James E. Webb menyetujui desain tersebut, tetapi bersikeras untuk menghapus slogan dari versi resmi tambalan. Apa yang disebut tambalan Cooper dikenakan di dada kanan seragam astronoaut di bawah papan nama mereka dan di seberang lambang NASA yang dikenakan di sebelah kiri.

Tambalan misi Apollo 11

Sejak Gemini 5, tambalan telah dibuat untuk semua misi berawak NASA dan banyak ekspedisi tanpa awak. Tambalan sekarang dibuat oleh desainer grafis profesional, tetapi desainnya tetap diarahkan oleh masing-masing kru astronoaut. Sejak saat itu, para penggemar telah membuat tambalan untuk misi berawak NASA yang mendahului Gemini 5; banyak puritan keberatan dengan desain ini dengan alasan tambalan suvenir ini tidak dibuat atau dipakai oleh para astronoaut.

Sejak Gemini 5, setiap misi luar angkasa berawak NASA memiliki tambalannya sendiri; 8 desain untuk Gemini, 12 untuk Apollo, 3 untuk Skylab, 1 untuk Proyek Uji Apollo-Soyuz (ASTP), 135 untuk program Pesawat Ulang-alik, dan 1 untuk SpaceX (Program Kru Komersial NASA).

Eropa[sunting | sunting sumber]

Meskipun penerbangan antariksa manusia Eropa, yang dilakukan oleh ESA, bergantung pada peluncuran AS atau Rusia, sebagian besar astronoaut Eropa mengenakan tambalan yang dirancang untuk misi khusus mereka (terlepas dari beberapa penerbangan ulang-alik sebelumnya, ketika astronot ESA mengenakan tambalan kru yang sama dengan kru NASA). Tambalan ESA dirancang baik oleh tim grafis agensi atau kadang-kadang oleh anggota masyarakat melalui kompetisi yang diselenggarakan oleh ESA.[6] ESA menyimpan galeri tambalan dari setiap tambalan yang dikenakan oleh astronoautnya.[7]

Tiongkok[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2003, Tiongkok meluncurkan astronoaut pertamanya, Yang Liwei, menggunakan Shenzhou 5. Mengikuti tradisi AS dan Soviet/Rusia, ia memasang tambalan misi di pakaian angkasanya. Misi berawak Shenzhou-6, -7 dan -9 juga memiliki tambalan misi. Berbeda dengan desain AS dan Rusia, tambalan misi Tiongkok tidak menampilkan nama kru.

Kategori[sunting | sunting sumber]

  • Tambalan misi atau tambalan kru; dirancang untuk misi luar angkasa berawak tunggal.
  • Tambalan muatan; dirancang untuk muatan tertentu yang dibawa dalam misi Pesawat Ulang-alik.
  • Tambalan ekspedisi ISS; dirancang untuk ekspedisi awak di Stasiun Luar Angkasa Internasional; kru ini memakai tambalan terpisah untuk misi Shuttle atau Soyuz yang membawa mereka ke stasiun.
  • Tambalan proyek; dirancang untuk program eksperimen di stasiun luar angkasa, seperti desain ESA untuk misi di Mir dan ISS; juga untuk program spaceflights, seperti logo program Pesawat Ulang-alik.
  • Tambalan agensi; menggambarkan logo badan antariksa, seperti 'bakso' NASA dan 'cap jempol' ESA (atau tambalan 'bendera' ESA).
  • Tambalan pribadi; dirancang untuk astronoaut atau kosmonoaut individu, untuk digunakan pada satu atau lebih misi luar angkasa. Biasanya, tambalan tersebut tidak dipublikasikan.
  • Tambalan grup astronoaut/kosmonoaut; menampilkan logo pilihan salah satu 'kelas' astronoaut/kosmonoaut, biasanya termasuk tahun pemilihan.
  • Tambalan tanpa awak dan peringatan; banyak tambalan menampilkan roket, satelit, pesawat ruang angkasa, Bulan, planet, atau bintang, tetapi beberapa kolektor tidak menganggap tambalan ini sebagai tambalan misi ruang angkasa 'sejati'.

Referensi[sunting | sunting sumber]