Taman Nasional Guadarrama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Batu granit di taman nasional ini.

Taman Nasional Sierra de Guadarrama (Bahasa Spanyol: Parque Nacional de la Sierra de Guadarrama) adalah sebuah taman nasional di Spanyol, seluas hampir 34.000 hektar, merupakan sistem taman terbesar kelima di Spanyol. Pegunungan Guadarrama memiliki beberapa wilayah ekologi yang berharga, terletak di Madrid dan Castilla y León (provinsi Segovia dan Ávila). Hukum yang mengatur taman nasional yang baru-baru ini disetujui diterbitkan di BOE pada 26 Juni 2013.[1]

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Proyek ini bertujuan untuk melindungi sebelas ekosistem yang berbeda yang ada di pegunungan Guadarrama, termasuk satu-satunya contoh Iberia dari "gunung Mediterania tinggi". Secara keseluruhan ada lebih dari 1.280 spesies yang berbeda di zona yang baru-baru ini dinyatakan sebagai taman nasional, dimana 13 di antaranya berada dalam ancaman kepunahan, lebih dari 1.500 tanaman asli dan 30 jenis vegetasi. Spesies hewan di pegunungan mewakili 45% dari total fauna Spanyol dan 18% dari total fauna Eropa. Vegetasi yang ada adalah pohon pinus Scots, pohon ek, juniper, piorno, dan banyak spesies lain. Untuk fauna, terdapat banyak mamalia seperti rusa (merah, roe, dan fallow), babi celeng, kambing liar, badgers, beberapa mustelidae, kucing liar, rubah, terwelu, dll.; banyak spesies unggas air di waduk, dan raptor besar seperti elang kaisar Spanyol atau hering-hitam erasia. Baru-baru ini, sekelompok serigala ditemukan di taman setelah 70 tahun tidak ditemukan di wilayah tersebut.

Sejarah dari usaha penunjukan taman ini[sunting | sunting sumber]

Masyarakat pendakian Gunung Peñalara mengusulkan pada tahun 1920an bahwa Pegunungan Guadarrama (bahasa Spanyol: Sierra de Guadarrama) harus dijadikan taman nasional. Proyek ini harus ditunda sampai awal abad ke-21, disaat Madrid menghidupkan kembali proyek ini. Dengan tidak adanya taman nasional yang ditunjuk, beberapa wilayah di sierra diberi perlindungan alternatif:

  • Sejak tahun 1984 El Escorial telah dilindungi sebagai Situs Warisan Dunia (Biara San Lorenzo de El Escorial dan alam sekitarnya).
  • Taman Nasional Peñalara, ditunjuk pada tahun 1990. Taman alam ini berisi wilayah lahan basah yang penting untuk amfibi, dan pada tahun 2006 wilayah ini ditunjuk sebagai Ramsar site, Humedales del Macizo de Peñalar. Taman alam ini berada di lingkungan wilayah perlindungan istimewa untuk kehidupan burung.
  • Sebuah taman regional (Parque Regional de la Cuenca Alta del Manzanares), yang dibuat pada tahun 1908an. Wilayah ini meliputi bagian atas lembah sungai Manzanares, ditunjuk pada tahun 1992 sebagai sebuah cagar biosfer (Cuenca Alta del Río Manzanares).[2]

Seperti yang diusulkan pada awal abad ke-21, taman ini akan menjadi terbesar keempat di Spanyol. Pada tahun 2006 tampak bahwa penunjukan taman nasional sudah dekat.[3] Sebuah rencana untuk menjadi bagian dari taman nasional yang berada dalam batas-batas Madrid telah disetujui pada bulan November 2006.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Spanish) Boletín Oficial del Estado (2013-06-26). LEY 7/2013, de 25 de junio, de declaración del Parque Nacional de la Sierra de Guadarrama (PDF) (Laporan). Gobierno de España. Diakses tanggal 2013-06-27. 
  2. ^ Biosphere Reserve Information
  3. ^ (Spanish) Aguirre presenta el proyecto del futuro Parque Nacional de la Sierra de Guadarrama ("Presentation of the future Guadarrama National Park") 8 February 2006, Press report from ElMundo.es, website of the Spanish newspaper El Mundo

Pranala luar[sunting | sunting sumber]