Taman nasional zion

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Taman Nasional Zion terletak di salah satu taman nasional Amerika yang terletak di barat daya Utah di Washington, berdekatan dengan kota Springdale. Secara geografis, ia terletak di dataran tinggi Markagunt dan Kolob, di persimpangan tiga provinsi geografis Amerika Utara: Dataran Tinggi Colorado, Great Basin, dan Gurun Mojave.[1]

Terdapat empat zona kehidupan taman yaitu gurun, riparian, hutan dan hutan konifer dengan bentang alam berupa gunung, ngarai, dan lengkungan alam.

Taman ini mempunyai luas 229 mil persegi (590 km2), panjang 15 mil (24 km) dan dalam hingga 2.640 kaki (800 m). Fitur utamanya disebut Ngarai Zion  dengan warna dinding ngarai berwarna kemerahan dan coklat muda. Fitur geografis penting lainnya dari taman ini termasuk sungai Virgin, air terjun Emerald , Angels Landing, The Great White Throne, dan Court of the Patriarchs. Titik terendah di taman berada pada 3.666 kaki (1.117 m) di Coalpits Wash dan puncak tertinggi berada pada 8.726 kaki (2.660 m) di Gunung Horse Ranch.

Geologi wilayah ngarai Sion dan Kolob mencakup sembilan formasi yang bersama-sama mewakili 150 juta tahun sedimentasi yang sebagian besar berumur Mesozoikum. Pada berbagai periode waktu, laut, perairan dangkal, aliran, kolam dan danau, gurun yang luas, dan lingkungan kering dekat pantai menutupi area tersebut.

Taman ini memiliki biodiversitas zona kehidupan yang beragam baik kelompok hewan maupun tumbuhan. Tercatat 289 spesies burung, 75 mamalia, 32 reptil dan sejumlah spesies tanaman menjadi koleksi taman ini.

Manusia pertama kali tinggal di daerah ini dimulai sekitar 8.000 tahun yang lalu dengan kelompok kecil Penduduk Asli Amerika, dikenal dengan nama semi-nomaden Anasazi (sekitar 300 M). Selanjutnya, kelompok Virgin Anasazi dan kelompok Parowan Fremont berkembang menjadi  komunitas  yang permanen dan menetap. Kedua kelompok pindah pada tahun 1300 dan digantikan oleh Parrusits ​​dan beberapa subtribus Paiute Selatan lainnya.

Para ahli arkeolog telah membagi rentang panjang sejarah manusia yang tinggal di kawasan Zion menjadi tiga periode budaya yaitu periode Archaic, Protohistoric, dan Historic dimana setiap periode ditandai oleh adaptasi teknologi dan sosial yang khas.[2]


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Petersen, David, 1946- (1993). Zion National Park. Childrens Press. ISBN 0-516-01336-X. OCLC 26809624. 
  2. ^ "Zion National Park Visitors Guide—Hikes, Location, Photos". Utah.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-02.