Tamara Todevska

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tamara Todevska
Тамара Тодевска
Lahir1 Juni 1985 (umur 38)
Skopje, Makedonia Utara
GenrePop
PekerjaanPenyanyi
Tahun aktif2003–sekarang
Artis terkait

Tamara Todevska (bahasa Makedonia: Тамара Тодевска [ˈtamara ˈtɔdɛfska] simak, lahir 1 Juni 1985), juga dikenal dengan mononim Tamara, adalah seorang penyanyi, penulis lagu dan artis rekaman asal Makedonia.

Tamara memulai karier musiknya pada 2003 setelah perilisan album studio debutnya Sino. Ia memenangkan berbagai kompetisi musik sepanjang kariernya seperti MAKFest pada 2006 dan Skopje Fest pada 2007.

Ia mewakilia Makedonia dalam Kontes Lagu Eurovision pada dua kesempatan; pada 2008, dimana ia gagal measuk kualifikasi untuk babak akhir, mementaskan lagu "Let Me Love You" dengan Vrčak dan Adrian Gaxha, dan pada 2019, ia meraih peringkat pertama dalam pemungutan suara juri, kedua belas dalam televoting, dan ketujuh secara keseluruhan pada babak akhir dengan lagu "Proud", memberikan hasil terbaik kepada negaranya dalam kontes tersebut.[1][2]

Todevska adalah adik dari penyanyi Makedonia-Serbia Tijana Dapčević, dan mereka telah berkolaborasi beberapa kali.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Belgrade 2008 Participants: Tamara, Vrčak & Adrijan". eurovision.tv (dalam bahasa English). eurovision.tv. Diakses tanggal 7 December 2019. 
  2. ^ "Tel Aviv 2019 Participants: Tamara Todevska". eurovision.tv (dalam bahasa English). eurovision.tv. Diakses tanggal 7 December 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]