Taman Nasional Rondane

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Taman Nasional Rondane
IUCN Kategori II (Taman Nasional)
180px
Letak Hedmark and Oppland, Norway
Kota terdekat Otta
Koordinat 61°50′LU 9°30′BT / 61,833°LU 9,5°BT / 61.833; 9.500Koordinat: 61°50′LU 9°30′BT / 61,833°LU 9,5°BT / 61.833; 9.500
Luas 963 km2 (372 sq mi)
Didirikan 21 December 1962
Pihak pengelola Directorate for Nature Management

Taman Nasional Rondane (dalam Bahasa Norwegia Rondane nasjonalpark) adalah taman nasional tertua di Norwegia, didirikan tanggal 21 Desember 1962.[1] Taman ini memiliki sepuluh puncak di atas 2000 meter di atas permukaan laut, dan yang tertinggi adalah Rondeslottet dengan ketinggian 2178 meter. Taman ini adalah habitat penting dari kumpulan rusa kutub liar. Taman ini diperluas pada tahun 2003, kini meliputi 963 kilometer persegi di negeri Oppland dan Hedmark. Rondane ada di daerah timur Gudbrandsdal dan ada dua daerah pegunungan lain, Dovre dan Jotunheimen di sekitarnya.

Kesepuluh puncak tertinggia Rondane adalah Rondeslottet (2,178 m), Storronden (2,138 m), Høgronden (2.114 m), Midtronden di barat (2.060 m), Vinjeronden (2.044 m), Midtronden di timur (2.042 m), Trolltinden (2.018 m), Storsmeden (2,016 m), Digerronden (2.015 m), dan Veslesmeden (2,015 m).

Kondisi geografis[sunting | sunting sumber]

Rondane adalah daerah pegunungan tinggi, dengan beberapa plato dengan sepuluh puncak berada di atas 2000 meter di atas permukaan laut. Yang tertinggi adalah Rondeslottet (Istana Rondane) dengan ketinggian 2178 meter. Daerah terendahnya ada sedikit di bawah garis pepohonan, sekitar 1000 meter di atas permukaan laut. Iklimnya sedang namun cenderung berupa gurun. Selain Betula pendula di daerah rendah, daerah ini diliputi tumbuhan Ericaceae dan lumut kerak, karena minimnya nutrisi tanah. Gunung terbesar hampir seluruhnya tandus. Hanya lumut kerak yang mampu tumbuh di atas batu pada ketinggian 1500 meter di atas permukaan laut.

Gunung yang ada dibagi atas lembah-lembah yang ada di lanskap ini. Lembah terdalam diisi oleh rondvatnet, danau sempit yang mengisi ruang antara Storronden-Rondeslottet dan Smiubelgen. Rondane biasanya tidak mendapat pengembunan yang cukup untuk membentuk glasier. Namun salju yang menyerupai glasier secara konsisten terbentuk di bagian belakang lembah.

Bagian tengah dari taman ini adalah danau Rondvatnet, di mana seluruh puncak di atas permukaan 2000 meter bisa dicapai dari sini dalam satu hari perjalanan. Di bagian tengah dan utara dari danau ini, biasanya cukup tinggi jika dibandingkan daerah selatan.

Di beberapa bagian taman terdapat lubang-lubang kecil yang terbentuk akibat peninggalan glasier pada masa es, dan bukit kecil bernama esker, yang terbentuk oleh glasier yang mencair.

Puncak Rondane, dilihat dari Selatan. Storronden dan Rondeslottet adalah yang kedua di kanan. Di bagian kiri adalah Smiubelgen ("The Forge").

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejarah are ini berasal dari akhir masa es. Perubahan iklim besar-besaran membuat rusa kutub menyebar di seluruh daerah Skandinavia, yang kemudian mengelompok lagi di daerah-daerah sempit, termasuk Rondane beberapa ratus tahun setelahnya. Arkeologi menemukan bahwa hutan dengan mudah tumbuh di ketinggian, beberapa pohon jenis Betula di ketinggian 1030 meter, ditemukan sudah berumur lebih dari 8500 tahun.

Di bagian plato pegunungan, ditemukan bukti penduduk nomaden memburu rusa kutub. Jebakan besar bisa ditemukan di Gravhø dan Bløyvangen serta tersebar di seluruh taman. Jebakan ini dibuat dari batu untuk menggali lubang atau membuat daerah besar yang dipagari untuk menipu atau menggiring rusa kutub.

Di daerah ini juga ditemui persembunyian pemanah yang menanti mangsa. Jebakan tertua terukur sudah berumur 3500 tahun. Beberapa penemuan, termasuk sisa rumah, menunjukkan tahun 500 hingga 700 Masehi. Diketahui bahwa pemanfaatan jebakan besar dan pagar-pagar yang menyertainya mulai dari abad 6 hingga 14 M, seiring merebaknya wabah Kematian Hitam.

Pendirian taman nasional[sunting | sunting sumber]

Smiubelgen, the western part of Rondane.

Setelah beberapa puluh tahun perencanaan, Rondane diresmikan sebagai taman nasional Norwegia pada tanggal 21 Desember 1962. Awalnya hanya digunakan sebagai cagar alam, namun kemudian dinamai taman nasional. Tujuannya adalah "menjaga lingkungan alam dengan tumbuhan, hewan, dan budaya asli, sekaligus menjaga taman ini sebagai area rekreasional untuk generasi masa depan." [2]

Upaya besar-besaran untuk melindungi alam Norwegia dimulai sejak 1954, dengan disahkannya undang-undang perlindungan alam. Pada tahun 1955, diadakan pertemuan di munisipalitas dekat Rondane dan komisi dibentuk. Norman Heitkøtter presiden dari komisi ini. Resolusi kerajaan kemudian memungkinkan dibentuknya Taman Nasional Rondane, dengan luas awal 580 kilometer persegi. Taman ini dipelihara oleh Norwegian Directorate for Nature Management.

Perluasan 2003[sunting | sunting sumber]

Sebagai upaya khusus untuk menjaga rusa kutub liar, taman ini diperbesar pada tahun 2003, dari 580 menjadi 963 kilometer persegi. Taman ini diperluas ke arat barat laut dan sedikit ke timur dan selatan. Sebagai tambahan, area dengan perlindungan lebih longgar di antara Rondane dan Dovrefjell-Sunndalsfjella National Park juga dibuka.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://snl.no/Rondane_nasjonalpark
  2. ^ Directorate for Nature Management — Rondane National Park Archived 2004-09-26 di the Wayback Machine.
  3. ^ Rondane National Park. Dari Nasjonalparker.org

Pranala luar[sunting | sunting sumber]