Tali tambang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
SuperMacro Rope.JPG

Tali Tambang adalah tali yang terbuat dari serat.[1] Banyak jenis serat yang berbeda, dari tanaman atau plastik, yang dipilin menjadi satu untuk membentuk benang. Sejumlah benang kemudian dibuat menjadi untaian, dan tali akhirnya terbuat dari sejumlah helai.

Klasifikasi[sunting | sunting sumber]

Serat nabati dan sintetis[2] adalah bahan yang umum digunakan untuk membuat tali tambang.[1]

Serat Nabati[sunting | sunting sumber]

Serat nabati terutama meliputi sisal, rami, abaca (dikenal sebagai Manila), henequen, kapas, rami dan sabut . Tali berat cenderung dibuat dari empat yang pertama.

Serat Sintetis[sunting | sunting sumber]

Nilon adalah jenis serat sintetis yang paling umum digunakan dalam pembuatan tali. Biasanya kekuatan tarik nilon hampir tiga kali lipat dari serat nabati. Karakter tahan air nilon dapat bekerja dengan baik dalam kondisi lembab. Tali yang terbuat dari nilon dapat menghentikan membusuk, pertumbuhan jamur, pembusukan dan abrasi juga.

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Jr, John V. Noel (1988-12-15). Knight's Modern Seamanship (dalam bahasa Inggris). John Wiley & Sons. ISBN 9780471289487. 
  2. ^ The United States Army (2007). Army Field Manual FM 5-125 (Rigging Techniques, Procedures and Applications). Digireads.com Publishing. ISBN 1-4209-2830-9. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]