Taman Nasional Aoraki/Gunung Cook

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Taman Nasional Aoraki/Gunung Cook
IUCN Kategori II (Taman Nasional)
LetakPulau Selatan, Selandia Baru
Luas7.216 km2 (2.786 sq mi)
Didirikan1953
Pihak pengelolaDepartemen Konservasi

Taman Nasional Aoraki/Gunung Cook (Inggris: Aoraki / Mount Cook National Park) terletak di Pulau Selatan di Selandia Baru, dekat kota Twizel. Aoraki/Gunung Cook, gunung tertinggi Selandia Baru, dan Desa Aoraki/Gunung Cook berada di dalam taman. Kawasan ini ditetapkan sebagai taman nasional pada bulan Oktober 1953 dan terdiri dari cadangan yang didirikan pada tahun 1887 untuk melindungi vegetasi dan bentang lahan yang signifikan di daerah tersebut[1]

Meskipun sebagian besar taman adalah dataran pegunungan, itu mudah diakses. Satu-satunya akses jalan ke Taman Nasional Aoraki / Gunung Cook adalah melalui State Highway 80, yang dimulai dekat Twizel, pada jarak 65 kilometer (40 mil) ke kota terdekat dengan taman, dan mengarah langsung ke Desa Gunung Cook, tempat jalan berakhir[2] Desa ini terletak di dalam taman, tetapi hanya terdiri dari sebuah hotel dan motel, serta perumahan dan fasilitas untuk staf hotel dan motel serta personel pendukung lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Aoraki/Mount Cook National Park". Department of Conservation. Diakses tanggal 6 September 2016. 
  2. ^ "Aoraki/Mount Cook, Canterbury – NZ Topo Map". NZ Topo Map. Land Information New Zealand. Diakses tanggal 6 September 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]